kisi kisi US PJOK tahun Pelajaran 2024 / 2025 kelas 9

Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG

Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd

NIK                             : 198411162015071345

Kelas                            : 9

Pertemuan                    : 12

Hari tanggal                 :  22 April  2025

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wa        ssholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

Nah sekarang simak materi berikut…

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

Bagaimana kabarnya hari ini,  jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa..

alhamdulillah..

Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin   

semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiin

Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran PJOK.

Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.

Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan membahas terkait : KISI KISI US PJOK 2025

KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH (US) SMP/MTs Kota Bandar Lampung

TAHUN PELAJARAN 2024/2025

 

Satuan Pendidikan          : SMP/MTs Kota Bandar Lampung                                                                                                                      Alokasi Waktu            : 90 Menit

Mata Pelajaran                : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan                                                                                                  Jumlah soal                 : 50

Kurikulum Acuan           : Irisan Kurikulum 2013 & KurMer                                                                                                                     Bentuk Soal                : 50 PG          

No

Kompetensi Dasar (KD)

IPK

Materi

Indikator Soal

Level Kognitif

Bentuk Soal

No. Soal

1

2

3

4

5

6

7

8

1

3..1. Memahami gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *)

 

 

Mengidentifikasikan, menguraikan,  dan cara menerapkan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan sepak bola dengan benar.

Sepak Bola

Peserta didik  dapat memahami gerak dasar menghentikan bola  permainan sepakbola

Peserta didik dapat memahami gerak dasar menghentikan bola  permainan sepakbola

Peserta didik  dapat menjelaskan istilah dalam permainan sepakbola

Peserta didik dapat memahami Variasi dan kombinasi melempar bola ke dalam dan menyundul bola

Peserta didik dapat menjelaskan Variasi dan   

   kombinasi menggiring, menghentikan, dan   

   menendang bola ke gawang/ sasaran

 

L2

 

L1

 

L2

 

L2

 

 

L3

 

 

PG

 

PG

 

PG

 

PG

 

 

PG

 

 

1

 

2

 

3

 

4

 

 

5

 

 

Mengidentifikasikan, menguraikan,  dan cara menerapkan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan bola voli dengan benar.

Bola voli

Peserta didik  dapat memahami gerak dasar passing bawah permainan bola  voli

Peserta didik dapat memahami gerak dasar servis permainan bola voli

Peserta didik dapat memahami gerak dasar Variasi dan     kombinasi servis bawah, passing bawah, passing atas, smes/spike

Peserta didik dapat menjelaskan gerak dasar Variasi dan kombinasi servis bawah, passing bawah, passing atas, smes/spike dan block/ bendungan.

 

 

L1

 

L2

 

L1

 

 

L2

 

 

 

PG

 

PG

 

PG

 

 

PG

 

 

 

6

 

7

 

8

 

 

9

 

 

 

Mengidentifikasikan, menguraikan,  dan cara menerapkan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan bola basket dengan benar.

Bola Basket

Peserta didik dapat memahami gerak dasar menggiring bola basket

Peserta didik  dapat memahami gerak dasar passing permainan bola basket

Peserta didik dapat menjelaskan isitilah dalam bola b

·     Peserta didik dapat menjelaskan Variasi dan kombinasi melempar,  menangkap, menggiring dan menembak bola

L2

 

L1

 

L3

 

 

L3

PG

 

PG

 

PG

 

 

PG

10

 

11

 

12

 

 

13

 

No

Kompetensi Dasar (KD)

IPK

Materi

Indikator Soal

Level Kognitif

Bentuk Soal

No. Soal

1

2

3

4

5

6

8

9

2

3..2. Memahami gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional *)

 

 

Mengidentifikasikan, menguraikan,  dan cara menerapkan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan bulu tangkis dengan benar.

Bulutangkis

 

Peserta didik dapat memahami servis permainan bulutangkis

Peserta didik dapat memahami gerakan prinsip dasar permainan bulutangkis

·     Peserta didik dapat memahami Variasi dan kombinasi pukulan forehand dan pukulan backhand

      forehand, pukulan backhand dan pukulan smesh

L1

 

L1

 

L2

PG

 

PG

 

PG

 

14

 

15

 

16

 

 

Mengidentifikasikan, menguraikan,  dan cara menerapkan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan tenis meja  dengan benar.

Tenis Meja

Peserta didik  dapat memahami gerak dasar servis tenis meja

·     Peserta didik dapat memahami Variasi dan kombinasi pukulan forehand dan pukulan backhand

·     Peserta didik dapat memahami Variasi dan kombinasi servis forehand/backhand dan pukulan forehand

L2

 

L2

 

 

 

L2

PG

 

PG

 

 

 

PG

17

 

18

 

 

 

19

3

3.3.  Memahami kombinasi gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau tradisional *)

 

 

Mengidentifikasikan, menguraikan,  dan cara menerapkan kombinasi gerak spesifik jalan cepat, lari estafet, lempar cakram, lompat jauh,tolak peluru dengan benar.

 

 

Atletik

tambahkan soal Lompat jauh ( jalan cepat di hapus )

Tsmbahkan soal lari jarak pendek ( sprint )

Peserta didik dapat memahami pemindahan tongkat estafet lari sambung

Peserta didik dapat menjelaskan perpindahan tongkat estafet lari sambung

Peserta didik dapat menjelaskan perlombaan lempar cakram

Soal cakram di ganti dengn lari jarak pendek

Peserta didik dapat  memahami  tahapan-tahapan dalam lompat jauh

Peserta didik dapat  menjelaskan Kombinasi memegang peluru, awalan, menolak peluru, dengan gerak lanjutan

L2

 

L1

 

L2

 

L2

 

L2

 

L2

 

L1

 

L3

PG

 

PG

 

PG

 

PG

 

PG

 

PG

 

PG

 

PG

20

 

21

 

22

 

23

 

24

 

25

 

26

 

27

 

4

3.4.  Memahami variasi dan kombinasi gerak spesifik seni beladiri **)

 

 

Mengidentifikasikan, menguraikan, & cara menerapkan variasi & kombinasi gerak spesifik beladiri pencak silat  dengan benar.

