aktivitas atletik Lari jarak pendek kelas 7
Satuan Pendidikan : SMP AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG
Guru Mapel : Andi Prayogo,S.Pd
NIK : 198411162015071345
Kelas : 7
Pertemuan : 12
Hari tanggal : Jum'at 25 Oktober 2024
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wa ssholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.
Nah sekarang simak materi berikut…
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.
Bagaimana kabarnya hari ini, jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa..
alhamdulillah..
Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin
Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiin
Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran PJOK.
Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.
Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi : Atletik (Lari jarak pendek)
Capaian pembelajaran
Keterampilan, Pengetahuan Gerak, Pengembangan Karakter dan Internalisasi Nilai-nilai dalam Atletik
Pada akhir fase D, peserta didik dapat menunjukkan kemampuan berbagai aktivitas jasmani dan olahraga sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar, melakukan latihan aktivitas jasmani dan kebugaran untuk kesehatan sesuai dengan prinsip latihan, menunjukkan perilaku tanggung jawab personal dan sosial serta memonitornya secara mandiri, serta dapat menganalisis nilai-nilai aktivitas jasmani.
Alur Tujuan pembelajaran.
Elemen Keterampilan Gerak
Pada akhir fase ini peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan hasil analisis aktivitas jasmani dan olahraga, aktivitas senam, aktivitas gerak berirama, aktivitas permainan dan aktivitas olahraga air (kondisional).
Elemen Pengetahuan Gerak.
Pada akhir fase ini peserta didik dapat msenganalisis fakta dan prosedur dalam melakukan berbagai gerak spesifik aktivitas jasmani dan olahraga, aktivitas senam, aktivitas gerak berirama, dan aktivitas permainan dan aktivitas lahraga air (kondisional).
Elemen Pengembangan Karakter dan Internalisasi Nilai-nilai Gerak.
Pada akhir fase D peserta didik proaktif melakukan dan mengajak untuk memelihara dan memonitor peningkatan derajat kebugaran jasmani dan kemampuan aktivitas jasmani lainnya, serta menunjukkan keterampilan bekerja sama dengan merujuk peraturan dan pedoman untuk menyelesaikan perbedaan dan konflik antar individu. Peserta didik juga dapat mempertahankan adanya interaksi sosial yang baik dalam aktivitas jasmani.
A. TUJUAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN |
Alur Tujuan Pembelajaran : 1. Peserta didik mampu memahami aktivitas gerak
spesifik start, gerakan lari, dan memasuki garis finish lari jarak
pendek sesuai potensi peserta didik; 2. Peserta didik mampu mengidentifikasi
bentuk-bentuk aktivitas gerak spesifik start, gerakan lari, dan
memasuki garis finish lari jarak pendek sesuai potensi peserta didik; 3. Peserta didik mampu menganalisis prosedur
aktivitas gerak spesifik start, gerakan lari jarak pendek, dan
memasuki garis finish lari jarak pendek sesuai potensi peserta didik; 4. Peserta didik mampu menyusun konsep
aktivitas gerak spesifik start, gerakan lari, dan memasuki garis finish
lari jarak pendek sesuai potensi peserta didik; 5. Peserta didik dapat mempraktikkan aktivitas
gerak spesifik start, gerakan lari, dan memasuki garis finish lari
jarak pendek sesuai potensi peserta didik; serta 6. Peserta didik mampu menunjukkan sikap berahlak
mulia, mandiri, kebinekaan global, gotong-royong, bernalar kritis, dan
kreatif. |
H. METODE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN |
|
MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengertian dan sejarah atletik
Atletik
telah ada dari zaman dahulu. Berjalan, berlari, melempar dan melompat adalah
bentuk gerak yang dilakukan manusia dalam kehidupannya semenjak dilahirkan.
Atletik, terutama lari, sebagai bentuk perlombaan telah dikenal sekitar tahun
1500 SM oleh bangsa Mesir kuno dan bangsa purba sebelumnya. Marathon seorang
pejuang kesatria dari Yunani yang gugur setelah berperang adalah contoh yang
namanya diabadikan sebagai salah satu nomor lomba lari marathon yang menempuh
jarak 42.195 km.
