Variasi gerak spesifik menembak bola sambil melompat menggunakan dua atau satu tangan.kelas 8

  IDENTITAS

Nama Penyusun

:

Andi Prayogo, S.Pd

Pertemuan 

:

4 (4 X Pertemuan )

Satuan Pendidikan

:

SMP AL AZHAR

Hari / Tanggal

:

Selasa / 12 Agustus 2025

Kelas / Semester

:

VIII/Ganjil

Fase

:

D

Mata Pelajaran

:

PJOK

Elemen Mapel

:

Keterampilan 

            Materi                      :  Permainan Bola Basket

            Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wa        ssholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

Nah sekarang simak materi berikut…

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

Bagaimana kabarnya hari ini,  jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa..

alhamdulillah..

Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin   

semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiin

Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran PJOK.

Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.

Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi : 

      Metode Pembelajaran

1) Pembelajaran interaktif (interactive teaching)

2) Pembelajaran sesama teman (peer teaching)

3) Pembelajaran kooperatif (cooperative learning)

4) Pembelajaran beregu (Team teaching)


 Media ajar

·       Laapangan, sarana olah raga, Media LCD projector, Laptop, Bahan Tayang, Whiteboard, Spidol, Penggaris

Sumber Belajar

·       Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru & buku siswa Mata Pelajaran PJOK kelas VIII . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Internet Dll.

Dimensi kelulusan

1. keimanan dan Ketakwaan  ( √ )                                         5. Kolaborasi ( …. )

2. Kewargaan ( …. )                                                                    6. Memandirian ( √ )

3. Penalan Kritis ( …. )                                                              7. Kesehatan ( √ )

4. Kreativitas ( √ )                                                                      8. Komunikasi ( √)

CAPAIAN PEMBELAJARAN 

Pada akhir fase D ini peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan berbagai aktivitas jasmani dan olahraga sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar, melakukan latihan aktivitas jasmani dan kebugaran untuk kesehatan sesuai dengan prinsip latihan, menunjukkan perilaku tanggung jawab personal dan sosial serta memonitornya secara mandiri, selain itu juga dapat menganalisis nilai-nilai aktivitas jasmani.

Tujuan Pembelajaran

·      1.  Pada  akhir fase ini peserta didik mampu mempraktikkan dan menganalisis aktivitas  keterampilan  variasi  gerak  spesifik  dan  fungsional  permainan dan  olahraga  (  Variasi gerak spesifik menembak bola sambil melompat menggunakan dua atau satu tangan di tempat,melewati atas tali, dan  lay-up shoot dalam  permainan   bola   basket) sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki. Secara rinci tujuan pembelajaran ini dapat dijabarkan sebagai berikut:

·      2. Mempraktikkan   aktivitas   keterampilan   variasi   gerak   spesifik   dan fungsional permainan dan olahraga ( Variasi gerak spesifik menembak bola sambil melompat menggunakan dua atau satu tangan di tempat,melewati atas tali, dan  lay-up shoot  dalam  permainan   bola   basket)   sesuai   potensi   dan kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik.

Marri kita simak Vidio pembelajaran dibawah ini:

   
Materi
  • Aktivitas pembelajaran 1:

    Variasi gerak spesifik menembak bola sambil melompat menggunakan dua atau satu tangan di tempat.
  • Aktivitas pembelajaran 2: Variasi gerak spesifik menembak bola sambil melompat menggunakan dua atau satu tangan, bola melewati atas tali.
  • Aktivitas   pembelajaran   3:   Variasi   gerak   spesifik   menggiring   dan menembak, lay-up shoot bola melewati atas tali.
  • Aktivitas   pembelajaran   bermain   bola   basket   dengan   menggunakan peraturan yang dimodifikasi menggunakan setengah lapangan aktivitas keterampilan  variasi  gerak  spesifik  dan  fungsional  permainan  dan olahraga  (permainan  bola  basket:  mengoper,  menangkap,  menggiring, dan menembak bola ke sasaran tertentu) secara berkelompok.
  • Materi Pembelajaran Remedial

·       Sama seperti pada pertemuan pertama.

