Soal latihan pengembangan pola hidup sehat kelas 8

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG

Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd

NIK                             : 198411162015071345

Kelas                            : 8

Pertemuan                    : 13

Hari tanggal                 :  16 Mei  2025

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wa        ssholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

Nah sekarang simak materi berikut…

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

Bagaimana kabarnya hari ini,  jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa..

alhamdulillah..

Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin   

semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiin

Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran PJOK.

Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.

Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi

CAPAIAN PEMBELAJARAN 

Pada akhir fase D ini peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan berbagai aktivitas jasmani dan olahraga sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar, melakukan latihan aktivitas jasmani dan kebugaran untuk kesehatan sesuai dengan prinsip latihan, menunjukkan perilaku tanggung jawab personal dan sosial serta memonitornya secara mandiri, selain itu juga dapat menganalisis nilai-nilai aktivitas jasmani.

A.  TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

Alur Tujuan Pembelajaran :

1.  Peserta didik mampu memahami konsep pola makan sehat, bergizi dan seimbang;

2.  Peserta didik mampu menganalisis pola makan sehat, bergizi dan seimbang sesuai potensi dan kreativitas yang dimilikinya;

3.  Peserta didik mampu menyusun menu makanan seimbang sesuai dengan potensi dan kreativitas yang dimilikinya;

4.  Peserta didik mampu mempresentasikan hasil analisis tentang pola makan sehat, bergizi dan seimbang sesuai potensi dan kraetifitas yang dimilikinya; serta

5.  Peserta didik mampu menunjukkan sikap berakhlak mulia, mandiri, kebinekaan global, gotong-royong, bernalar kritis, dan kreatif.

 STRATEGI UMUM PEMBELAJARAN

1) Pembelajaran interaktif (interactive teaching)

2) Pembelajaran berpangkalan/berpos (station teaching)


soal latihan

1. Apa yang dimaksud dengan pola makan seimbang?

A) Mengonsumsi hanya satu jenis makanan.

B) Menghindari semua jenis lemak.

C) Mengonsumsi berbagai jenis makanan dalam proporsi yang tepat,

D) Hanya makan saat lapar.

 2. Apa yang termasuk dalam kelompok makanan sumber karbohidrat?

A) Daging dan produk olahannya.

B) Sayuran dan buah-buahan.

C) Gula dan permen.

D) Nasi, roti, dan pasta,

 3. Mengapa penting untuk menghindari konsumsi gula berlebihan?

A) Gula tidak memiliki efek negatif terhadap kesehatan.

B) Gula berlebihan dapat menyebabkan masalah gigi.

C) Gula dapat meningkatkan risiko diabetes dan obesitas,

D) Gula berlebihan dapat meningkatkan kekuatan otot.

 4. Apa yang dimaksud dengan aktivitas aerobik?

A) Latihan angkat beban.

B) Olahraga yang melibatkan gerakan cepat dan intensif.

C) Olahraga yang mengutamakan fleksibilitas tubuh.

D) Latihan fisik yang melibatkan oksigen sebagai bahan bakar utama,

 5. Berapa lama waktu yang direkomendasikan untuk aktivitas fisik setiap minggunya?

A) Setidaknya 15 menit.

B) Sekitar 1 jam total,

C) Tidak perlu berolahraga.

D) Lebih dari 10 jam.

 6. Apa manfaat pemanasan sebelum berolahraga?

A) Menurunkan denyut jantung secara tiba-tiba.

B) Membantu mengurangi kelenturan otot.

C) Meningkatkan risiko cedera.

D) Mempersiapkan tubuh untuk aktivitas fisik dengan meningkatkan sirkulasi darah dan suhu tubuh,

 7. Mengapa penting untuk minum air secara cukup?

A) Air tidak berpengaruh pada kesehatan.

B) Air membantu mengurangi fungsi ginjal.

C) Air membantu menjaga suhu tubuh, mengeluarkan racun, dan menjaga fungsi organ,

D) Minum air berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

 8. Apa yang dimaksud dengan stres?

A) Keadaan relaksasi dan ketenangan.

B) Respon tubuh terhadap tekanan fisik ringan.

C) Respons mental dan fisik terhadap tekanan yang berlebihan,

D) Kondisi fisik yang menyebabkan kelelahan.