Nomor lari pada cabang olahraga atletik dibagi
menjadi tiga, yaitu; lari jarak pendek, lari jarak menengah dan lari jarak
jauh. Lari jarak pendek memiliki nomor lomba 100 meter, 200 meter dan 400
meter. Lari jarak pendek adalah nomor lari yang menggunakan kecepatan maksimal
dari mulai start sampai finish, dan menggunakan jenis pernapasan
anerobik. Pelari jarak pendek disebut sprinter dan jenis start yang
digunakan adalah start jongkok.
2. Pembelajaran macam-macam Start jongkok.
Secara umum start dibagi menjadi 3 jenis, yaitu; start jongkok, start berdiri dan start melayang. Penggunaan jenis start disesuaikan dengan nomor lomba lari yang diikuti. Untuk pelari jarak pendek biasanya menggunakan start jongkok dengan aba-aba start
sebagai berikut:
\
Aba-aba Start
Aba-aba Gerakan
“bersedia” Posisi berjongkok
Lutut kaki belakang diletakkan di tanah/lintasan
Kedua tangan selebar bahu dan jari telunjuk dan ibu jari
diletakkan di belakang garis Start membentuk huruf “v”
“siaaap” Angkat pinggul ke atas sehingga lutut yang menempel pada tanah/lintasan terangkat.
Posisi pinggul lebih tinggi dari bahu dan pandangan ke depan ke arah lintasan berlari.
berkonsentrasi menunggu aba-aba selanjutnya
“Ya” dengan cepat dorong kaki depan pada tanah atau Start block,
dan kaki belakang dilangkahkan ke depan dan lutut diangkat ke
depan atas.
Start jongkok dibagi menjadi 3 yaitu: start pendek, start menengah dan start panjang. Perbedaan hanya terletak pada bagaimana posisi lutut kaki belakang disejajarkan dengan telapak kaki depan, berikut adalah macam-macam start jongkok dan cara melakukannya.
3. Pembelajaran gerak
spesifik lari pendek
Lari
jarak pendek adalah nomor lari yang menggunakan kecepatan maksimal dari start
sampai finish.
a.
Langkah kaki
1) Gerakan
kaki selebar dan secepat mungkin.
2) Lutut kaki
depan diangkat setinggi mungkin untuk menghasilkan jangkauan langkah sejauh
mungkin.
3) Pendaratan
kaki berada pada ujung telapak kaki dan lutut dalam keadaan agak bengkok.
b. Ayunan lengan
1) ayunan lengan cepat mengikuti langkah kaki.
2) Siku ditekuk kurang lebih 900.
3) Pergelangan tangan tergenggam dengan jari-jari tangan relaks.
c. Posisi badan
1) Sikap
badan condong ke depan secara wajar.
2) Otot leher
dan rahang tetap rilek, kepala segaris dengan punggung dan pandangan lurus ke
depan.
4. Pembelajaran gerak spesifik memasuki garis finish
a. Berlari secepat-cepatnya saat memasuki garis
finish.
b. Dada dibusungkan ke depan dan kedua tangan
ditarik ke belakang.
c. Bahu dijatuhkan atau disorongkan ke depan.
Sebagai refrensi silakan simak vidio pembelajaran di bawah ini:
https://www.youtube.com/watch?v=ifg8reKyoWQ Vidio lari jarak pendek
Setelah menyimak vidio pembelajaran dan materi di atas selakan kerjakan latihan di bawah ini:
1. Sebutkan 3 aba aba setar jongkok!.
2. sebutkan 3 tahapan dalam lari sprin?
Demikian pertemuan kali ini,semoga bermanfaat,dan bisa di implementasikan dalam kehidupan sehari hari,,,aamiin.
bpk akhiri
Wasalamualaikum Wr,Wb
Komentar
Posting Komentar