soal latihan pola hidup sehat kelas 7
Satuan Pendidikan : SMP AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG
Guru Mapel : Andi Prayogo,S.Pd
NIK : 198411162015071345
Kelas : 7
Pertemuan : 14
Hari tanggal : jum'at 16 Mei 2025
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wa ssholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.
Nah sekarang simak materi berikut…
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.
Bagaimana kabarnya hari ini, jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa..
alhamdulillah..
Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin
semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiin
Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran PJOK.
Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.
Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi :
A. TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN |
Alur Tujuan Pembelajaran : 1. Peserta didik mampu memahami konsep pola makan sehat, bergizi dan seimbang; 2. Peserta didik mampu menganalisis pola makan sehat, bergizi dan seimbang sesuai potensi dan kreativitas yang dimilikinya; 3. Peserta didik mampu menyusun menu makanan seimbang sesuai dengan potensi dan kreativitas yang dimilikinya; 4. Peserta didik mampu mempresentasikan hasil analisis tentang pola makan sehat, bergizi dan seimbang sesuai potensi dan kraetifitas yang dimilikinya; serta 5. Peserta didik mampu menunjukkan sikap berakhlak mulia, mandiri, kebinekaan global, gotong-royong, bernalar kritis, dan kreatif. |
H. METODE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN |
|
Soal latihan
1. Makanan sehat sering disebut juga makanan
seimbang. Artinya adalah….
A. Makanan jika dimakan mengandung banyak
lemak dan akan menimbulkan rasa kenyang pada perut
B. Makanan yang sebelum dimakan ditimbang
terlebih dahulu untuk mengetahui berat makanan
C. Makanan sehari-hari yang mengandung semua
zat gizi yang diperlukan oleh tubuh yang sesuai dengan kebutuhan.
D. Makanan yang rasanya enak macam coto
makassar
2. Berikut ini yang tidak termasuk pengaruh
positif zat gizi pada fisik atau jasmani manusia adalah ….
A. Warna kulit segar dan normal
B. Gigi tumbuh sehat dan kuat
C. Pertumbuhan rambut yang cepat.
D. Otot-otot berkembang dengan baik
3. Olahraga adalah kegiatan yang mudah
dilakukan tetapi banyak yang
mengabaikannya, pada hal olahraga merupakan
sumber kesehatan bagi
seluruh tubuh. Olahraga yang teratur
memberikan banyak manfaat Terutama…
A. Memberikan Kesehatan.
B. Memberikan kebugaran
C. Meningkatkan aktivitas kerja
D. Meningkatkan aktivitas sehari hari
4. Kekurangan maupun kelebihan gizi dapat
berakibat kurang baik terhadap tubuh karena ….
A. Dapat mengganggu metabolisme dalam tubuh.
B. Akan mengakibatkan obesitas
C. Akan mengakibatkan badan kurus
D. Tidak akan mengakibatkan perubahan badan
5. Gaya hidup yang memperhatikan segala aspek
kondisi kesehatan. Mulai dari aspek makanan, minuman, nutrisi yang dikonsumsi
dan perilaku kita sehari-hari. Baik itu dalam sebuah rutinitas olahraga yang
tentu akan menjaga kondisi kesehatan dan juga akan menghindarkan dari segala
hal yang bisa jadi penyebab penyakit bagi tubuh kita merupakan bagian dari
A. Pola hidup sehat.
B. Pola olahraga rutin
C. Pola makan teratur
D. Pola istirahat cukup
6. Zat-zat yang terkandung dalam suatu jenis
makanan tertentu dinamakan ….
A. Protein
B. Vitamin
C. Nutrisi
D. Gizi.
7. Konsumsi makanan yang memenuhi standar
kesehatan adalah harus bisa memenuhi kebutuhan tubuh, untuk itu anda harus
mengetahui tentang
makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan
memperhatikan….
