GERAK VARIASI DAN KOMBINASI DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA KELAS 9

 

Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG

Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd

NIK                             198411162015071345

Kelas                            :9

Pertemuan                    : 2

Hari / Tanggal             : Rabu, 31 Juli 2024


Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.


Nah sekarang simak materi berikut…

 

INDIKATOR    MATERI

§  Menjelaskan variasi dan kombinasi gerak spesifikdalam berbagai permainan sepak bola 

§ Menerapkan Variasi dan Kombinasi dalam Sepak Bola

§  Mempraktikkan variasidan kombinasigerakdasar permainan sepakbola.

Tujuan Pembelajaran

·    1.  Menjelaskan Variasi-Kombinasi Keterampilan dan Permainan Sepak bola

·    2.  Mempraktekkan cara Mengoper dan Menembak Bola ke Gawang

·    3.  Bermain Memanfaatkan Ruang Kosong dengan Cara Mengoper dan Menghentikan Bola

·   

 

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

 

Bagaimana kabarnya hari ini,  jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa..

alhamdulillah..

Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin   

Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiin

Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran IPS.

Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.

Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi  

 

 Gerak variasi dan kombinasi dalam permainan sepak bola,menendang ke arah gawang, dan cara bermain

 

Lets goooo…… kita mulaiiii.

MATERI

    Aktivitas Pembelajaran 5 (Variasi dan Kombinasi Gerakan Menggiring dan Menendang ke Arah Sasaran (Gawang), dengan Gerakan Menggiring Zig-Zag)

Berikut ini peserta didik akan mempelajari tentang variasi dan kombinasi gerakan menggiring dan mengumpan ke arah sasaran (gawang), dengan gerakan menggiring zig-zag dalam permainan, prosedurnya seperti berikut ini.

    Pembelajaran dilakukan secara perorangan, berpasangan, berkelompok, atau formasi berbanjar.

    Tugaskan peserta didik untuk membuat sebuah gawang menggunakan bendera/cone atau sepatu dengan jarak kira-kira 2 meter.


Gambar 1.5 Aktivitas pembelajaran 5 variasi dan kombinasi menggiring dan menendang bola

    Di depan gawang tersebut tempatkan 4 tanda/bendera, jarak masing-masingnya 2 meter dengan posisi zig-zag.

    Tugaskan peserta didik untuk melakukan gerakan menggiring bola lurus, lalu sampai pada tanda/ bendera lakukan gerakan

menggiring zig-zag menggunakan berbagai bagian kaki.

    Setelah tanda/bendera terakhir lakukan gerakan menendang dengan kaki bagian dalam, luar atau punggung kaki ke arah gawang.

Permainan jenis ini pada dasarnya untuk meningkat kecepatan (speed) peserta didik, untuk lebih meningkat hasilnya dapat dengan memperpendek jarak zig-zag menjadi 1 meter dan makin lama makin kecil.

    Aktivitas Pembelajaran 6 (Variasi dan Kombinasi Gerakan Menggiring, Menahan, Mengumpan, dan  Bola) Pada aktivitas pembelajaran 6 tentang variasi dan kombinasi gerakan menggiring, menahan, mengumpan, dan menyundul bola, pelaksanaannya dapat peserta didik lakukan dengan cara sebagai berikut.

    Aktivitas pembelajaran dilakukan secara perorangan, berpasangan, berkelompok, atau formasi lingkaran.

    Lambungkan bola ke atas dengan tangan/dicungkil dengan ujung kaki.

    Setelah bola turun, tendang kembali ke atas secara perlahan dan saat bola turun tahan dengan kepala (sundul), dada, paha, lalu bola jatuh ke tanah ditahan dengan kaki.

    Lakukan di tempat dan dilanjutkan sambil berjalan/menggiring bola.


Gambar 1.6 Aktivitas pembelajaran 6 variasi dan kombinasi menggiring, menahan, mengumpan, dan menyundul bola

Tingkat kesulitan latihan ini cukup tinggi, untuk itu agar peserta didik mudah melakukan latihan ini coba lakukan bentuk latihan secara terpisah, misalnya latihan mengontrol bola menggunakan paha dengan cara melambungkan bola dan menahannya dengan paha, setelah ada kemajuan dilanjutkan dengan gerakan menahan dengan dada.

