aktivitas permainan bola besar (sepak bola) Kelas 9
Satuan Pendidikan : SMP AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG
Guru Mapel : Andi Prayogo,S.Pd
NIK : 198411162015071345
Kelas :9
Tujuan Pembelajaran |
KD 3 |
KD 4 |
3.1. Memahami variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
4.1. Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
|
IPK 3 |
IPK 4 |
|
· Mengidentifikasikan, menguraikan, dan cara menerapkan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan sepak bola dengan benar. |
· Mendemontrasikan, melakukan, dan menerapkan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan sepak bola dengan benar. |
INDIKATOR MATERI |
§ Mengidentifikasikanberbagai variasi dankombinasi gerak dasarpermainan sepak bola. § Menganalisis variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan sepak bola § Menjelaskan variasi dan kombinasi gerak spesifikdalam berbagai permainan sepak bola § Menerapkan Variasi dan Kombinasi dalam Sepak Bola § Mempraktikkan variasidan kombinasigerakdasar permainan sepakbola. |
Tujuan Pembelajaran |
· Menjelaskan Variasi-Kombinasi Keterampilan dan Permainan Sepak bola · Mempraktekkan cara Mengoper dan Menembak Bola ke Gawang · Bermain Memanfaatkan Ruang Kosong dengan Cara Mengoper dan Menghentikan Bola · Mempraktekkan Sepak Bola Sentuh Pemain · Mempraktekkan Permainan Sepak Bola Bowling |
MATERI
Aktivitas Pembelajaran Gerak Variasi dan Kombinasi Permainan Sepak bola
Gerak
variasi dan kombinasi dalam permainan sepak bola merupakan gabungan
beberapa hal (gerak dasar) yang dilakukan dalam satu rangkaian gerak,
dengan tujuan agar peserta didik dapat menendang, menahan, menggiring,
dan menyundul bola.
Gerak variasi dan kombinasi dalam permainan sepak bola pada bagian ini antara lain sebagai berikut.
Aktivitas Pembelajaran Gerak Variasi dan Kombinasi Permainan Sepak bola
Gerak
variasi bermakna satu jenis gerakan dilakukan dengan berbagai cara,
misalnya gerak menendang bola menggunakan kaki bagian dalam, punggung
kaki, kaki bagian luar. Sedangkan gerak kombinasi bermakna menghubungkan
dua jenis keterampilan gerak, misalnya setelah melakukan gerak
memberhentikan bola dilanjutkan dengan gerak menendang. Gerak variasi
dan kombinasi dalam permainan sepak bola pada bagian ini antara lain
sebagai berikut.
Aktivitas Pembelajaran 1 (Variasi dan
Kombinasi Gerakan Menendang/Mengumpan Bola dengan Menggunakan Kaki
Bagian Dalam, Luar, dan Punggung Kaki dengan Arah Bola Datar dan
Melambung)
Untuk membelajarkan tentang variasi dan kombinasi
gerak spesifik permainan sepak bola dapat dilakukan dengan berbagai
cara, peserta didik bisa berlatih secara individual, berpasangan, atau
berkelompok.
Komponen keterampilan gerak menendang dapat diajarkan secara individual dengan cara sebagai berikut.
Berdiri menghadap ke dinding dengan jarak 1 meter.
Tendang bola menggunakan kaki bagian dalam dengan kekuatan sedang ke
dinding dan pantulannya peserta didik berhentikan dengan telapak kaki.
Setelah peserta didik terpantau ada peningkatan keterampilan menendang
bola menggunakan kaki bagian dalam, tugaskan pada mereka untuk mencoba
menggunakan punggung kaki atau kaki bagian luar.
Tugaskan
peserta didik untuk merasakan gerakan yang mereka lakukan, harapannya
agar mereka dapat menemukan cara yang tepat untuk menentukan teknik mana
yang akan dipilihnya untuk menendang dan memberhentikan bola
menggunakan berbagai bagian kaki.
Untuk variasi latihan, tugaskan peserta didik untuk mengubah jarak berdiri dari dinding.
Kesalahan
yang sering dilakukan pada saat latihan dengan pola ini adalah
pandangan peserta didik terlalu fokus pada bola, sehingga hal lain
kurang terperhatikan, misalnya titik perkenaan bola dengan kaki,
pergerakan bola jadi hal ini harus menjadi perhatian guru dalam
pembelajaran ini.
Cara lain untuk membelajarkan variasi dan kombinasi menendang dan memberhentikan bola dapat dilakukan
secara
berpasangan, seperti gambar berikut.