  • Materi Pembelajaran Pengayaan

·       Sama seperti pada pertemuan pertama.

  • Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran (Alternatifnya)
  • Persiapan mengajar

·       Sama dengan pertemuan pertama.

  • Kegiatan pengajaran

·       Langkah-langkah kegiatan pengajaran antara lain sebagai berikut:

 

·       KEGIATAN PENDAHULUAN

·       Sama dengan pendahuluan pertemuan pertama.

·       KEGIATAN INTI

·       Sama dengan pendahuluan pertemuan pertama.

·       Bentuk-bentuk  tugas  ajar  aktivitas  keterampilan  variasi  gerak  spesifik menembak  bola  ke  sasaran  tertentu  permainan  bola  basket)  adalah sebagai berikut:

·       Aktivitas Pembelajaran 3

·       Aktivitas  pembelajaran  1  :  Variasi  gerak  spesifik  menembak  bola sambil melompat menggunakan dua atau satu tangan di tempat

·       Cara melakukannya:

  • Pemain 1 melakukan tembakan sambil melompat ke pemain 2.
  • Pemain 2 menangkap bola, kembalikan bola pada pemain 1 dengan teknik menembak sambil melompat.
  • Lakukan  seterusnya,  bila  dilakukan  dalam  formasi  berbanjar,  yang telah melakukan gerakan menembak  pindah tempat.
  • Pembelajaran ini dilakukan berulang-ulang 10 – 15 tembakan.

·      

·       Aktivitas  pembelajaran  2  :  Variasi  gerak  spesifik  menembak  bola sambil melompat menggunakan dua atau satu tangan, bola melewati atas tali

·       Cara melakukannya:

  • Pemain 1 melakukan tembakan sambil melompat ke arah pemain 2 dengan bola melalui atas tali.
  • Pemain  2  menangkap  dan  mengembalikan  bola  pada  pemain  1 dengan teknik menembak sambil melompat.
  • Arah bola melengkung.
  • Lakukan  seterusnya,  bila  dilakukan  dalam  formasi  berbanjar,  yang telah melakukan gerakan menembak pindah tempat.
  • Pembelajaran ini dilakukan berulang-ulang 10 – 15 tembakan.

·      

·       Aktivitas  pembelajaran  3  :  Variasi  gerak  spesifik  menggiring  dan

·       menembak, lay-up shoot bola melewati atas tali

·       Cara melakukannya:

  • Pemain 1 melakukan teknik menggiring ke arah tali dan menembak dengan arah bola melewati atas tali, lalu lari ke barisan belakang.
  • Pemain 2 menangkap bola dan mengopernya pada pemain 3.
  • Pemain 3 melakukan seperti pemain 1.
  • Lakukan seterusnya dan yang menangkap bola bisa bergantian.
  • Gerak   spesifik   menembak   yang   dapat   digunakan   (menembak dengan dua atau satu tangan tanpa melompat  dilanjutkan dengan melompat).
  • Pembelajaran ini dilakukan berulang-ulang 15 – 20 tembakan

 

·      

·       Guru dapat mengembangkan lagi bentuk-bentuk aktivitas keterampilan variasi gerak spesifik dan fungsional permainan dan olahraga (menembak bola   ke   sasaran   tertentu   permainan   bola   basket),   sesuai   dengan kemampuannya.

 

·       Sama dengan pertemuan pertama.

·       Kegiatan Alternatif

·       Kegiatan  pembelajaran  dilakukan  dengan  demonstrasi  dan  komando. Jika  penugasan  dengan  menggunakan  lembar  tugas  tidak  berjalan dengan  baik,  maka  perlu  didahului  dengan  demonstrasi/menggunakan lembar peraga/atau media lain yang sesuai.

Demikian pertemuan kali ini,semoga bermanfaat,dan bisa di implementasikan dalam kehidupan sehari hari,,,aamiin

bpk akhiri 

Wasalamualaikum Wr,Wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN KELAS 7

Tugas latihan kelas 7

RANGKUMAN KELAS 8