A. Gizi yang seimbang,
B. Pola makan.
C. Makanan sehat.
D. Makan teratur.
8. Konsumsi makanan yang memenuhi standar
kesehatan adalah harus bisa memenuhi kebutuhan tubuh, untuk itu anda harus
mengetahui tentang
makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan
memperhatikan…
A. Gizi yang seimbang
B. Pola makan
C. Makanan sehat
D. Makan teratur
9. Yang bukan merupakan bagian dati tatanan
Pola hidup sehat yaitu
A. Mengatur Pola Makan dengan Gizi Seimbang.
B. Mengupayakan Olahraga dan istirahat tidak teratur,
C. Mengupayakan lingkungan yang sehat.
D. Tidak mengkonsumsi rokok, alkohol dan NAPZA.
10. Yang bukan merupakan faktor kesehatan
bagi tubuh….
A. Nutrisi
B. Aktivitas
C. Olahraga
D. Bermain.
11. Tubuh manusia
dapat tumbuh karena adanya zat-zat yang berasal dari makanan. Oleh sebab itu,
untuk dapat melangsungkan hidupnya, manusia mutlak memerlukan makanan. Zat-zat
yang diperlukan oleh tubuh dan berasal dari makanan disebut . . .
a. zat-zat gizi
makanan,
b. zat-zat tenaga.
c. zat-zat
pembangun.
d. zat-zat
pengatur.
a. protein,
mineral, vitamin dan lemak.
b. protein,
mineral, vitamin dan air,
c. karbohidrat,
protein, mineral, dan vitamin.
d. karbohidrat,
protein, mineral, vitamin, dan air.
13. Apabila jaringan-jaringan tubuh telah terlalu jenuh akan zat-zat gizi, maka kelebihan zat-zat gizi tersebut tidak dapat lagi ditampung dan akan mengganggu proses-proses dalam tubuh. Dengan demikian, bahwa kekurangan maupun kelebihan zat gizi akan dapat menyebabkan kelainan-kelainan. Keadaan semacam ini disebut . . . .
a. kekurangan
gizi.
b. kelebihan gizi.
c. gizi salah,
d. gizi seimbang.
1) Pengurangan
cadangan
2)
Peubahan-perubahan biokimiawi
3)
Perubahan-perubahan fungsi
4)
Perubahan-perubahan anatonik
Berdasarkan
pernyataan-pernyataan di atas, permasalahan tersebut merupakan akibat . . . .
a. kekurangan
gizi.
b. kelebihan gizi.
c. kecukupan gizi.
d. gizi salah,
15. Di dalam menu atau susunan hidangan sehari-hari mengandung semua zat-zat gizi yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang memenuhi kebutuhan, dan tiap-tiap zat gizi dalam perbandingan yang sesuai atau seimbang satu dengan yang lainnya. Pernyataan ini disebut dengan istilah . . . .
a. makanan
seimbang,
b. makanan
bergizi.
c. makanan sehat.
d. 4 sehat 5
sempurna.
16. Hidup yang baik penuh disiplin dan makan teratur, merupakan dasar dari pola…
A. Hidup senang.
B. Hidup aman.
C. Hidup sejahtera.
D. Hidup sehat,
17. Sikap-sikap yang harus dihindari agar pola hidup sehat kita menjadi tercapai dan teratur, kecuali...
A. Putus asa.
B. Ragu-ragu.
C. Rasa malu.
D. Rendah hati,
A. 5 – 6 jam.
B. 6 – 8 jam,
C. 7 – 9 jam.
D. 8 – 10 jam.
19. Yang dimaksud makanan sehat adalah......
A. Sesuatu yang mengandung unsur zat
yang dibutuhkan tubuh dan tidak mengandung racun
B. Sesuatu yang tidak mengandung unsur
zat yang dibutuhkan tubuh dan tidak mengandung racun
C. Sesuatu yang tidak mengandung unsur
zat yang tidak dibutuhkan tubuh dan tidak mengandung racun
D. Sesuatu yang mengandung unsur zat
yang dibutuhkan tubuh dan mengandung racun
A. Kemajuan diri sendiri selaku
individu.
B. Kemajuan selaku anggota masyarakat.
C. Kemajuan materil,
D. Kemajuan lahir.
Komentar
Posting Komentar