Permainan Bola Voli (Pasing atas & bawah) Kelas 8
IDENTITAS
Nama Penyusun | : | Andi Prayogo, S.Pd | Pertemuan | : | 1 (4 X Pertemuan ) |
Satuan Pendidikan | : | SMP AL AZHAR | Hari / Tanggal | : | Kamis / 21 Agustus 2025 |
Kelas / Semester | : | VIII/Ganjil | Fase | : | D |
Mata Pelajaran | : | PJOK | Elemen Mapel | : | Keterampilan&gerak |
Materi : Permainan Bola Voli
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wa ssholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du. Nah sekarang simak materi berikut… Assalamu'alaikum Wr.Wb. الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du. Bagaimana kabarnya hari ini, jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa.. alhamdulillah.. Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiin Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran PJOK. Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin. Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi : |
Metode Pembelajaran
1) Pembelajaran interaktif (interactive teaching) 2) Pembelajaran sesama teman (peer teaching) 3) Pembelajaran kooperatif (cooperative learning) 4) Pembelajaran beregu (Team teaching) |
Media ajar
· Lapangan, sarana olah raga bola voli, Media LCD projector, Laptop, Bahan Tayang, Whiteboard, Spidol,
Sumber Belajar
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru & buku siswa Mata Pelajaran PJOK kelas VIII . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Internet Dll.
Dimensi kelulusan
1. keimanan dan Ketakwaan ( √ ) 5. Kolaborasi ( …. )
2. Kewargaan ( …. ) 6. Memandirian ( √ )
3. Penalan Kritis ( …. ) 7. Kesehatan ( √ )
4. Kreativitas ( √ ) 8. Komunikasi ( √)
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Pada akhir fase D ini peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan berbagai aktivitas jasmani dan olahraga sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar, melakukan latihan aktivitas jasmani dan kebugaran untuk kesehatan sesuai dengan prinsip latihan, menunjukkan perilaku tanggung jawab personal dan sosial serta memonitornya secara mandiri, selain itu juga dapat menganalisis nilai-nilai aktivitas jasmani.
Tujuan pembelajaran
·
1. Pada akhir fase
ini peserta didik mampu mempraktikkan dan menganalisis aktivitas keterampilan
variasi gerak spesifik
dan fungsional permainan dan
olahraga (passing dan
servis permainan bola
voli) sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki. Secara rinci
tujuan pembelajaran ini dapat dijabarkan sebagai berikut:
·
2. Mempraktikkan aktivitas
keterampilan variasi gerak
spesifik dan fungsional
permainan dan olahraga (passing dan servis permainan bola voli) sesuai
potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik.
·
Aktivitas Pembelajaran
1
·
Aktivitas pembelajaran 1
: Gerakan passing
bawah dengan melambungkan bola
·
Cara melakukannya:
·
Passing bawah dengan
melambungkan bola dan membiarkan bola jatuh pada lengan yang dirapatkan dan
diluruskan.
·
Lakukan gerakan sambil
berjalan maju, mundur, dan menyamping.
·
Pembelajaran dilakukan
secara berulang-ulang selama 5 menit.
·
Aktivitas pembelajaran
2 : Gerakan passing bawah dari sikap duduk di bangku
·
Cara melakukannya:
·
Melakukan passing bawah
dari sikap duduk di bangku panjang dan bola dilambungkan teman, setelah bola
dilambung.
·
Bangun dari duduk
melakukan passing bawah.
·
Lalu kembali duduk,
dilakukan berpasangan dan bergantian.
·
Pembelajaran dilakukan
secara berulang-ulang selama 5 menit.
·
Aktivitas pembelajaran
3 : Gerakan passing bawah melalui atas net/ tali
·
Cara melakukannya:
·
Melakukan passing
bawah melalui atas
net/tali yang dipasang melintang secara berpasangan atau
formasi berbanjar ke belakang.
·
Bola dilambungkan
teman dilanjutkan dengan
passing langsung
(bola tanpa dilambungkan
teman), yang telah
melakukan gerak melambung pindah
tempat.
·
Pembelajaran dilakukan
secara berulang-ulang selama 5 menit.
·
Aktivitas Pembelajaran
2
·
Setelah peserta
didik melakukan aktivitas
pembelajaran variasi gerak spesifik passing
bawah permainan bola
voli, dilanjutkan dengan mempelajari aktivitas pembelajaran aktivitas
keterampilan variasi gerak spesifik passing atas permainan bola voli.
·
Bentuk-bentuk aktivitas
aktivitas keterampilan variasi
gerak spesifik
·
passing atas permainan bola voli, antara lain sebagai berikut:
·
Aktivitas pembelajaran 1 : Gerakan passing atas dengan melambungkan dan menangkap bola
·
Cara melakukannya:
·
Melambungkan dan
menangkap bola kembali dengan sikap jari-jari tangan membentuk sikap passing
atas.
·
Pembelajaran dilakukan
di tempat, sambil
berjalan (maju-mundur, dan
menyamping), dilakukan secara perorangan atau kelompok.
·
Pembelajaran dilakukan
secara berulang-ulang selama 5 menit.
·
Aktivitas pembelajaran
2 : passing atas dengan melambungkan dan menangkap bola
·
Cara melakukannya:
·
Melakukan passing atas
yang dilambungkan teman (berpasangan/ berkelompok) sambil berjalan maju dan
mundur.
·
Pembelajaran dilanjutkan dengan gerak menyamping, yang melambung dan passing bergantian.
·
Pembelajaran dilakukan
secara berulang-ulang selama 5 menit.
·
·
Aktivitas pembelajaran
3 : passing atas berpasangan dan berhadapan Cara melakukannya:
·
Melakukan passing atas
berpasangan dan berhadapan dengan dua kali sentuhan bola (bola dilambung
teman).
·
Dilakukan di tempat,
berjalan, dan menyamping.
·
Pembelajaran dilakukan
secara berulang-ulang selama 5 menit.
·
Aktivitas Pembelajaran
3
·
Setelah peserta
didik melakukan aktivitas
pembelajaran variasi gerak spesifik
passing atas permainan
bola voli, dilanjutkan
dengan mempelajari aktivitas pembelajaran aktivitas keterampilan variasi
gerak spesifik passing bawah dan passing atas permainan bola
voli.
bpk akhiri
Wasalamualaikum Wr,Wb
Komentar
Posting Komentar