Aktifitas gerak pencak silat, kelas 8

  IDENTITAS

Nama Penyusun

:

Andi Prayogo, S.Pd

Pertemuan 

:

1(4 X Pertemuan )

Satuan Pendidikan

:

SMP AL AZHAR

Hari / Tanggal

:

Kamis /16 Oktober 2025

Kelas / Semester

:

VII/Ganjil

Fase

:

D

Mata Pelajaran

:

PJOK

Elemen Mapel

:

Keterampilan&gerak 

            Materi                      :  PENCAK SILAT

            Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

Bagaimana kabarnya hari ini,  jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa..

alhamdulillah..

Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin   

semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiin

Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran PJOK.

Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.

Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi : 

      Metode Pembelajaran

1) Pembelajaran interaktif (interactive teaching)

2) Pembelajaran sesama teman (peer teaching)

3) Pembelajaran kooperatif (cooperative learning)

4) Pembelajaran beregu (Team teaching)


 Media ajar

·       Lapangan, sarana olah raga , Media LCD projector, Laptop, Bahan Tayang, Whiteboard, Spidol, 

Sumber Belajar

·       Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru & buku siswa Mata Pelajaran PJOK kelas VIII . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Internet Dll.

Dimensi kelulusan

1. keimanan dan Ketakwaan  ( √ )                                         5. Kolaborasi ( …. )

2. Kewargaan ( …. )                                                                    6. Memandirian ( √ )

3. Penalan Kritis ( …. )                                                              7. Kesehatan ( √ )

4. Kreativitas ( √ )                                                                      8. Komunikasi ( √)

CAPAIAN PEMBELAJARAN 

Pada akhir fase D ini peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan berbagai aktivitas jasmani dan olahraga sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar, melakukan latihan aktivitas jasmani dan kebugaran untuk kesehatan sesuai dengan prinsip latihan, menunjukkan perilaku tanggung jawab personal dan sosial serta memonitornya secara mandiri, selain itu juga dapat menganalisis nilai-nilai aktivitas jasmani.

Tujuan pembelajaran

1.  Pada akhir fase ini peserta didik mampu mempraktikkan dan menganalisis aktivitas keterampilan variasi gerak spesifik dan fungsional permainan dan olahraga (kuda-kuda, pola langkah, pukulan, tendangan, tangkisan, dan elakan beladiri pencak silat) sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki. 

MATERI

 Aktivitas Pembelajaran 1

 (1) Aktivitas pembelajaran 1 : Gerak spesifik kuda-kuda depan.

 Cara melakukannya:

 (a)  Kuda-kuda depan dari sikap tegak/sikap awal.

 (b)  Kedua lengan di samping pinggang.

 (c)  Kaki kiri ditarik ke belakang lurus.

 (d)  Lutut kaki depan tertekuk.

 (e)  Badan tegak.

 (f)  

Pandangan ke depan.

 (g)  Kedua lengan di samping pinggang.

 (h) Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang sampai dapat 

merasakan gerakan mana yang mudah dilakukan 



Gambar 5.1 Aktivitas pembelajaran gerak spesifik kuda-kuda depan

 

(1)   Aktivitas pembelajaran 2 : Gerak spesifik kuda-kuda belakang.

Cara melakukannya:

(a)   Kuda-kuda belakang dari sikap tegak/sikap awal.

(b)   Kedua lengan di samping pinggang.

(c)    Kaki kiri ditarik ke belakang dengan lutut direndahkan dan lutut kaki depan lurus.

(d)   Badan tegak dan pandangan ke depan.

(e)    Kedua lengan di samping pinggang.

(f)     Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang sampai dapat merasakan gerakan mana yang mudah dilakukan.




Gambar 5.2 Aktivitas pembelajaran gerak Gerak spesifik kuda-kuda belakang

(3) Aktivitas pembelajaran 3 : Gerak spesifik kuda-kuda samping.

Cara melakukannya:

(a) Kuda-kuda samping dari sikap tegak/sikap awal.

(b) Kedua lengan di samping pinggang.

(c) Kaki kiri ditarik ke samping dengan lutut tertekuk dan lutut kaki kanan lurus.

