Aktivitas lompat jauh kelas 8

  Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR 1  BANDAR LAMPUNG

Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd

NIK                             : 198411162015071345

Kelas                            : 8

Pertemuan                    : 13

Hari tanggal                 :  Jum'at, 25 Oktober 2024

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wa,        ssholaatu wassalaamu Alur 

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

Bagaimana kabarnya hari ini,  jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa..alhamdulillah..Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin   Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiinAlhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran PJOK.Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.

Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi Atletik lompat jauh

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Pada akhir fase D ini peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan berbagai aktivitas jasmani dan olahraga sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar, melakukan etika aktivitas jasmani dan kebugaran untuk etikaan sesuai dengan prinsip etika, menunjukkan perilaku tanggung jawab personal dan etika serta memonitornya secara mandiri, selain itu juga dapat menganalisis nilai-nilai aktivitas jasmani.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

Terampil Bergerak

Peserta didik menganalisis dan menghaluskan keterampilan gerak  serta mentransfernya ke dalam  berbagai situasi gerak. Peserta  didik etikaa dan  memeragakan strategi gerak yang  dapat dimanfaatkan untuk  meningkatkan capaian  keterampilan gerak. Peserta didik  memeragakan dan menjelaskan  konsep gerak yang dapat dimanfaatkan untuk  meningkatkan capaian  keterampilan gerak.

Belajar melalui

Gerak

Peserta didik mengemukakan dan membuktikan strategi gerak yang  paling efektif dalam situasi gerak  yang berbeda. Peserta didik  menginvestigasi modifikasi  peralatan, peraturan, dan etika

skoring yang mendukung fair play  dan partisipasi inklusif. Peserta  didik menerapkan kepemimpinan,  kolaborasi, dan proses  pengambilan etikaan kelompok  etika berpartisipasi di dalam  berbagai aktivitas jasmani.

Bergaya Hidup Aktif

Peserta didik berpartisipasi dalam aktivitas jasmani untuk  menggambarkan reaksi tubuh terhadap berbagai etika  intensitas yang berbeda. Peserta  didik berpartisipasi dalam  aktivitas jasmani yang  menyehatkan di luar ruang dan/atau lingkungan alam dan

menggambarkan sumber daya  yang dibutuhkan untuk  meningkatkan partisipasi. Peserta  didik menjelaskan dan  mengusulkan  strategi  peningkatan aktivitas jasmani dan  pencegahan perilaku sedenter.

Memilih Hidup yang Menyehatkan

Peserta didik menganalisis risiko etikaan akibat gaya hidup dan

merancang etikaa pencegahan  melalui aktivitas jasmani  berdasarkan rekomendasi otoritas  etikaan. Peserta didik  merancang pilihan  makanan  sehat berdasarkan analisis  kandungan gizi sesuai kebutuhan  aktivitas jasmani. Peserta didik  mempraktikkan prosedur untuk  menangani cedera yang berisiko  terhadap etikaan dan  keselamatan berdasarkan prinsip  pertolongan pertama.

·       Tujuan Pembelajaran

·       Pada akhir fase ini peserta didik mampu mempraktikkan dan menganalisis aktivitas  keterampilan  variasi  gerak  spesifik  dan  fungsional  permainan dan  olahraga  (awalan,  tolakan,  sikap  badan  di  udara,  dan  sikap  mendarat lompat jauh) sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki. Secara rinci tujuan pembelajaran ini dapat dijabarkan sebagai berikut:

·       Mempraktikkan   aktivitas   keterampilan   variasi   gerak   spesifik   dan fungsional  permainan  dan  olahraga  (lompat  jauh)  sesuai  potensi  dan kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik.

·       Menganalisis aktivitas keterampilan variasi gerak spesifik dan fungsional permainan  dan  olahraga  (lompat  jauh)  sesuai  potensi  dan  kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik.

·       Memahami     dan     memprediksi     konsekuensi     dari     emosi     dan pengekspresiannya  dan  etikaa  etika-langkah  untuk  mengelola emosinya dalam pelaksanaan belajar dan berinteraksi dengan orang lain.

·       Mengembangkan   nilai-nilai   gerak:   nilai-nilai   aktivitas   jasmani   untuk etikaan, nilai-nilai aktivitas jasmani untuk kegembiraan dan tantangan, serta nilai-nilai aktivitas jasmani untuk ekspresi diri dan interaksi sosial.

SETRATEGI / MODEL PEMBELAJARAN

Strategi pembelajaran diri (Self-instructional strategies)

Strategi kognitif (Cognitive strategies)


MATERI AJAR

Aktivitas Pembelajaran 1

Aktivitas pembelajaran 1: Gerak spesifik awalan atau ancang-ancang

(Approach-Run)

Cara melakukannya:

Lari awalan antara 10 sampai 20 langkah

Tambah kecepatan lari awalan sedikit demi sedikit sebelum bertolak/ bertumpu.

Kecepatan   lari   awalan   dipertahankan   tetap   maksimal   sampai mencapai papan bertolak.

Pinggang turun sedikit pada satu  etika  akhir lari awalan.

Jarak awalan 30 – 45 meter.

Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang sebanyak 5 – 7 kali.



Aktivitas pembelajaran 2: Gerak spesifik tumpuan/tolakan (Take-off). Cara melakukannya:

Pada  waktu  akan  melakukan  tolakan,  badan  agak  diposisikan  ke belakang, kaki tumpu/kaki penolak lurus, kaki ayun (kaki belakang) agak dibengkokkan.

Berat badan berada pada kaki belakang.

Kedua  lengan  ke  belakang,  dan  kepala  agak  ditengadahkan  (dagu agak diangkat). Pandangan ke depan.

Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang sebanyak 5 – 7 kali.



·       Aktivitas pembelajaran 3: Gerak spesifik melayang di udara.

·       Cara melakukannya:

·       Angkat  paha  kaki  bebas  cepat  ke  posisi  horizontal  pada  waktu bertolak.

·       Kaki bebas diturunkan pada waktu melayang (1).

·       Angkat posisi lengan pada waktu melayang (2).

·       Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang sebanyak 5 – 7 kali.


·       Aktivitas pembelajaran 4: Gerak spesifik mendarat di bak lompat.

·       Cara melakukannya:

·       Tarik lengan dan tubuh ke depan-bawah.

·       Tarik kaki mendekati badan.

·       Luruskan kaki dan tekuk lagi sedikit sebelum menyentuh tanah.

·       Bila kedua kaki telah mendarat di bak pasir, duduk atas kedua kaki.

Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang sebanyak 5 – 7 kali


Sebagai refrensi silakan simak vidio pembelajaran di bawah ini:

https://www.youtube.com/watch?v=W7ZdTHBR5OA

Setelah menyimak vidio pembelajaran dan materi di atas selakan kerjakan latihan di bawah ini:

1. Jelaskan pengertian lompat jauh

2. Jelaskan cara melakukan tolakan

2. jelaskan cara melakukan pendaratan

Demikian pertemuan kali ini,semoga bermanfaat,dan bisa di implementasikan dalam kehidupan sehari hari,,,aamiin.

bpk akhiri 

Wasalamualaikum Wr,Wb


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN KELAS 7

Tugas latihan kelas 7

RANGKUMAN KELAS 8