Variasi gerak spesifik mengoper dan menangkap bola formasi berbanjar (passing run) kelas 8
IDENTITAS
Nama Penyusun | : | Andi Prayogo, S.Pd | Pertemuan | : | 3 (4 X Pertemuan ) |
Satuan Pendidikan | : | SMP AL AZHAR | Hari / Tanggal | : | Selasa / 29 Juli 2025 |
Kelas / Semester | : | VIII/Ganjil | Fase | : | D |
Mata Pelajaran | : | PJOK | Elemen Mapel | : | Keterampilan |
Materi : Permainan Bola Basket
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wa ssholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du. Nah sekarang simak materi berikut… Assalamu'alaikum Wr.Wb. الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du. Bagaimana kabarnya hari ini, jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa.. alhamdulillah.. Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiin Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran PJOK. Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin. Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi : |
Metode Pembelajaran
1) Pembelajaran interaktif (interactive teaching) 2) Pembelajaran sesama teman (peer teaching) 3) Pembelajaran kooperatif (cooperative learning) 4) Pembelajaran beregu (Team teaching) |
Media ajar
· Laapangan, sarana olah raga, Media LCD projector, Laptop, Bahan Tayang, Whiteboard, Spidol, Penggaris
Sumber Belajar
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru & buku siswa Mata Pelajaran PJOK kelas VIII . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Internet Dll.
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Pada akhir fase D ini peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan berbagai aktivitas jasmani dan olahraga sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar, melakukan latihan aktivitas jasmani dan kebugaran untuk kesehatan sesuai dengan prinsip latihan, menunjukkan perilaku tanggung jawab personal dan sosial serta memonitornya secara mandiri, selain itu juga dapat menganalisis nilai-nilai aktivitas jasmani.
Tujuan Pembelajaran
· 1. Pada akhir fase ini peserta didik mampu mempraktikkan dan menganalisis aktivitas keterampilan variasi gerak spesifik dan fungsional permainan dan olahraga (mengoper, menangkap, menggiring, dan menembak bola permainan bola basket) sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki. Secara rinci tujuan pembelajaran ini dapat dijabarkan sebagai berikut:
· 2. Mempraktikkan aktivitas keterampilan variasi gerak spesifik dan fungsional permainan dan olahraga (mengoper, menangkap, menggiring, dan menembak bola permainan bola basket) sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik.
- Aktivitas pembelajaran 3 : Variasi gerak spesifik mengoper dan
· menangkap bola formasi berbanjar (passing run)
· Cara melakukannya:
- Berdiri tegak, berpasang-pasangan, dan saling berhadapan.
- Mengoper dan menangkap bola dalam formasi berbanjar (passing run) atau setelah melakukan bergerak lari pindah tempat.
- Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang selama 5 menit.
·
- Aktivitas pembelajaran 4 : Variasi gerak spesifik mengoper dan
· menangkap bola dari atas kepala tanpa pantulan
· Cara melakukannya:
- Dilakukan secara berpasangan atau kelompok saling berhadapan.
- Jika dilakukan secara berpasangan, dapat dilakukan di tempat, bergerak maju, mundur dan menyamping.
- Jika dilakukan dalam bentuk kelompok dan formasi berbanjar, maka yang telah melakukan gerakan berpindah tempat.
- Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang selama 5 menit.
·
- Aktivitas pembelajaran 5 : Variasi gerak spesifik mengoper dan
· menangkap bola dari atas kepala dengan pantulan
· Cara melakukannya:
- Dilakukan secara berpasangan atau kelompok saling berhadapan.
- Jika dilakukan secara berpasangan, dapat dilakukan di tempat, bergerak maju, mundur dan menyamping.
- Jika dilakukan dalam bentuk kelompok dan formasi berbanjar, maka yang telah melakukan gerakan berpindah tempat.
- Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang selama 5 menit.
Komentar
Posting Komentar