kisi kisi US PJOK tahun Pelajaran 2024 / 2025 kelas 9
Satuan Pendidikan : SMP AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG
Guru Mapel : Andi Prayogo,S.Pd
NIK : 198411162015071345
Kelas : 9
Pertemuan : 12
Hari tanggal : 22 April 2025
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wa ssholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.
Nah sekarang simak materi berikut…
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.
Bagaimana kabarnya hari ini, jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa..
alhamdulillah..
Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin
semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiin
Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran PJOK.
Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.
Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan membahas terkait : KISI KISI US PJOK 2025
KISI-KISI
SOAL UJIAN SEKOLAH (US) SMP/MTs Kota Bandar Lampung
TAHUN
PELAJARAN 2024/2025
Satuan
Pendidikan : SMP/MTs Kota Bandar
Lampung Alokasi Waktu : 90 Menit
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Jumlah soal : 50
Kurikulum
Acuan : Irisan Kurikulum 2013 & KurMer Bentuk Soal : 50 PG
No |
Kompetensi Dasar (KD) |
IPK |
Materi |
Indikator Soal |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
No. Soal |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
1 |
3..1. Memahami gerak spesifik dalam berbagai permainan
bola besar sederhana dan atau tradisional *)
|
Mengidentifikasikan,
menguraikan, dan cara menerapkan
variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan sepak bola dengan benar. |
Sepak Bola |
• Peserta didik dapat
memahami gerak dasar menghentikan bola
permainan sepakbola • Peserta didik dapat memahami gerak dasar menghentikan bola permainan sepakbola • Peserta didik dapat
menjelaskan istilah dalam permainan sepakbola • Peserta didik dapat memahami Variasi dan
kombinasi melempar bola ke dalam dan menyundul bola • Peserta didik dapat menjelaskan Variasi
dan kombinasi
menggiring, menghentikan, dan menendang bola
ke gawang/ sasaran
|
L2
L1
L2
L2
L3
|
PG
PG
PG
PG
PG
|
1
2
3
4
5
|
Mengidentifikasikan,
menguraikan, dan cara menerapkan
variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan bola voli dengan benar. |
Bola voli |
•Peserta didik dapat
memahami gerak dasar passing bawah permainan bola voli • Peserta didik dapat memahami gerak dasar servis permainan bola
voli • Peserta didik dapat memahami gerak dasar Variasi
dan kombinasi
servis bawah, passing bawah, passing atas, smes/spike • Peserta didik dapat menjelaskan gerak dasar Variasi
dan kombinasi servis bawah, passing bawah, passing atas, smes/spike dan block/ bendungan.
|
L1
L2
L1
L2
|
PG
PG
PG
PG
|
6
7
8
9
|
||
Mengidentifikasikan,
menguraikan, dan cara menerapkan
variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan bola basket dengan benar. |
Bola Basket |
• Peserta didik dapat memahami gerak dasar menggiring bola basket • Peserta didik dapat
memahami gerak dasar passing permainan bola basket • Peserta didik dapat
menjelaskan isitilah dalam bola b ·
Peserta didik dapat menjelaskan
Variasi dan kombinasi melempar,
menangkap, menggiring dan menembak bola |
L2
L1
L3
L3 |
PG
PG
PG
PG |
10
11
12
13 |
No |
Kompetensi Dasar (KD) |
IPK |
Materi |
Indikator Soal |
Level Kognitif |
Bentuk
Soal |
No.
Soal |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
8 |
9 |
2 |
3..2. Memahami gerak spesifik dalam berbagai
permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional *)
|
Mengidentifikasikan,
menguraikan, dan cara menerapkan
variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan bulu tangkis dengan benar. |
Bulutangkis
|
• Peserta didik dapat memahami servis permainan bulutangkis • Peserta didik dapat memahami gerakan prinsip dasar permainan
bulutangkis ·
Peserta didik dapat
memahami Variasi dan kombinasi pukulan forehand
dan pukulan backhand forehand, pukulan backhand dan pukulan smesh |
L1
L1
L2 |
PG
PG
PG
|
14
15
16 |
|
|
Mengidentifikasikan,
menguraikan, dan cara menerapkan variasi dan kombinasi gerak spesifik
permainan tenis meja dengan benar. |
Tenis Meja |
• Peserta didik dapat
memahami gerak dasar servis tenis meja ·
Peserta didik dapat
memahami Variasi dan kombinasi pukulan forehand
dan pukulan backhand ·
Peserta didik dapat
memahami Variasi dan kombinasi servis forehand/backhand
dan pukulan
forehand |
L2
L2
L2 |
PG
PG
PG |
17
18
19 |
3 |
3.3.
Memahami kombinasi gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar
dalam berbagai permainan sederhana dan atau tradisional *)
|
Mengidentifikasikan,
menguraikan, dan cara menerapkan
kombinasi gerak spesifik jalan cepat, lari estafet,
lempar cakram, lompat jauh,tolak peluru dengan benar.
