Praktik bermain bola voli dengan peraturan sederhana, Kelas 8
IDENTITAS
Nama Penyusun | : | Andi Prayogo, S.Pd | Pertemuan | : | 4 (4 X Pertemuan ) |
Satuan Pendidikan | : | SMP AL AZHAR | Hari / Tanggal | : | Kamis / 4 Sebtember 2025 |
Kelas / Semester | : | VIII/Ganjil | Fase | : | D |
Mata Pelajaran | : | PJOK | Elemen Mapel | : | Keterampilan&gerak |
Materi : Permainan Bola Voli
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wa ssholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du. Nah sekarang simak materi berikut… Assalamu'alaikum Wr.Wb. الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du. Bagaimana kabarnya hari ini, jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa.. alhamdulillah.. Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiin Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran PJOK. Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin. Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi : |
Metode Pembelajaran
1) Pembelajaran interaktif (interactive teaching) 2) Pembelajaran sesama teman (peer teaching) 3) Pembelajaran kooperatif (cooperative learning) 4) Pembelajaran beregu (Team teaching) |
Media ajar
· Lapangan, sarana olah raga bola voli, Media LCD projector, Laptop, Bahan Tayang, Whiteboard, Spidol,
Sumber Belajar
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru & buku siswa Mata Pelajaran PJOK kelas VIII . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Internet Dll.
Dimensi kelulusan
1. keimanan dan Ketakwaan ( √ ) 5. Kolaborasi ( …. )
2. Kewargaan ( …. ) 6. Memandirian ( √ )
3. Penalan Kritis ( …. ) 7. Kesehatan ( √ )
4. Kreativitas ( √ ) 8. Komunikasi ( √)
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Pada akhir fase D ini peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan berbagai aktivitas jasmani dan olahraga sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar, melakukan latihan aktivitas jasmani dan kebugaran untuk kesehatan sesuai dengan prinsip latihan, menunjukkan perilaku tanggung jawab personal dan sosial serta memonitornya secara mandiri, selain itu juga dapat menganalisis nilai-nilai aktivitas jasmani.
Tujuan pembelajaran
· • Peserta didik mampu memahami dan memraktikan cara bermain bola voli,dan menerapkan konsekuensi dari emosi dan pengekspresiannya dan menyusun langkah-langkah untuk mengelola emosinya dalam pelaksanaan belajar dan berinteraksi dengan orang lain.
• Bahan Bacaan
Bentuk-bentuk aktivitas keterampilan variasi gerak spesifik passing bawah, passing atas, servis bawah, dan servis atas permainan bola voli adalah sebagai berikut:
1. Bermain bola voli dengan bermain dengan
memainkan bola dengan melewati tali)
secara berkelompok.
Cara melakukannya:
a.
Dua regu
saling berhadapan dengan dibatasi tali yang terentang ditengah-tengah.
b.
Bola harus
dilemparkan sedemikian rupa sehingga jatuh ke bidang permainan lawan dan
diusahakan dapat menyulitkan untuk ditangkap dan dilemparkan kembali oleh
lawan.
c.
Bola yang
datang dari pihak lawan harus dipantulkan ke atas (passing atas), setelah itu baru boleh ditangkap teman seregu dan
dilemparkan kembali.
d.
Pemain yang
menerima bola dari daerah lawan melakukan passing atas ke pemain berikut yang
melakukan passing atas lagi ke pemain
ketiga atau pertama. Pemain ini yang boleh menangkap bola dan mengembalikannya
ke daerah lawan.
e.
Penangkap
bola tidak boleh melemparkannya, tetapi setelah menangkapnya lalu melambungkan
dan kemudian mengembalikannya ke daerah lawan dengan passing atas. Dengan pengaturan khusus ini permainan menjadi lebih
lambat, tetapi memaksa diadakannya pengoperan ke depan (apabila bola tidak
boleh dibawa sambil berlari).
f.
Lama
permainan 10 - 15 menit.
2. Aktivitas pembelajaran bermain bola voli
dengan memainkan bola dengan sentuhan
ganda) secara berkelompok.
Cara
melakukannya:
a.
Tim A
menempatkan pemainnya di lapangan B sebanyak 2 Dua regu saling berhadapan
dengan dibatasi tali yang terentang ditengah-tengah.
b.
Pemain yang
menerima bola dari lawan harus mengoperkannya dulu ke teman seregu, yang kini
boleh langsung mengembalikan ke lapangan lawan.
c.
Sentuhan
ganda merupakan cara pengoperan wajib. Menangkap dan melempar bola dihitung
sebagai kesalahan, begitu pula passing
atas langsung ke teman seregu atau ke lapangan lawan.
d.
Kesalahan
lain: bola menyentuh lantai atau tali. Pemain menginjak lapangan yang merupakan
daerah lawan (melampaui garis tengah), atau menyentuh tali.
e.
Lemparan
pada awal permainan dan setelah lawan melakukan kesalahan, dilakukan dari
sebelah luar garis belakang.
f.
Lemparan
dilakukan dari bawah dengan kedua tangan.
g.
Regu yang
paling dulu mencapai 15 angka (dengan selisih paling sedikit 2 angka dari
lawan), itulah yang menang.
b.
Lama
permainan 10 - 15 menit.
Demikian pertemuan kali ini,semoga bermanfaat,dan bisa di implementasikan dalam kehidupan sehari hari,,,aamiin
bpk akhiri
Wasalamualaikum Wr,Wb
Komentar
Posting Komentar