Variasi gerak spesifik menggiring bola basket kelas 8
IDENTITAS
Nama Penyusun | : | Andi Prayogo, S.Pd | Pertemuan | : | 3 (4 X Pertemuan ) |
Satuan Pendidikan | : | SMP AL AZHAR | Hari / Tanggal | : | Selasa / 5 agustus 2025 |
Kelas / Semester | : | VIII/Ganjil | Fase | : | D |
Mata Pelajaran | : | PJOK | Elemen Mapel | : | Keterampilan |
Materi : Permainan Bola Basket
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wa ssholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du. Nah sekarang simak materi berikut… Assalamu'alaikum Wr.Wb. الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du. Bagaimana kabarnya hari ini, jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa.. alhamdulillah.. Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiin Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran PJOK. Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin. Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi : |
Metode Pembelajaran
1) Pembelajaran interaktif (interactive teaching) 2) Pembelajaran sesama teman (peer teaching) 3) Pembelajaran kooperatif (cooperative learning) 4) Pembelajaran beregu (Team teaching) |
Media ajar
· Laapangan, sarana olah raga, Media LCD projector, Laptop, Bahan Tayang, Whiteboard, Spidol, Penggaris
Sumber Belajar
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru & buku siswa Mata Pelajaran PJOK kelas VIII . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Internet Dll.
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Pada akhir fase D ini peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan berbagai aktivitas jasmani dan olahraga sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar, melakukan latihan aktivitas jasmani dan kebugaran untuk kesehatan sesuai dengan prinsip latihan, menunjukkan perilaku tanggung jawab personal dan sosial serta memonitornya secara mandiri, selain itu juga dapat menganalisis nilai-nilai aktivitas jasmani.
Tujuan Pembelajaran
· 1. Pada akhir fase ini peserta didik mampu mempraktikkan dan menganalisis aktivitas keterampilan variasi gerak spesifik dan fungsional permainan dan olahraga ( menggiring bola sambil berjalan,berlari, dan mengikuti teman dalam permainan bola basket) sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki. Secara rinci tujuan pembelajaran ini dapat dijabarkan sebagai berikut:
· 2. Mempraktikkan aktivitas keterampilan variasi gerak spesifik dan fungsional permainan dan olahraga ( menggiring bola sambil berjalan,berlari, dan mengikuti teman dalam permainan bola basket) sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik.
Marri kita simak Vidio pembelajaran dibawah ini:
Se
1 1 : Variasi gerak spesifik menggiring bola sambil berjalan
·
Cara melakukannya:
- Berdiri dengan sikap melangkah.
- Badan agak condong ke depan.
- Berat badan tertumpu pada kaki depan.
- Menggiring bola sambil berjalan, dilanjutkan dengan (menggunakan tangan kanan dan kiri).
- Pembelajaran dilakukan secara perorangan atau kelompok.
- Pembelajaran dilakukan sejauh 20 – 30 meter.
·
- Aktivitas pembelajaran 2
: Variasi gerak
spesifik menggiring bola sambil berjalan dan berlari
·
Cara melakukannya:
- Berdiri dengan sikap melangkah.
- Badan agak condong ke depan.
- Berat badan tertumpu pada kaki depan.
- Menggiring bola sambil berjalan,
dilanjutkan dengan (menggunakan
tangan kanan dan kiri).
- Pembelajaran dilakukan secara perorangan atau kelompok.
- Pembelajaran dilakukan sejauh 20 – 30 meter.
·
- Aktivitas pembelajaran 3
: Variasi gerak
spesifik menggiring bola mengikuti teman yang di depannya
·
Cara melakukannya:
- Berdiri dengan sikap melangkah.
- Badan agak condong ke depan.
- Berat badan tertumpu pada kaki depan.
- Menggiring bola basket mengikuti teman yang di depannya.
- Pembelajaran ini dilakukan berpasangan dalam bentuk kelompok.
- Selama melakukan gerakan
tidak boleh bersinggungan sesama teman.
- Pembelajaran dilakukan sejauh 20 – 30 meter.
·
·
Guru dapat
mengembangkan lagi bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran variasi aktivitas
keterampilan gerak spesifik mengoper, menangkap, dan menggiring bola permainan
bola basket, sesuai dengan kemampuannya.
- Guru memberikan umpan balik kepada peserta didik.
- Peserta didik diminta untuk
melakukan pengulangan pada
materi pembelajaran
yang belum tercapai
ketuntasannya sesuai umpan
balik yang diberikan.
·
Peserta didik mencoba
tugas gerak aktivitas keterampilan variasi gerak spesifik mengoper,
menangkap, dan menggiring
bola permainan bola basket ke dalam permainan yang
dimodifikasi dilandasi nilai-nilai karakter mandiri dan gotong royong.
·
Hasil belajar aktivitas
keterampilan variasi gerak spesifik dan fungsional permainan dan
olahraga (mengoper, menangkap,
dan menggiring bola permainan bola basket) peserta didik
dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran.
SeSetelah mempelajari materi diatas silakan kerjakan soal di bawah ini :
bpk akhiri
Wasalamualaikum Wr,Wb
1
Komentar
Posting Komentar