|
Atletik |
• tambahkan
soal Lompat jauh ( jalan cepat di hapus ) • Tsmbahkan
soal lari jarak pendek ( sprint ) • Peserta didik dapat memahami pemindahan tongkat estafet lari
sambung • Peserta didik dapat menjelaskan perpindahan tongkat estafet
lari sambung • Peserta didik dapat menjelaskan perlombaan lempar cakram • Soal
cakram di ganti dengn lari jarak pendek • Peserta didik dapat
memahami tahapan-tahapan dalam
lompat jauh • Peserta didik dapat menjelaskan Kombinasi
memegang peluru, awalan, menolak peluru, dengan gerak lanjutan |
L2
L1
L2
L2
L2
L2
L1
L3 |
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG |
20
21
22
23
24
25
26
27
|
4 |
3.4. Memahami variasi dan kombinasi gerak spesifik seni
beladiri **)
|
Mengidentifikasikan,
menguraikan, & cara menerapkan variasi &
kombinasi gerak spesifik beladiri pencak silat dengan benar. |
Pencak Silat |
• Peserta didik dapat
memahami teknik pukulan pencak
silat • Peserta didik dapat
memahami teknik serangan dan
pertahanan pencak silat |
L2
L2
|
PG
PG |
28
29 |
No |
Kompetensi Dasar (KD) |
IPK |
Materi |
Indikator Soal |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
No. Soal |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
8 |
9 |
5 |
3.5. Memahami penyusunan program pengembangan komponen
kebugaran jasmani terkait dengan kesehatan dan keterampilan secara sederhana |
Mengidentifikasikan,
menguraikan, dan cara menerapkan
aktivitas latihan kebugaran jasmani
yang terkait dengan kesehatan dan keterampilan dengan benar. |
Kebugaran Jasmani |
• Peserta didik dapat memahami manfaat kebugaran jasmani • Peserta didik dapat menjelaskan kebutuhan kebugaran jasmani • Peserta didik dapat
menjelaskan bentuk-bentuk
latihan kelincahan pada kebugaran jasmani
|
L3
L2
L1
|
PG
PG
PG |
30
31
32 |
3.6. Memahami kombinasi keterampilan berbentuk rangkaian gerak
sederhana secara konsisten, tepat, dan terkontrol dalam aktivitas spesifik
senam lantai. |
Mengidentifikasikan,
menguraikan, dan cara menerapkan
kombinasi rangkaian gerak spesifik senam lantai dengan benar. |
Senam lantai |
• Peserta didik dapat memahami geerakan guling depan dan guling
lenting • Peserta didik dapat menjelaskan poisis badan guling belakang • Peserta didik dapat memahami gerakan guling lenting dan guling
depan
|
L1
L2
L2
|
PG
PG
PG |
33
34
35 |
|
7 |
3.7. Memahami variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian
langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/ dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan, inti
latihan, dan pendinginan dalam aktivitas gerak berirama. |
Mengidentifikasikan,
menguraikan, dan cara menerapkan variasi dan kombinasi rangkaian gerak
spesifik aktivitas gerak berirama
dengan benar. |
Senam Irama |
• Peserta didik dapat menjelaskan keuntungan fisik senam aerobik • Peserta didik dapat menjelaskan manfaat dari senam aerobik • Peserta didik dapat
memahami hakikat dari senam
aerobic
|
L1
L1
L1
|
PG
PG
PG |
36
37
38 |
No |
Kompetensi Dasar (KD) |
IPK |
Materi |
Indikator Soal |
Level Kognitif |
Bentuk
Soal |
No. Soal |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
8 |
9 |
8 |
3.8 Memahami gerak spesifik
salah satu gaya renang dalam bentuk perlombaan ***) |
Mengidentifikasikan,
menguraikan, dan cara menerapkan gerak
spesifik renang gaya bebas dengan benar.
|
Renang |
·
Peserta didik dapat
memahami gerakan meluncur dengan gerakan kaki ·
Peserta didik dapat
menjelaskan Koordinasi
gerakan meluncur, gerakan kaki, gerakan lengan,
dan gerakan mengambil napas ·
Peserta didik dapat
memahami teknik gerakan yang harus dikuasai dalam renang gaya bebas ·
Peserta didik dapat
menjelaskan Aba-aba start
renang gaya bebas |
L2
L2
L1
L1 |
PG
PG
PG
PG |
39
40
41
42 |
9 |
3.9 Memahami tindakan P3K pada kejadian darurat, baik pada diri
sendiri maupun orang lain. |
Mengidentifikasikan,
menguraikan, dan cara menerapkan
tindakan P3K pada kejadian darurat, baik pada diri sendiri maupun orang lain
dengan benar. |
P3K |
• Peserta didik dapat memahami manfaat pertolongan pertama • Peserta didik dapat menjelaskan tindakan-tindakan dalam
pertolongan pertama • Peserta didik dapat
memahami prinsip pertolongan
pertama pada kecelakaan • Peserta didik dapat menjelaskan obat-obatan untuk pertolongan
pertama pada kecelakaan |
L2
L2
L1
L2 |
PG
PG
PG
PG |
43
44
45
46 |
10 |
3.10 Memahami peran aktivitas fisik terhadap pencegahan
penyakit
|
Mengidentifikasikan,
menguraikan, dan cara menerapkan peran aktivitas fisik terhadap pencegahan
penyakit dengan benar. |
Aktivitas Fisik |
• Peserta didik dapat
memahami resiko terkena
penyakit kronis • Peserta didik dapat
memahami keuntungan aktivitas
fisik yang teratur • Peserta didik dapat memahami manfaat olahraga secara teratur • Peserta didik dapat memahami Dampak/akibat
apabila tidak melakukan aktivitas fisik & Cara melakukan
aktivitas fisik untuk mencegah penyakit |
L2
L2
L2
L3 |
PG
PG
PG
PG |
47
48
49
50 |
Bandar
Lampung, 25 Februari 2025
Penyusun
TIM MGMP PJOK
Komentar
Posting Komentar