 9. Mengapa penting untuk menjaga postur tubuh yang baik?

A) Postur tubuh tidak berpengaruh pada kesehatan.

B) Postur buruk hanya mempengaruhi penampilan fisik.

C) Postur yang baik dapat mencegah masalah tulang belakang dan nyeri,

D) Postur tubuh tidak memiliki dampak pada kenyamanan.

 10. Apa yang dimaksud dengan kebugaran kardiovaskular?

A) Kesiapan fisik untuk kegiatan olahraga intensif.

B) Kemampuan otot untuk mengangkat beban berat.

C) Kemampuan jantung dan paru-paru untuk menyediakan oksigen ke seluruh tubuh selama aktivitas fisik,

D) Kemampuan fleksibilitas otot.

 11. Mengapa penting untuk menghindari merokok dan konsumsi alkohol?

A) Merokok dan alkohol tidak berpengaruh pada kesehatan.

B) Merokok dan alkohol hanya berpengaruh pada kesehatan mental.

C) Merokok dan alkohol dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit serius,

D) Merokok dan alkohol hanya berpengaruh pada kebugaran fisik.

12. Apa yang dimaksud dengan kebugaran otot?

A) Kemampuan otot untuk bergerak dengan cepat.

B) Ukuran otot yang besar.

C) Kemampuan otot untuk melakukan aktivitas berulang tanpa lelah,

D) Kemampuan otot untuk mengangkat beban berat.

 13. Mengapa penting untuk menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan waktu istirahat?

A) Waktu istirahat hanya menghambat produktivitas.

B) Pekerjaan terus harus menjadi prioritas utama.

C) Keseimbangan antara pekerjaan dan istirahat membantu mencegah kelelahan fisik dan mental,

D) Istirahat hanya diperlukan pada akhir minggu.

 14. Apa yang dimaksud dengan aktivitas anaerobik?

A) Latihan kardio yang melibatkan pernafasan dalam.

B) Olahraga yang melibatkan gerakan perlahan dan stabil.

C) Latihan yang mengutamakan pernafasan cepat.

D) Latihan fisik yang intensif dan singkat tanpa melibatkan oksigen sebagai bahan bakar utama,

 15. Mengapa penting untuk mengelola stres?

A) Stres hanya memiliki dampak emosional.

B) Stres dapat mempengaruhi kemampuan fisik, tetapi tidak berpengaruh pada kesehatan mental.

C) Stres dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan fisik dan mental,

D) Stres hanya mempengaruhi produktivitas.

 16. Apa yang dimaksud dengan stretching?

A) Latihan yang melibatkan angkat beban.

B) Latihan yang melibatkan gerakan cepat.

C) Peregangan otot untuk meningkatkan fleksibilitas dan kelenturan,

D) Olahraga aerobik.

 17. Mengapa penting untuk menjaga kebersihan diri?

A) Kebersihan diri hanya berpengaruh pada penampilan fisik.

B) Kebersihan diri tidak memiliki dampak pada kesehatan.

C) Kebersihan diri dapat mencegah infeksi dan penyakit kulit,

D) Kebersihan diri hanya penting saat berolahraga.

18. Apa yang dimaksud dengan asupan kalori?

A) Jumlah minuman yang dikonsumsi setiap hari.

B) Jumlah makanan yang harus dihindari.

C) Jumlah kalori yang dibakar saat berolahraga.

D) Jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan minuman,

19. Mengapa penting untuk membatasi konsumsi makanan olahan?

A) Makanan olahan lebih enak dan lebih bergizi.

B) Makanan olahan tidak memiliki dampak pada kesehatan.

C) Makanan olahan sering mengandung garam, gula, dan lemak tambahan yang berlebihan,

D) Makanan olahan hanya berdampak pada kesehatan mental.

 20. Apa yang dimaksud dengan aktivitas fisik sedentari?

A) Aktivitas fisik yang melibatkan gerakan cepat.

B) Aktivitas fisik yang melibatkan olahraga ekstrem.

C) Aktivitas fisik yang melibatkan peregangan.

D) Aktivitas fisik yang melibatkan duduk atau berbaring dalam waktu lama,

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN KELAS 7

Tugas latihan kelas 7

RANGKUMAN KELAS 8