senam lantai (guling depan) Kelas 7
Satuan Pendidikan : SMP AL-AZHAR 1 BANDAR LAMPUNG
Guru Mapel : Andi Prayogo,S.Pd
NIK : 198411162015071345
Kelas : 7
Pertemuan : 14
Hari tanggal : Jum'at, 25 Oktober 2024
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wa, ssholaatu wassalaamu Alur
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.
Bagaimana kabarnya hari ini, jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa..alhamdulillah..Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiinAlhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran PJOK.Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.
Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi senam lantai (Guling depan)
Capaian Pembelajaran
Pada akhir fase D, peserta didik dapat menunjukkan kemampuan berbagai aktivitas jasmani dan olahraga sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar, melakukan latihan aktivitas jasmani dan kebugaran untuk kesehatan sesuai dengan prinsip latihan, menunjukkan perilaku tanggung jawab personal dan sosial serta memonitornya secara mandiri, serta dapat menganalisis nilai-nilai aktivitas jasmani.
Alur Tujuan Pembelajaran
Elemen Keterampilan Gerak
§ Pada akhir fase ini peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan hasil analisis aktivitas jasmani dan olahraga, aktivitas senam, aktivitas gerak berirama, aktivitas permainan dan aktivitas olahraga air (kondisional).
Elemen Pengetahuan Gerak.
§ Pada akhir fase ini peserta didik dapat msenganalisis fakta dan prosedur dalam melakukan berbagai gerak spesifik aktivitas jasmani dan olahraga, aktivitas senam, aktivitas gerak berirama, dan aktivitas permainan dan aktivitas lahraga air (kondisional).
Elemen Pengembangan Karakter dan Internalisasi Nilai-nilai Gerak.
Pada akhir fase D peserta didik proaktif melakukan dan mengajak untuk memelihara dan memonitor peningkatan derajat kebugaran jasmani dan kemampuan aktivitas jasmani lainnya, serta menunjukkan keterampilan bekerja sama dengan merujuk peraturan dan pedoman untuk menyelesaikan perbedaan dan konflik antar individu. Peserta didik juga dapat mempertahankan adanya interaksi sosial yang baik dalam aktivitas jasmani
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik mampu memahami aktivitas gerak spesifik keseimbangan menggunakan kaki, lengan, kepala, guling ke depan, dan guling ke belakang senam lantai sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik;
2. Peserta didik mampu mengidentifikasi bentuk-bentuk aktivitas gerak spesifik keseimbangan menggunakan kaki, lengan, kepala, guling ke depan, dan guling ke belakang senam lantai sesuai potensi dan kreativitas peserta didik;
3. Peserta didik mampu menganalisis prosedur aktivitas gerak spesifik keseimbangan menggunakan kaki, lengan, kepala, guling ke depan, dan guling ke belakang senam lantai sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik;
4. Peserta didik mampu menyusun konsep aktivitas gerak keseimbangan menggunakan kaki, lengan, kepala, guling ke depan, dan guling ke belakang senam lantai sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik;
5. Peserta didik dapat mempraktikkan aktivitas gerak spesifik keseimbangan menggunakan kaki, lengan, kepala, guling ke depan, dan guling ke belakang senam lantai sesuai potensi dan kreativitas peserta didik; dan
6. Peserta didik mampu menunjukkan sikap berakhlak mulia, mandiri, kebinekaan global, gotong-royong, bernalar kritis, dan kreatif.
Metode Pembelajaran :
a. diskusi
b. Strategi Kognitif (Cognitive Strategies)
c. Pengajaran Beregu (Team teaching
Materi Pembelajaran: Senam lantai
1. Pengertian Senam Lantai
Senam lantai atau floor exersice atau dapat juga disebut tumbling, adalah senam yang dilakukan di atas matras. Bentuk-bentuk aktivitas gerak keterampilannya terdiri dari mengguling, melompat, meloncat, berputar di udara, dan menumpu dengan tangan atau kaki untuk mempertahankan keseimbangan. Dikatakan senam lantai karena seluruh keterampilan gerakannya dilakukan pada lantai yang diberi alas matras tanpa melibatkan alat lainnya. Luas lantai yang digunakan dalam kejuaraan senam adalah 12 x 12 meter dengan tambahan 1 meter di setiap sisinya untuk keamanan pesenam. Pelaksanaan lomba senam lantai dibatasi oleh waktu, untuk putra waktunya antara 50-70 detik, sedangkan untuk putri antara 70-90 detik.
