Soal latihan pengembangan pola hidup sehat kelas 8
Satuan Pendidikan : SMP AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG
Guru Mapel : Andi Prayogo,S.Pd
NIK : 198411162015071345
Kelas : 8
Pertemuan : 13
Hari tanggal : 16 Mei 2025
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wa ssholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.
Nah sekarang simak materi berikut…
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.
Bagaimana kabarnya hari ini, jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa..
alhamdulillah..
Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin
semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiin
Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran PJOK.
Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.
Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Pada akhir fase D ini peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan berbagai aktivitas jasmani dan olahraga sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar, melakukan latihan aktivitas jasmani dan kebugaran untuk kesehatan sesuai dengan prinsip latihan, menunjukkan perilaku tanggung jawab personal dan sosial serta memonitornya secara mandiri, selain itu juga dapat menganalisis nilai-nilai aktivitas jasmani.
A. TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN |
Alur Tujuan Pembelajaran : 1. Peserta didik mampu memahami konsep pola makan sehat, bergizi dan seimbang; 2. Peserta didik mampu menganalisis pola makan sehat, bergizi dan seimbang sesuai potensi dan kreativitas yang dimilikinya; 3. Peserta didik mampu menyusun menu makanan seimbang sesuai dengan potensi dan kreativitas yang dimilikinya; 4. Peserta didik mampu mempresentasikan hasil analisis tentang pola makan sehat, bergizi dan seimbang sesuai potensi dan kraetifitas yang dimilikinya; serta 5. Peserta didik mampu menunjukkan sikap berakhlak mulia, mandiri, kebinekaan global, gotong-royong, bernalar kritis, dan kreatif. |
STRATEGI UMUM PEMBELAJARAN
1) Pembelajaran interaktif (interactive teaching)
2) Pembelajaran berpangkalan/berpos (station teaching)
soal latihan
1. Apa yang dimaksud dengan pola
makan seimbang?
A) Mengonsumsi hanya satu jenis
makanan.
B) Menghindari semua jenis lemak.
C) Mengonsumsi berbagai jenis makanan dalam proporsi yang tepat,
D) Hanya makan saat lapar.
A) Daging dan produk olahannya.
B) Sayuran dan buah-buahan.
C) Gula dan permen.
D) Nasi, roti, dan pasta,
A) Gula tidak memiliki efek negatif
terhadap kesehatan.
B) Gula berlebihan dapat menyebabkan
masalah gigi.
C) Gula dapat meningkatkan risiko diabetes dan obesitas,
D) Gula berlebihan dapat meningkatkan
kekuatan otot.
A) Latihan angkat beban.
B) Olahraga yang melibatkan gerakan
cepat dan intensif.
C) Olahraga yang mengutamakan
fleksibilitas tubuh.
D) Latihan fisik yang melibatkan oksigen sebagai bahan bakar utama,
A) Setidaknya 15 menit.
B) Sekitar 1 jam total,
C) Tidak perlu berolahraga.
D) Lebih dari 10 jam.
A) Menurunkan denyut jantung secara
tiba-tiba.
B) Membantu mengurangi kelenturan
otot.
C) Meningkatkan risiko cedera.
D) Mempersiapkan tubuh untuk aktivitas fisik dengan meningkatkan sirkulasi darah dan suhu tubuh,
A) Air tidak berpengaruh pada
kesehatan.
B) Air membantu mengurangi fungsi
ginjal.
C) Air membantu menjaga suhu tubuh, mengeluarkan racun, dan menjaga fungsi organ,
D) Minum air berlebihan dapat
menyebabkan gangguan pencernaan.
A) Keadaan relaksasi dan ketenangan.
B) Respon tubuh terhadap tekanan fisik
ringan.
C) Respons mental dan fisik terhadap tekanan yang berlebihan,
D) Kondisi fisik yang menyebabkan
kelelahan.
A) Postur tubuh tidak berpengaruh pada
kesehatan.
B) Postur buruk hanya mempengaruhi
penampilan fisik.
C) Postur yang baik dapat mencegah masalah tulang belakang dan nyeri,
D) Postur tubuh tidak memiliki dampak
pada kenyamanan.
A) Kesiapan fisik untuk kegiatan
olahraga intensif.
B) Kemampuan otot untuk mengangkat
beban berat.
C) Kemampuan jantung dan paru-paru untuk menyediakan oksigen ke seluruh tubuh selama aktivitas fisik,
D) Kemampuan fleksibilitas otot.
A) Merokok dan alkohol tidak
berpengaruh pada kesehatan.
B) Merokok dan alkohol hanya
berpengaruh pada kesehatan mental.
C) Merokok dan alkohol dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit serius,
D) Merokok dan alkohol hanya
berpengaruh pada kebugaran fisik.
12. Apa yang dimaksud dengan kebugaran otot?
A) Kemampuan otot untuk bergerak
dengan cepat.
B) Ukuran otot yang besar.
C) Kemampuan otot untuk melakukan aktivitas berulang tanpa lelah,
D) Kemampuan otot untuk mengangkat
beban berat.
A) Waktu istirahat hanya menghambat
produktivitas.
B) Pekerjaan terus harus menjadi
prioritas utama.
C) Keseimbangan antara pekerjaan dan istirahat membantu mencegah kelelahan fisik dan mental,
D) Istirahat hanya diperlukan pada
akhir minggu.
A) Latihan kardio yang melibatkan
pernafasan dalam.
B) Olahraga yang melibatkan gerakan
perlahan dan stabil.
C) Latihan yang mengutamakan
pernafasan cepat.
D) Latihan fisik yang intensif dan singkat tanpa melibatkan oksigen sebagai bahan bakar utama,
A) Stres hanya memiliki dampak
emosional.
B) Stres dapat mempengaruhi kemampuan
fisik, tetapi tidak berpengaruh pada kesehatan mental.
C) Stres dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan fisik dan mental,
D) Stres hanya mempengaruhi
produktivitas.
A) Latihan yang melibatkan angkat
beban.
B) Latihan yang melibatkan gerakan
cepat.
C) Peregangan otot untuk meningkatkan fleksibilitas dan kelenturan,
D) Olahraga aerobik.
A) Kebersihan diri hanya berpengaruh
pada penampilan fisik.
B) Kebersihan diri tidak memiliki
dampak pada kesehatan.
C) Kebersihan diri dapat mencegah infeksi dan penyakit kulit,
D) Kebersihan diri hanya penting saat
berolahraga.
18. Apa yang dimaksud dengan asupan kalori?
A) Jumlah minuman yang dikonsumsi
setiap hari.
B) Jumlah makanan yang harus
dihindari.
C) Jumlah kalori yang dibakar saat
berolahraga.
D) Jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan minuman,
19. Mengapa penting untuk membatasi konsumsi makanan olahan?
A) Makanan olahan lebih enak dan lebih
bergizi.
B) Makanan olahan tidak memiliki
dampak pada kesehatan.
C) Makanan olahan sering mengandung garam, gula, dan lemak tambahan yang berlebihan,
D) Makanan olahan hanya berdampak pada
kesehatan mental.
A) Aktivitas fisik yang melibatkan
gerakan cepat.
B) Aktivitas fisik yang melibatkan
olahraga ekstrem.
C) Aktivitas fisik yang melibatkan
peregangan.
D) Aktivitas fisik yang melibatkan duduk atau berbaring dalam waktu lama,
Komentar
Posting Komentar