Praktik bermain bola voli dengan peraturan sederhana, Kelas 8

 IDENTITAS

Nama Penyusun

:

Andi Prayogo, S.Pd

Pertemuan 

:

4 (4 X Pertemuan )

Satuan Pendidikan

:

SMP AL AZHAR

Hari / Tanggal

:

Kamis / 4 Sebtember 2025

Kelas / Semester

:

VIII/Ganjil

Fase

:

D

Mata Pelajaran

:

PJOK

Elemen Mapel

:

Keterampilan&gerak 

            Materi                      :  Permainan Bola Voli

            Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wa        ssholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

Nah sekarang simak materi berikut…

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

Bagaimana kabarnya hari ini,  jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa..

alhamdulillah..

Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin   

semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiin

Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran PJOK.

Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.

Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi : 

      Metode Pembelajaran

1) Pembelajaran interaktif (interactive teaching)

2) Pembelajaran sesama teman (peer teaching)

3) Pembelajaran kooperatif (cooperative learning)

4) Pembelajaran beregu (Team teaching)


 Media ajar

·       Lapangan, sarana olah raga bola voli, Media LCD projector, Laptop, Bahan Tayang, Whiteboard, Spidol, 

Sumber Belajar

·       Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru & buku siswa Mata Pelajaran PJOK kelas VIII . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Internet Dll.

Dimensi kelulusan

1. keimanan dan Ketakwaan  ( √ )                                         5. Kolaborasi ( …. )

2. Kewargaan ( …. )                                                                    6. Memandirian ( √ )

3. Penalan Kritis ( …. )                                                              7. Kesehatan ( √ )

4. Kreativitas ( √ )                                                                      8. Komunikasi ( √)

CAPAIAN PEMBELAJARAN 

Pada akhir fase D ini peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan berbagai aktivitas jasmani dan olahraga sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar, melakukan latihan aktivitas jasmani dan kebugaran untuk kesehatan sesuai dengan prinsip latihan, menunjukkan perilaku tanggung jawab personal dan sosial serta memonitornya secara mandiri, selain itu juga dapat menganalisis nilai-nilai aktivitas jasmani.

Tujuan pembelajaran

·  Peserta didik mampu memahami dan memraktikan cara bermain bola voli,dan menerapkan  konsekuensi dari emosi dan pengekspresiannya dan menyusun langkah-langkah untuk mengelola emosinya dalam pelaksanaan belajar dan berinteraksi dengan orang lain.

Bahan Bacaan 

      Bentuk-bentuk aktivitas keterampilan variasi gerak spesifik passing bawah, passing atas, servis bawah, dan servis atas permainan bola voli adalah sebagai berikut:

1.    Bermain bola voli dengan bermain dengan memainkan bola dengan melewati         tali) secara berkelompok.

        Cara melakukannya:

a.       Dua regu saling berhadapan dengan dibatasi tali yang terentang ditengah-tengah.

b.       Bola harus dilemparkan sedemikian rupa sehingga jatuh ke bidang permainan lawan dan diusahakan dapat menyulitkan untuk ditangkap dan dilemparkan kembali oleh lawan.

c.        Bola yang datang dari pihak lawan harus dipantulkan ke atas (passing atas), setelah itu baru boleh ditangkap teman seregu dan dilemparkan kembali.

d.       Pemain yang menerima bola dari daerah lawan melakukan passing atas ke pemain berikut yang melakukan passing atas lagi ke pemain ketiga atau pertama. Pemain ini yang boleh menangkap bola dan mengembalikannya ke daerah lawan.

e.       Penangkap bola tidak boleh melemparkannya, tetapi setelah menangkapnya lalu melambungkan dan kemudian mengembalikannya ke daerah lawan dengan passing atas. Dengan pengaturan khusus ini permainan menjadi lebih lambat, tetapi memaksa diadakannya pengoperan ke depan (apabila bola tidak boleh dibawa sambil berlari).

f.         Lama permainan 10 - 15 menit.

 

2.    Aktivitas pembelajaran bermain bola voli dengan memainkan bola dengan    sentuhan ganda) secara berkelompok.

      Cara melakukannya:

a.       Tim A menempatkan pemainnya di lapangan B sebanyak 2 Dua regu saling berhadapan dengan dibatasi tali yang terentang ditengah-tengah.

b.       Pemain yang menerima bola dari lawan harus mengoperkannya dulu ke teman seregu, yang kini boleh langsung mengembalikan ke lapangan lawan.

c.        Sentuhan ganda merupakan cara pengoperan wajib. Menangkap dan melempar bola dihitung sebagai kesalahan, begitu pula passing atas langsung ke teman seregu atau ke lapangan lawan.

d.       Kesalahan lain: bola menyentuh lantai atau tali. Pemain menginjak lapangan yang merupakan daerah lawan (melampaui garis tengah), atau menyentuh tali.

e.       Lemparan pada awal permainan dan setelah lawan melakukan kesalahan, dilakukan dari sebelah luar garis belakang.

f.         Lemparan dilakukan dari bawah dengan kedua tangan.

g.       Regu yang paling dulu mencapai 15 angka (dengan selisih paling sedikit 2 angka dari lawan), itulah yang menang.

Dalam permainan ini teknik passing atas bisa dinilai dengan lebih kritis. Di a.       samping gerak meraup (kedua jari kelingking berdekatan), gerak menolak bola dengan pelan atau menepuk juga dinilai sebagai kesalahan

b.       Lama permainan 10 - 15 menit.





Demikian pertemuan kali ini,semoga bermanfaat,dan bisa di implementasikan dalam kehidupan sehari hari,,,aamiin


bpk akhiri 

Wasalamualaikum Wr,Wb


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN KELAS 7

Remedial dan Pengayaan kelas 9

Tugas latihan kelas 7