Permainan jenis ini dapat juga dilakukan secara berpasangan, satu orang sebagai pelambung dan satu orang yang menahan/ menyundul, pertama lakukan dari jarak dekat dengan diam di tempat, setelah teramati terdapat kemajuan keterampilan peserta didik, maka lakukan latihan gerak menyundul ini bergerak ke berbagai arah (maju-mundur, ke samping kiri, ke samping kanan).

c.    Pembelajaran Bermain Sepak bola Menggunakan Peraturan yang Dimodifikasi

    Aktivitas Pembelajaran 1 (Bermain Sepak bola pada Lapangan Kecil Menggunakan Dua Gawang Kecil/Bendera Kecil)

Setelah peserta didik mempelajarai seluruh jenis variasi dan kombinasi gerak dasar permainan sepak bola, sekarang tugaskan pada mereka untuk menerapkannya ke dalam permainan sepak bola dengan aturan yang disederhanakan sebagai berikut.

    Jika sarana permainan sepak bola tersedia berupa lapangan dan bola, maka seluruh peserta didik dalam satu kelas sebaiknya dilibatkan dalam situasi permainan baik laki-laki maupun perempuan.
     Aktivitas permainan dengan jumlah pemain 5 orang untuk setiap regunya.

    Aturan pertama, setiap pemain hanya boleh memainkan bola dengan 4 kali sentuhan, kemudian menendang pada temannya.

    Lakukan permainan bola dengan aturan pertama ini beberapa saat.

    Aturan kedua, setiap pemain hanya boleh memainkan bola dengan 3 kali sentuhan, kemudian menendang pada temannya.

    Lakukan permainan bola dengan aturan kedua ini beberapa saat.

    Aturan ketiga, setiap pemain hanya boleh memainkan bola dengan 2 kali sentuhan, kemudian menendang pada temannya.

    Lakukan permainan bola dengan aturan ketiga ini beberapa saat.

    Aturan keempat, sentuhan pertama langsung menendang bola

    Lakukan permainan bola dengan aturan keempat ini beberapa saat.
Gambar 1.7 Aktivitas pembelajaran 1 bermain sepak bola menggunakan lapangan kecil

Permainan ini dapat divariasikan dengan cara 3 menit pertama bermain hanya menggunakan tendangan menggunakan kaki bagian dalam, titik perkenaan bola dengan kaki pada bola bagian atas, pada 3 menit kedua hanya menggunakan tendangan menggunakan punggung kaki, titik perkenaan bola dengan kali pada titik tengah bola, dan pada 3 menit ketiga bermain menggunakan tendangan menggunakan kaki bagian dalam, titik perkenaan bola pada titik bawah.
Dengan permainan ini peserta didik akan mengetahui bahwa dengan mengubah titik perkenaan bola dengan kaki akan merobah jalannya bola.

    Aktivitas Pembelajaran 2 (Bermain Sepak bola dengan Menggunakan Empat Bidang)

Aktivitas permainan dengan cara bermain sepak bola dengan menggunakan empat bidang sebagai berikut.

    Tugaskan peserta didik untuk membuat 4 buah bidang dengan kapur di lapangan permainan, jaraknya 2 meter.

    Setiap bidang ditempati oleh tiga orang dalam 1 regu

    Regu A, 3 pemain pada bidang 1.

    Regu B, 3 pemain pada bidang 2.

    Regu C, 3 pemain pada bidang 3.

    Regu D, 3 pemain pada bidang 4.

    Regu A yang menempati bidang 1 berteman dengan regu C yang menempati bidang 3 berdiri berhadapan.

    Regu B yang menempati bidang 2 berteman dengan regu D yang menempati bidang 4 berdiri berhadapan.

    Bolanya ditempatkan pada regu A dan D.

    Setiap regu berusaha menendang/mengumpan bola pada teman satu regu dan lawan regu berusaha untuk menghadangnya.

    Setiap regu tidak boleh keluar dari bidangnya masing-masing.

    Regu mendapat satu poin bila umpan bolanya lolos ke rekannya di bidang lain.

    Regu dianggap menang bila memperoleh poin terbanyak.

    Aktivitas permainan dilakukan selama 10–15 menit.

Gambar 1.8 Aktivitas pembelajaran 2 bermain sepak bola menggunakan empat bidang

Setelah peserta didik melakuan berbagai bentuk permainan sepak bola dengan aturan yang dimodifikasi, sebagai kegiatan terakhir adalah tugaskan peserta didik untuk membuat kesimpulan dan catatan-catatan tentang materi pembelajaran aktivitas permainan sepak bola yang telah dipelajari dalam buku catatan mereka.



 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN KELAS 7

Tugas latihan kelas 7

RANGKUMAN KELAS 8