Aktivitas Pembelajaran Bermain Bola Basket Menggunakan Peraturan Dimodifikasi

IDENTITAS 

Nama Penyusun

:

ANDI PRAYOGO

Kelas / Semester

:

IX/Ganjil

Satuan Pendidikan

:

SMP AL AZHAR 1

Hari / Tanggal   

Rabu, 17 Sebtember 2025

Mata Pelajaran

:

PJOK

Fase

:

D

Elemen Mapel

:

Keterampilan GerakPengetahuan GerakPemanfaatan GerakPengembangan KarakterNilai-nilai 

             Materi                      :  Permainan Bola Basket

            

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

Bagaimana kabarnya hari ini,  jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa..

alhamdulillah..

Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin   

semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiin

Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran PJOK.

Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.

Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi : 

      Metode Pembelajaran

1) Pembelajaran interaktif (interactive teaching)

2) Pembelajaran sesama teman (peer teaching)

3) Pembelajaran kooperatif (cooperative learning)

4) Pembelajaran beregu (Team teaching)

Media ajar

·       Laapangan, sarana olah raga, Media LCD projector, Laptop, Bahan Tayang, Whiteboard, Spidol, Penggaris

Sumber Belajar

·       Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru & buku siswa Mata Pelajaran PJOK kelas VII . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Internet Dll.

CAPAIAN PEMBELAJARAN 

Pada akhir fase D ini peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan berbagai aktivitas jasmani dan olahraga sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar, melakukan latihan aktivitas jasmani dan kebugaran untuk kesehatan sesuai dengan prinsip latihan, menunjukkan perilaku tanggung jawab personal dan sosial serta memonitornya secara mandiri, selain itu juga dapat menganalisis nilai-nilai aktivitas jasmani.




Tujuan Pembelajaran

Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerakdasar permainan bola basket..


  Materi Pembelajaran 

Materi Pembelajaran

Aktivitas Pembelajaran Bermain Bola Basket Menggunakan Peraturan Dimodifikasi


Pada pembelajaran sebelumnya peserta didik sudah mempelajari tentang berbagai variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola basket secara terpisah-pisah, untuk itu sekarang tugaskan peserta didik untuk menerapkan keterampilan yang sudah dipelajari tersebut ke dalam bentuk permainan bola basket dengan aturan yang dimodifikasi.

Pada dasarnya permainan ini dapat dilakukan di sembarang tempat, namun harus permukaannya keras dari semen, walaupun tidak ada ring basket, masih dapat berlatih bermain bola basket, seperti belajar lempar tangkap, menggiring, dan gerak lay-up shoot.


Aktivitas Pembelajaran 1 (Bermain Bola Basket di Halaman Sekolah)


Permainan jenis ini dapat dilakukan dengan teman-temanmu saat istirahat jam belajar di sekolah, permainan ini hanya menggunakan gerakan melempar tangkap, lay-up shoot, dan menembak sebagai berikut.

Permainan dilakukan di lapangan semen yang permukaannya rata.

Aktivitas pembelajaran permainan dilakukan oleh dua regu, yang masing-masing 4-8 pemain.

Lapangan dapat menggunakan lapangan bolabasket, voli, bulu tangkis, atau halaman sekolah.

Ringnya berupa sebuah lingkaran dengan diameter ½ meter pada masing-masing ujung lapangan/gawang yang dijadikan sasaran.

Setiap regu berusaha memasukkan pada gawang lawan, dengan teknik dasar lempar tangkap, menggiring, lay-up shoot, dan menembak.

Regu yang banyak memasukan bola ke gawang keluar sebagai pemenang.

Peraturan dapat ditambah sesuai dengan situasi dan kebutuhan (dapat dikompromikan antara guru dan peserta didik).

Aktivitas pembelajaran menanamkan nilai-nilai kerja sama, sportivitas, kedisiplinan, dan kejujuran.



Gambar 1.22 Aktivitas pembelajaran 1 bermain bolabasket menggunakan peraturan dimodifikasi


Aktivitas Pembelajaran 2 (Bermain Bolabasket Menggunakan Satu Lapangan dan dibagi Dua Bidang, yakni Bidang A Lapangan untuk Regu A dan Bidang B Lapangan untuk Regu B)


Sekarang coba/tugaskan peserta didik untuk menerapkan keterampilan yang telah dipelajari dalam permainan yang sudah mendekati permainan bola basket yang sebenarnya, cara pelaksanaannya sebagai berikut.

Permainan dilakukan di lapangan basket, satu lapangan dan dibagi dua bidang, yakni bidang A lapangan untuk Regu A dan bidang B lapangan untuk Regu B.

Aktivitas pembelajaran diawali dengan Regu A menempatkan pemainnya di lapangan B sebanyak 2 orang pemain, begitu juga Regu B menempatkan 2 pemain di lapangan A.

Para pemain boleh menggiring, melempar, dan menembak.

Saat menggiring bola, pemain yang berada pada lapangan A dan B tidak boleh melewati garis tengah.

Jadi yang berhak melakukan serangan pada lapangan lawan hanya 2 orang pemain.

Regu pemenang adalah regu yang dapat memasukkan bola ke ring basket lebih banyak.

Lama permainan 5 - 10 menit.

Aktivitas pembelajaran menanamkan nilai-nilai kerja sama, sportivitas, kedisiplinan, dan kejujuran.



Gambar 1.23 Aktivitas pembelajaran 2 bermain bolabasket menggunakan peraturan dimodifikasi



Demikian pertemuan kali ini,semoga bermanfaat,dan bisa di implementasikan dalam kehidupan sehari hari,,,aamiin

bpk akhiri 

Wasalamualaikum Wr,Wb


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN KELAS 7

Remedial dan Pengayaan kelas 9

Tugas latihan kelas 7