(a) Tugaskan peserta didik secara
berpasangan untuk berlatih menendang dan memberhentikan bola, tidak
masalah wanita dipasangkan dengan laki-laki.
Lakukan gerak
saling menendang dan memberhentikan bola secara berpasangan, misalnya
Andi menendang mengguna kan menggunakan kaki kanan bagian dalam dan
Budi memberhentikan menggunakan kaki kiri selanjutnya dilakukan secara
bergantian.
Setelah peserta didik menguasai gerakan menendang menggunakan kaki kanan, sekarang suruh mereka untuk menggunakan kaki kiri.
Setelah peserta didik agak mahir menggunakan kaki bagian dalam,
tugaskan peserta didik menggunakan bagian punggung kaki dan kaki bagian
luar dengan cara yang sama.
Aktivitas lain dapat juga
dilakukan dengan cara, misalnya si Andi melambungkan bola dan si Budi
menahan dan menendang kembali ke arah si Andi.
Pembelajaran ini dilakukan di tempat, dilanjutkan dengan bergerak maju-mundur, dan bergerak ke kanan dan kiri.
Gambar 1.1 Aktivitas pembelajaran 1 variasi dan kombinasi menendang dan menahan bola
Setelah
peserta didik mencoba keterampilan menendang dan memberhentikan bola
secara berpasangan, selanjutnya tugaskan pada mereka untuk mengganti
titik perkenaan bola dengan kaki, misalnya peserta didik menendang
menggunakan kaki bagian dalam pada titik bawah bola, dan mengamati
pergerakan bola, bagaimana jalannya bola, kecepatan bola bagaimana dan
lainnya, setelah itu coba tendang bola pada titik tengah bola bagaimana
pergerakan bola dan kecepatan bola, serta pada titik atas bagaimana
pergerakan bola. Jika ada peserta didik yang memiliki bakat dalam cabang
sepak bola ini maka guru sebaiknya merancang program ekstrakurikuler.
Aktivitas Pembelajaran 2 (Variasi dan Kombinasi Gerakan Menggiring
Bola dengan Menggunakan Kaki Bagian Dalam, Luar, dan Punggung Kaki)
Setelah
peserta didik mempelajari tentang variasi dan kombinsai menendang dan
memberhentikan bola menggunakan berbagai bagian kaki, sekarang tugaskan
mereka untuk mempelajari tentang variasi menggiring bola dengan
menggunakan kaki bagian dalam, luar, dan punggung kaki permainan sepak
bola sebagai berikut.
Tugaskan peserta didik secara berpasangan, masing-masing mendapatkan satu bola.
Satu orang berdiri di depan, berperan sebagai penentu arah dan pasangannya di belakangnya pada jarak 2 meter.
Penentu arah mulai menggiring bola menggunakan berbagai
bagian kaki dengan kaki kanan dan kaki kiri ke berbagai arah dan pasangannya mengikuti gerakan dengan arah yang sama.
Setelah beberapa saat lakukan pergantian posisi.
Setelah terpantau ada peningkatan keterampilan maka, peserta didik
diminta untuk menerapkan keterampilan yang sudah dipelajari dalam
permainan sepak bola dengan peraturan yang disederhanakan.
Gambar 1.2 Aktivitas pembelajaran 2 variasi dan kombinasi menggiring bola
Setelah
peserta didik mempelajari variasi menggiring bola menggunakan berbagai
bagian kaki menggunakan kaki kiri dan kanan, tugaskan mereka untuk
mendiskusikan keterampilan ini bersama teman-temannya, dan hasilnya
dapat peserta didik jadikan sebagai portofolio hasil belajar.
Aktivitas Pembelajaran 3 (Variasi dan Kombinasi Gerakan Menggiring, Menendang, dan Menghentikan Bola)
Jenis
latihan yang ketiga untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dalam
permainan sepak bola dan sekaligus meningkatkan kebugaran jasmaninya
adalah variasi dan kombinasi gerakan menggiring, menendang, dan
menghentikan bola sebagai berikut ini:
Tugas ini dilakukan secara berpasangan.
Setiap pasangan berdiri menghadap ke depan dalam satu barisan.
Tugas 1 peserta didik menggiring menggunakan kaki kiri dan kanan
secara bergantian menempuh jarak sekitar 7-10 meter, lalu bola ditahan
menggunakan telapak kaki, kemudian
Setelah badan menghadap teman, tendang bola ke arahnya dan ditahan dengan telapak kaki, kaki bagian dalam/luar atau punggung kaki.
Lakukan permainan secara bergantian
Komentar
Posting Komentar