Variasi gerak spesifik menembak bola sambil melompat menggunakan dua atau satu tangan.kelas 8
IDENTITAS
Nama Penyusun | : | Andi Prayogo, S.Pd | Pertemuan | : | 4 (4 X Pertemuan ) |
Satuan Pendidikan | : | SMP AL AZHAR | Hari / Tanggal | : | Selasa / 12 Agustus 2025 |
Kelas / Semester | : | VIII/Ganjil | Fase | : | D |
Mata Pelajaran | : | PJOK | Elemen Mapel | : | Keterampilan |
Materi : Permainan Bola Basket
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wa ssholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du. Nah sekarang simak materi berikut… Assalamu'alaikum Wr.Wb. الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du. Bagaimana kabarnya hari ini, jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa.. alhamdulillah.. Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiin Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran PJOK. Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin. Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi : |
Metode Pembelajaran
1) Pembelajaran interaktif (interactive teaching) 2) Pembelajaran sesama teman (peer teaching) 3) Pembelajaran kooperatif (cooperative learning) 4) Pembelajaran beregu (Team teaching) |
Media ajar
· Laapangan, sarana olah raga, Media LCD projector, Laptop, Bahan Tayang, Whiteboard, Spidol, Penggaris
Sumber Belajar
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru & buku siswa Mata Pelajaran PJOK kelas VIII . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Internet Dll.
Dimensi kelulusan
1. keimanan dan Ketakwaan ( √ ) 5. Kolaborasi ( …. )
2. Kewargaan ( …. ) 6. Memandirian ( √ )
3. Penalan Kritis ( …. ) 7. Kesehatan ( √ )
4. Kreativitas ( √ ) 8. Komunikasi ( √)
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Pada akhir fase D ini peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan berbagai aktivitas jasmani dan olahraga sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar, melakukan latihan aktivitas jasmani dan kebugaran untuk kesehatan sesuai dengan prinsip latihan, menunjukkan perilaku tanggung jawab personal dan sosial serta memonitornya secara mandiri, selain itu juga dapat menganalisis nilai-nilai aktivitas jasmani.
Tujuan Pembelajaran
· 1. Pada akhir fase ini peserta didik mampu mempraktikkan dan menganalisis aktivitas keterampilan variasi gerak spesifik dan fungsional permainan dan olahraga ( Variasi gerak spesifik menembak bola sambil melompat menggunakan dua atau satu tangan di tempat,melewati atas tali, dan lay-up shoot dalam permainan bola basket) sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki. Secara rinci tujuan pembelajaran ini dapat dijabarkan sebagai berikut:
· 2. Mempraktikkan aktivitas keterampilan variasi gerak spesifik dan fungsional permainan dan olahraga ( Variasi gerak spesifik menembak bola sambil melompat menggunakan dua atau satu tangan di tempat,melewati atas tali, dan lay-up shoot dalam permainan bola basket) sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik.
Marri kita simak Vidio pembelajaran dibawah ini:
Materi
·
Sama seperti pada
pertemuan pertama.
·
Sama seperti pada
pertemuan pertama.
·
Sama dengan pertemuan
pertama.
·
Langkah-langkah
kegiatan pengajaran antara lain sebagai berikut: ·
KEGIATAN PENDAHULUAN · Sama dengan pendahuluan pertemuan pertama. ·
KEGIATAN INTI · Sama dengan pendahuluan pertemuan pertama. · Bentuk-bentuk tugas ajar
aktivitas keterampilan variasi
gerak spesifik menembak bola
ke sasaran tertentu
permainan bola basket)
adalah sebagai berikut: · Aktivitas Pembelajaran 3 · Aktivitas pembelajaran 1
: Variasi gerak
spesifik menembak bola sambil melompat menggunakan dua atau
satu tangan di tempat ·
Cara melakukannya:
·
· Aktivitas pembelajaran 2
: Variasi gerak
spesifik menembak bola sambil melompat menggunakan dua atau
satu tangan, bola melewati atas tali ·
Cara melakukannya:
·
· Aktivitas pembelajaran 3
: Variasi gerak
spesifik menggiring dan · menembak, lay-up shoot bola melewati atas tali ·
Cara melakukannya:
·
·
Guru dapat
mengembangkan lagi bentuk-bentuk aktivitas keterampilan variasi gerak
spesifik dan fungsional permainan dan olahraga (menembak bola ke
sasaran tertentu permainan
bola basket), sesuai
dengan kemampuannya. · Sama dengan pertemuan pertama. · Kegiatan Alternatif · Kegiatan pembelajaran dilakukan
dengan demonstrasi dan
komando. Jika penugasan dengan
menggunakan lembar tugas
tidak berjalan dengan baik,
maka perlu didahului
dengan demonstrasi/menggunakan
lembar peraga/atau media lain yang sesuai. |
bpk akhiri
Wasalamualaikum Wr,Wb
Komentar
Posting Komentar