Pencak Silat

Peserta didik dapat  memahami  teknik pukulan pencak silat

Peserta didik dapat  memahami  teknik serangan dan pertahanan pencak silat

L2

 

L2

 

PG

 

PG

28

 

29

 

 

 

No

Kompetensi Dasar (KD)

IPK

Materi

Indikator Soal

Level Kognitif

Bentuk Soal

No. Soal

1

2

3

4

5

6

8

9

5

3.5. Memahami   penyusunan program pengembangan komponen kebugaran jasmani terkait dengan kesehatan dan keterampilan secara sederhana

Mengidentifikasikan, menguraikan,  dan cara menerapkan aktivitas latihan kebugaran jasmani  yang terkait dengan kesehatan dan keterampilan dengan benar.

Kebugaran Jasmani

Peserta didik dapat memahami manfaat kebugaran jasmani

Peserta didik dapat menjelaskan kebutuhan kebugaran jasmani

Peserta didik dapat  menjelaskan  bentuk-bentuk latihan kelincahan pada kebugaran jasmani

 

 

L3

 

L2

 

 

L1

 

PG

 

PG

 

 

PG

30

 

31

 

 

32

6

3.6.  Memahami kombinasi keterampilan berbentuk rangkaian gerak sederhana secara konsisten, tepat, dan terkontrol dalam aktivitas spesifik senam lantai.

Mengidentifikasikan, menguraikan,  dan cara menerapkan kombinasi rangkaian gerak spesifik senam lantai  dengan benar.

Senam lantai

Peserta didik dapat memahami geerakan guling depan dan guling lenting

Peserta didik dapat menjelaskan poisis badan guling belakang

Peserta didik dapat memahami gerakan guling lenting dan guling depan

 

 

 

L1

 

 

L2

 

L2

 

PG

 

 

PG

 

PG

33

 

 

34

 

35

7

3.7.  Memahami variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/ dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan, inti latihan, dan pendinginan dalam aktivitas gerak berirama.

Mengidentifikasikan, menguraikan,  dan cara menerapkan variasi dan kombinasi rangkaian gerak spesifik aktivitas gerak berirama  dengan benar.

Senam Irama

Peserta didik dapat menjelaskan keuntungan fisik senam aerobik

Peserta didik dapat menjelaskan manfaat dari senam aerobik

Peserta didik dapat  memahami  hakikat dari senam aerobic

 

 

L1

 

L1

 

 

L1

 

PG

 

PG

 

 

PG

36

 

37

 

 

38

 

No

Kompetensi Dasar (KD)

IPK

Materi

Indikator Soal

Level Kognitif

Bentuk Soal

No. Soal

1

2

3

4

5

6

8

9

8

3.8 Memahami gerak spesifik salah satu gaya renang dalam bentuk perlombaan ***)

Mengidentifikasikan, menguraikan,  dan cara menerapkan gerak spesifik renang gaya bebas dengan benar.

 

Renang

·     Peserta didik dapat memahami gerakan meluncur dengan gerakan kaki

·     Peserta didik dapat menjelaskan

     Koordinasi gerakan meluncur, gerakan kaki,    

     gerakan lengan, dan gerakan mengambil napas

·     Peserta didik dapat memahami teknik gerakan yang harus dikuasai dalam renang gaya bebas

·     Peserta didik dapat menjelaskan

Aba-aba start renang gaya bebas

L2

 

 

L2

 

 

L1

 

L1

PG

 

 

PG

 

 

PG

 

PG

39

 

 

40

 

 

41

 

42

9

3.9 Memahami tindakan P3K pada kejadian darurat, baik pada diri sendiri maupun orang lain.

Mengidentifikasikan, menguraikan, dan cara  menerapkan tindakan P3K pada kejadian darurat, baik pada diri sendiri maupun orang lain dengan benar.

P3K

Peserta didik dapat memahami manfaat pertolongan pertama

Peserta didik dapat menjelaskan tindakan-tindakan dalam pertolongan pertama

Peserta didik dapat  memahami  prinsip pertolongan pertama pada kecelakaan

Peserta didik dapat menjelaskan obat-obatan untuk pertolongan pertama pada kecelakaan

L2

 

L2

 

L1

 

 

L2

PG

 

PG

 

PG

 

 

PG

43

 

44

 

45

 

 

46

10

3.10 Memahami peran aktivitas fisik terhadap pencegahan penyakit

 

 

Mengidentifikasikan, menguraikan, dan cara menerapkan peran aktivitas fisik terhadap pencegahan penyakit dengan benar.

Aktivitas Fisik

Peserta didik dapat  memahami  resiko terkena penyakit kronis

Peserta didik dapat  memahami  keuntungan aktivitas fisik yang teratur

Peserta didik dapat memahami manfaat olahraga secara teratur

Peserta didik dapat memahami Dampak/akibat apabila tidak melakukan aktivitas fisik &

   Cara melakukan aktivitas fisik untuk mencegah   penyakit

L2

 

L2

 

L2

 

L3

PG

 

PG

 

PG

 

PG

47

 

48

 

49

 

50

 

                                                                                                                                                                                                                                               Bandar Lampung, 25 Februari 2025

                                                                                                              Penyusun

 

 

                                                                                                                                                                                                                        TIM MGMP PJOK  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN KELAS 7

Tugas latihan kelas 7

RANGKUMAN KELAS 8