Aktivitas lompat jauh kelas 8
Satuan Pendidikan : SMP AL-AZHAR 1 BANDAR LAMPUNG
Guru Mapel : Andi Prayogo,S.Pd
NIK : 198411162015071345
Kelas : 8
Pertemuan : 13
Hari tanggal : Jum'at, 25 Oktober 2024
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wa, ssholaatu wassalaamu Alur
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.
Bagaimana kabarnya hari ini, jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa..alhamdulillah..Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiinAlhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran PJOK.Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.
Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi Atletik lompat jauh
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Pada akhir fase D ini peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan berbagai aktivitas jasmani dan olahraga sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar, melakukan etika aktivitas jasmani dan kebugaran untuk etikaan sesuai dengan prinsip etika, menunjukkan perilaku tanggung jawab personal dan etika serta memonitornya secara mandiri, selain itu juga dapat menganalisis nilai-nilai aktivitas jasmani.
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
Terampil Bergerak Peserta didik menganalisis dan menghaluskan
keterampilan gerak serta
mentransfernya ke dalam berbagai
situasi gerak. Peserta didik etikaa
dan memeragakan strategi gerak
yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan capaian keterampilan gerak. Peserta didik memeragakan dan menjelaskan konsep gerak yang dapat dimanfaatkan
untuk meningkatkan capaian keterampilan gerak. Belajar melalui Gerak Peserta didik mengemukakan dan membuktikan
strategi gerak yang paling efektif
dalam situasi gerak yang berbeda.
Peserta didik menginvestigasi
modifikasi peralatan, peraturan, dan etika skoring yang mendukung fair play dan partisipasi inklusif. Peserta didik menerapkan kepemimpinan, kolaborasi, dan proses pengambilan etikaan kelompok etika berpartisipasi di dalam berbagai aktivitas jasmani. Bergaya Hidup Aktif Peserta didik berpartisipasi dalam aktivitas
jasmani untuk menggambarkan reaksi
tubuh terhadap berbagai etika
intensitas yang berbeda. Peserta
didik berpartisipasi dalam
aktivitas jasmani yang
menyehatkan di luar ruang dan/atau lingkungan alam dan menggambarkan sumber daya yang dibutuhkan untuk meningkatkan partisipasi. Peserta didik menjelaskan dan mengusulkan
strategi peningkatan aktivitas
jasmani dan pencegahan perilaku
sedenter. Memilih Hidup yang Menyehatkan Peserta didik menganalisis risiko etikaan
akibat gaya hidup dan merancang etikaa pencegahan melalui aktivitas jasmani berdasarkan rekomendasi otoritas etikaan. Peserta didik merancang pilihan makanan
sehat berdasarkan analisis
kandungan gizi sesuai kebutuhan
aktivitas jasmani. Peserta didik
mempraktikkan prosedur untuk
menangani cedera yang berisiko
terhadap etikaan dan
keselamatan berdasarkan prinsip
pertolongan pertama. |
·
Tujuan
Pembelajaran ·
Pada akhir fase
ini peserta didik mampu mempraktikkan dan menganalisis aktivitas keterampilan variasi
gerak spesifik dan
fungsional permainan dan olahraga
(awalan, tolakan, sikap
badan di udara,
dan sikap mendarat lompat jauh) sesuai potensi dan
kreativitas yang dimiliki. Secara rinci tujuan pembelajaran ini dapat
dijabarkan sebagai berikut: ·
Mempraktikkan aktivitas
keterampilan variasi gerak
spesifik dan fungsional permainan
dan olahraga (lompat
jauh) sesuai potensi
dan kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik. ·
Menganalisis
aktivitas keterampilan variasi gerak spesifik dan fungsional permainan dan
olahraga (lompat jauh)
sesuai potensi dan
kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik. ·
Memahami dan
memprediksi konsekuensi dari
emosi dan
pengekspresiannya dan etikaa
etika-langkah untuk mengelola emosinya dalam pelaksanaan
belajar dan berinteraksi dengan orang lain. · Mengembangkan nilai-nilai gerak:
nilai-nilai aktivitas jasmani
untuk etikaan, nilai-nilai aktivitas jasmani untuk kegembiraan dan
tantangan, serta nilai-nilai aktivitas jasmani untuk ekspresi diri dan
interaksi sosial. |
SETRATEGI / MODEL PEMBELAJARAN
Strategi pembelajaran diri (Self-instructional strategies)
Strategi kognitif (Cognitive strategies)
MATERI AJAR
Aktivitas Pembelajaran 1
• Aktivitas pembelajaran 1: Gerak spesifik awalan atau ancang-ancang
• (Approach-Run)
• Cara melakukannya:
• Lari awalan antara 10 sampai 20 langkah
• Tambah kecepatan lari awalan sedikit demi sedikit sebelum bertolak/ bertumpu.
• Kecepatan lari awalan dipertahankan tetap maksimal sampai mencapai papan bertolak.
• Pinggang turun sedikit pada satu etika akhir lari awalan.
• Jarak awalan 30 – 45 meter.
• Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang sebanyak 5 – 7 kali.

Aktivitas pembelajaran 2: Gerak spesifik tumpuan/tolakan (Take-off). Cara melakukannya:
• Pada waktu akan melakukan tolakan, badan agak diposisikan ke belakang, kaki tumpu/kaki penolak lurus, kaki ayun (kaki belakang) agak dibengkokkan.
• Berat badan berada pada kaki belakang.
• Kedua lengan ke belakang, dan kepala agak ditengadahkan (dagu agak diangkat). Pandangan ke depan.
• Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang sebanyak 5 – 7 kali.

·
Aktivitas pembelajaran
3: Gerak spesifik melayang di udara.
·
Cara melakukannya:
·
Angkat paha
kaki bebas cepat
ke posisi horizontal
pada waktu bertolak.
·
Kaki bebas diturunkan
pada waktu melayang (1).
·
Angkat posisi lengan
pada waktu melayang (2).
· Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang sebanyak 5 – 7 kali.

·
Aktivitas pembelajaran
4: Gerak spesifik mendarat di bak lompat.
·
Cara melakukannya:
·
Tarik lengan dan tubuh
ke depan-bawah.
·
Tarik kaki mendekati
badan.
·
Luruskan kaki dan tekuk
lagi sedikit sebelum menyentuh tanah.
·
Bila kedua kaki telah
mendarat di bak pasir, duduk atas kedua kaki.

Sebagai refrensi silakan simak vidio pembelajaran di bawah ini:
https://www.youtube.com/watch?v=W7ZdTHBR5OA
Setelah menyimak vidio pembelajaran dan materi di atas selakan kerjakan latihan di bawah ini:
1. Jelaskan pengertian lompat jauh
2. Jelaskan cara melakukan tolakan
2. jelaskan cara melakukan pendaratan
Demikian pertemuan kali ini,semoga bermanfaat,dan bisa di implementasikan dalam kehidupan sehari hari,,,aamiin.
bpk akhiri
Wasalamualaikum Wr,Wb
Komentar
Posting Komentar