teknik dasar lompat jauh kelas 8

 IDENTITAS

Nama Penyusun

:

Andi Prayogo, S.Pd

Pertemuan 

:

1 (3 X Pertemuan )

Satuan Pendidikan

:

SMP AL AZHAR

Hari / Tanggal

:

Selasa / 9 Sebtember 2025

Kelas / Semester

:

VIII/Ganjil

Fase

:

D

Mata Pelajaran

:

PJOK

Elemen Mapel

:

Keterampilan&gerak 

            Materi                      :  Permainan Bola Voli

            Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wa        ssholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

Nah sekarang simak materi berikut…

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

Bagaimana kabarnya hari ini,  jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa..

alhamdulillah..

Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin   

semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiin

Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran PJOK.

Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.

Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi : 

      Metode Pembelajaran

1) Pembelajaran interaktif (interactive teaching)

2) Pembelajaran sesama teman (peer teaching)

3) Pembelajaran kooperatif (cooperative learning)

4) Pembelajaran beregu (Team teaching)


 Media ajar

·       Lapangan, sarana olah raga bola voli, Media LCD projector, Laptop, Bahan Tayang, Whiteboard, Spidol, 

Sumber Belajar

·       Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru & buku siswa Mata Pelajaran PJOK kelas VIII . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Internet Dll.

Dimensi kelulusan

1. keimanan dan Ketakwaan  ( √ )                                         5. Kolaborasi ( …. )

2. Kewargaan ( …. )                                                                    6. Memandirian ( √ )

3. Penalan Kritis ( …. )                                                              7. Kesehatan ( √ )

4. Kreativitas ( √ )                                                                      8. Komunikasi ( √)

CAPAIAN PEMBELAJARAN 

Pada akhir fase D ini peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan berbagai aktivitas jasmani dan olahraga sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar, melakukan latihan aktivitas jasmani dan kebugaran untuk kesehatan sesuai dengan prinsip latihan, menunjukkan perilaku tanggung jawab personal dan sosial serta memonitornya secara mandiri, selain itu juga dapat menganalisis nilai-nilai aktivitas jasmani.

Tujuan pembelajaran

·  Pada akhir fase ini peserta didik mampu mempraktikkan dan menganalisis aktivitas  keterampilan  variasi  gerak  spesifik  dan  fungsional  permainan dan  olahraga  (awalan,  tolakan,  sikap  badan  di  udara,  dan  sikap  mendarat lompat jauh) sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki. Secara rinci tujuan pembelajaran ini dapat dijabarkan sebagai berikut:

Mempraktikkan   aktivitas   keterampilan   variasi   gerak   spesifik   dan fungsional  permainan  dan  olahraga  (lompat  jauh)  sesuai  potensi  dan kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik.


Materi teknik dasar lompat jauh 
terdiri dari awalan (berlari secepat mungkin), tolakan (menumpu dengan satu kaki di papan tumpuan), melayang di udara (menjaga keseimbangan dan mempersiapkan pendaratan), dan mendarat (mendarat dengan tumit menyentuh pasir terlebih dahulu untuk jarak maksimal)Tiga gaya yang populer digunakan saat melayang adalah gaya jongkok (tuck), gaya berjalan di udara (walking in the air), dan gaya menggantung (hang).  Berikut penjelasan lebih detailnya:

  1. 1. Awalan (Take-off)
    • TujuanMeningkatkan kecepatan horizontal untuk mencapai lompatan terjauh. 
    • PelaksanaanBerlari secepat mungkin di lintasan awalan, dengan menjaga kecepatan hingga mendekati papan tumpuan. Pada beberapa meter terakhir, tingkatkan kecepatan dan persiapkan diri untuk mengubah gerakan dari horizontal ke vertikal. 
  2. 2. Tolakan (Take-off)
    • TujuanMengubah kecepatan lari horizontal menjadi dorongan vertikal dan ke depan untuk melontarkan tubuh ke udara. 
    • Pelaksanaan:
      • Tumpukan tolakan dilakukan menggunakan satu kaki pada papan tumpuan yang telah ditentukan. 
      • Kaki tolak harus kuat, diluruskan, dan kaki yang lain diayunkan ke depan atas. 
      • Pusatkan energi pada kaki tolakan untuk mendapatkan daya angkat setinggi mungkin. 
      • Pastikan tidak ada bagian tubuh yang melewati garis tumpuan, karena ini dianggap foul. 
  3. 3. Melayang di Udara (Flight)
    • TujuanMengatur posisi tubuh untuk memaksimalkan jarak dan menjaga momentum agar tidak terjatuh ke belakang saat mendarat. 
    • Pelaksanaan:
      • Setelah lepas landas, ayunkan kedua lengan ke depan atas untuk menjaga keseimbangan. 
      • Usahakan melayang di udara selama mungkin dengan sikap tubuh seimbang. 
      • Ada beberapa gaya melayang yang bisa digunakan:
        • Gaya Jongkok (Tuck Style)Kaki ditekuk seperti posisi jongkok untuk mencapai jarak maksimal. 
        • Gaya Berjalan di Udara (Walking in the air)Mengayunkan kaki seperti gerakan berjalan untuk menambah jarak. 
        • Gaya Menggantung (Hang Style)Tubuh melengkung dengan pinggul di depan dan kaki menjuntai. 
  4. 4. Mendarat (Landing)
    • TujuanMenyentuh bak pasir dengan kedua kaki dan menjaga keseimbangan tubuh agar tidak jatuh ke belakang. 
    • Pelaksanaan:
      • Saat akan mendarat, acungkan kedua kaki ke depan sejauh mungkin, bersamaan dengan kedua lengan yang diluruskan ke depan. 
      • Usahakan tumit menyentuh bak pasir terlebih dahulu. 
      • Jika kaki menyentuh pasir, segera dudukkan tubuh ke bawah untuk memaksimalkan jarak. 

·       Materi Pokok Pembelajaran

·       Materi Pembelajaran Reguler

·       Aktivitas pembelajaran gerak spesifik lompat jauh

·       Aktivitas  pembelajaran  1:  Gerak  spesifik  awalan  atau  ancang-ancang

·       (Approach-Run).

·       Aktivitas pembelajaran 2: Gerak spesifik tumpuan/tolakan (Take-off).

·       Aktivitas pembelajaran 3: Gerak spesifik melayang di udara.

·       Aktivitas pembelajaran 4: Gerak spesifik mendarat di bak lompat.

·       Aktivitas pembelajaran variasi gerak spesifik lompat jauh

·       Aktivitas  pembelajaran  1:  Variasi  gerak  spesifik  lompat  jauh  dengan melompati seutas tali.

·       Aktivitas  pembelajaran  2:  Variasi  gerak  spesifik  lompat  jauh  dengan melompati tali.

·       Aktivitas  pembelajaran  3:  Variasi  gerak  spesifik  lompat  jauh  dengan awalan.

·       Materi Pembelajaran Remedial

·       Sama dengan prosedur remedial pada permainan bola basket.

·       Materi Pembelajaran Pengayaan

·       Sama dengan prosedur pengayaan pada permainan bola basket.

Demikian pertemuan kali ini,semoga bermanfaat,dan bisa di implementasikan dalam kehidupan sehari hari,,,aamiin


bpk akhiri 

Wasalamualaikum Wr,Wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN KELAS 7

Tugas latihan kelas 7

RANGKUMAN KELAS 8