Senam lantai merupakan salah satu cabang olahraga yang mengandalkan aktivitas seluruh anggota tubuh. Oleh karena itu senam lantai dapat dikatakan sebagai olahraga dasar yang memerlukan komponen gerak kecepatan, kekuatan, kelentukan, kelincahan dan keseimbangan.
Senam lantai dan senam pada umumnya mempunyai manfaat yang sangat besar jika dilakukan secara teratur dan dalam jangka waktu yang cukup, adapun manfaat tersebut antara lain
a. Meningkatkan kesegaran jasmani.
b. Membentuk sikap tubuh yang lebih baik dan tegap.
c. Memberi rangsangan bagi pertumbuhan badan untuk anak-anak.
d. Melatih kondisi fisik seperti kekuatan, kelincaham, keseimbangan dan lainnya.
e. Memberi tanggung jawab dan mengerti pentingnya menjaga keseha¬tan.
Selain manfaat fisik dengan melakukan aktivitas senam, manfaat mental dan sosial juga dapat diperoleh, seperti; berpifir kreatif dan kritis melalui pemecahan masalah-masalah gerak ketika peserta didik diberi tugas gerak. Melalui latihan bersama dan diskusi dapat pula dikembangkan sikap sosial, mandiri, kerja sama dan gotong royong, sehingga jiwa dan karakter pelajar Pancasila dapat terbina dengan baik.
2. Aktivitas Kesimbangan dengan Kaki
Keseimbangan secara umum dapat diartikan kemampuan untuk mempertahankan
tubuh pada bidang tumpu tertentu, biasanya saat
posisi tegak. Beberapa contoh latihan kesembangan dengan satu kaki.
Nomor lari pada cabang olahraga atletik dibagi
menjadi tiga, yaitu; lari jarak pendek, lari jarak menengah dan lari jarak
jauh. Lari jarak pendek memiliki nomor lomba 100 meter, 200 meter dan 400
meter. Lari jarak pendek adalah nomor lari yang menggunakan kecepatan maksimal
dari mulai start sampai finish, dan menggunakan jenis pernapasan
anerobik. Pelari jarak pendek disebut sprinter dan jenis start yang
digunakan adalah start jongkok.
3. Aktivitas Guling Depan
a. Sikap
awal: jongkok di pinggir matras menghadap arah gerakan, kedua telapak tangan
diletakkan di atas matras
b. Pelaksanaan:
angkat pinggul ke atas hingga kedua kaki lurus, masukkan kepala diantara kedua
lengan dan dagu menyentuh dada. Tekuk kedua lengan perlahan sehingga tengkuk
menyentuh matras, orong badan ke depan hingga bagian badan mulai dari tengkuk,
punggung, pinggang, dan panggul bagian belakang menyentuh matras.
c. Sikap
akhir: peluk kedua lutut, hingga kembali pada sikap berjongkok, kemudian kedua
lengan luruskan ke depan, pandangan ke arah depan.
Sebagai refrensi silakan simak vidio pembelajaran di bawah ini:
https://www.youtube.com/watch?v=xpiz1ejuYag Vidio sikap kapal terbang
https://www.youtube.com/watch?v=j5fWk6i5UiU Vidio guling Depan
Setelah menyimak vidio pembelajaran dan materi di atas selakan kerjakan latihan di bawah ini:
1. Jelaskan pengertian senam lantai!.
2. Jelaskan cara melakukan keseimbangan dengan kaki (sikap kapal terbang)
2. jelaskan cara melakukan guling depan?
Demikian pertemuan kali ini,semoga bermanfaat,dan bisa di implementasikan dalam kehidupan sehari hari,,,aamiin.
bpk akhiri
Wasalamualaikum Wr,Wb
Komentar
Posting Komentar