Gerak mendribling Permaianan bola basket kelas 7
A. IDENTITAS |
Nama Penyusun | : | NamaGuru | Kelas / Semester | : | VII/Ganjil |
Satuan Pendidikan | : | SMP AL AZHAR 1 | Hari/ Tanggal | : | Kamis, 31 juli 2025 |
Mata Pelajaran | : | PJOK | Fase | : | D |
Elemen Mapel | : | Keterampilan Gerak, Pengetahuan Gerak, Pemanfaatan Gerak, Pengembangan Karakter, dan Nilai-nilai Gerak
|
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wa ssholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du. Nah sekarang simak materi berikut… Assalamu'alaikum Wr.Wb. الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du. Bagaimana kabarnya hari ini, jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa.. alhamdulillah.. Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiin Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran PJOK. Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin. Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi : |
Metode Pembelajaran
1) Pembelajaran interaktif (interactive teaching) 2) Pembelajaran sesama teman (peer teaching) 3) Pembelajaran kooperatif (cooperative learning) 4) Pembelajaran beregu (Team teaching) |
Media ajar
· Laapangan, sarana olah raga, Media LCD projector, Laptop, Bahan Tayang, Whiteboard, Spidol, Penggaris
Sumber Belajar
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru & buku siswa Mata Pelajaran PJOK kelas VII . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Internet Dll.
Capaian Pembelajaran :
Pada akhir fase D, peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan keterampilan gerak spesifik sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar, melakukan latihan aktivitas jasmani dan kebugaran untuk kesehatan sesuai dengan prinsip latihan, menunjukkan perilaku tanggung jawab personal dan sosial serta memonitornya secara mandiri, selain itu juga dapat mempertahankan nilai-nilai aktivitas jasmani.
Tujuan Pembelajaran :
• Peserta didik mampu memahami aktivitas gerak spesifik mendribel, dalam permainan bola basket sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki peserta didik.
Materi : Permainan bola basket (Bola Basket)
- Posisi Awal: Berdiri dengan salah satu kaki sedikit di depan, badan sedikit condong ke depan, dan lutut sedikit ditekuk.
- Pandangan: Jaga kepala tetap terangkat dan pandangan fokus ke lapangan, bukan pada bola.
- Gerakan Tangan: Gunakan jari-jari untuk mengontrol bola, bukan telapak tangan. Gerakan pergelangan tangan saat memantulkan bola ke lantai.
- Kontrol Bola: Jaga bola tetap dekat dengan tubuh dan jangan memantulkannya terlalu tinggi, idealnya sejajar dengan lutut.
- Perlindungan Bola: Gunakan tubuh dan tangan yang tidak memegang bola untuk melindungi bola dari pemain bertahan.
- Variasi Dribbling : Pelajari berbagai jenis dribbling seperti dribbling rendah, tinggi, dan crossover untuk menghadapi berbagai situasi dalam permainan.
- Latihan Teratur : Latihan dribbling secara rutin akan membantu meningkatkan kontrol dan kelincahan dalam menggiring bola
6. Pembelajaran dribling berbanjar ke arah cones
a. Guru membariskan peserta didik membentuk
barisan empat berbanjar (sesuai jumlah bola yang ada).
b. Guru memberi aba-aba dengan meniup peluit,
peserta didik pada barisan terdepan melakukan gerak dribling menuju
cones (corong) lalu kembali lagi.
c. Peserta didik yang telah selesai melakukan
gerakan dribling memberikan bola kepada temannya dan langsung berbaris
di barisan paling belakang.
d. Setelah seluruh peserta didik mencoba
melakukan gerak dribling, lanjutkan tanpa aba-aba dari guru.
e. Lakukan sesuai dengan pengulangan yang
disesuaikan, dan
f. Lakukan untuk materi dribling tinggi
dan dribling rendah.
7. Pembelajaran dribling zig-zag
a. Guru membariskan Peserta didik membentuk
barisan empat berbanjar (sesuai jumlah bola yang ada).
b. Guru memberi aba-aba dengan meniup peluit,
peserta didik pada barisan terdepan melakukan gerak dribling zig-zag diantara
cones (corong) lalu kembali lagi.
c. Peserta didik yang telah selesai melakukan
gerakan dribling zig-zag memberikan bola kepada temannya dan langsung berbaris
dibarisan paling belakang.
d. Setelah seluruh peserta didik mencoba
melakukan gerak dribling zig-zag, lanjutkan tanpa aba-aba dari guru.
e. Lakukan sesuai dengan pengulangan yang
disesuaikan.
Komentar
Posting Komentar