(d) Badan tegak dan pandangan ke depan.

(e) Kedua lengan di samping pinggang.

(f) Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang sampai dapat merasakan gerakan mana yang mudah dilakukan.



Gambar 5.3 Aktivitas pembelajaran gerak spesifik kuda-kuda samping


keterampilan gerak spesifik kuda-kuda beladiri pencak silat, dilanjutkan dengan mempelajari aktivitas pembelajaran variasi aktivitas keterampilan gerak spesifik pola langkah beladiri pencak silat.

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran variasi aktivitas keterampilan gerak

spesifik pola langkah beladiri pencak silat, antara lain sebagai berikut:

(1)   Aktivitas pembelajaran 4 : Gerak spesifik pola langkah 1

Cara melakukannya:

(a)   Langkah segaris, dari sikap tegak/sikap awal.

(b)   Kedua lengan di samping pinggang.

(c)    Tarik kaki kiri ke belakang segaris dengan kaki depan.

(d)   Tumpuan pada kaki depan.

(e)    Pandangan ke depan dan kedua lengan di samping pinggang.

(f)     Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang sampai dapat merasakan gerakan mana yang mudah dilakukan.

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 5.4 Aktivitas pembelajaran gerak spesifik pola langkah1

 

(2)   Aktivitas pembelajaran 2 : Gerak spesifik pola langkah 2

Cara melakukannya:

(a)   Langkah tegak lurus, dari sikap tegak/sikap awal.

(b)   Kedua lengan di samping pinggang.

(c)    Tarik kaki kiri ke samping dan tumpuan pada kedua kaki pandangan ke depan.

(d)   Kedua lengan sikap pasang/waspada.

Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang sampai dapat merasakan gerakan mana yang mudah dilakukan.


Gambar 5.5 Aktivitas pembelajaran gerak spesifik pola langkah 2

(3) Aktivitas pembelajaran 3 : Gerak spesifik pola langkah 3
Cara melakukannya:
(a) Langkah serong, dari sikap tegak/sikap awal.
(b) Kedua lengan di samping pinggang.
(c) Tarik kaki kiri ke samping dan tumpuan pada kaki kiri pandangan ke depan.
(d) Kedua lengan sikap pasang/waspada.
(e) Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang sampai dapat merasakan gerakan mana yang mudah dilakukan.



Gambar 5.6 Aktivitas pembelajaran gerak spesifik pola langkah 3

(1)   Aktivitas pembelajaran 4 : Gerak spesifik pola langkah 4

Cara melakukannya:

(a)   Lakukan sikap tegak/sikap awal.

(b)   Lakukan langkah tegak lurus dan kedua kaki membentuk kuda-kuda (kedua lutut kaki direndahkan), kembali pada sikap awal.

(c)    Lakukan langkah segaris dan kaki belakng membentuk kuda-kuda (lutut kaki belakng direndahkan), kembali pada sikap awal.

(d)   Lakukan langkah serong dan kaki depan membentuk kuda-kuda (lutut kaki depan direndahkan), kembali pada sikap awal.

(e)    Lakukan gerakkan ini tidak terputus-putus.

(f)     Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang sampai dapat merasakan gerakan mana yang mudah dilakukan.

 

 


 

Gambar 5.7 Aktivitas pembelajaran gerak spesifik pola langkah 4

 

Guru dapat mengembangkan lagi bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran variasi aktivitas keterampilan gerak spesifik kuda-kuda dan pola langkah beladiri pencak silat, sesuai dengan kemampuannya.

a)     Peserta didik berbagi tugas siapa yang pertama kali menjadi “pelaku” dan siapa yang menjadi “pengamat”. Pelaku melakukan tugas gerak satu persatu dan pengamat mengamati, serta memberikan masukan jika terjadi kesalahan (tidak sesuai dengan lembar kerja).

b)     Peserta didik berganti peran setelah mendapatkan aba-aba dari guru.

a)     Peserta didik mencoba tugas variasi aktivitas keterampilan gerak spesifik kuda-kuda dan pola langkah beladiri pencak silat ke dalam rangkaian gerak yang sederhana.

b)     Hasil belajar peserta didik dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN KELAS 7

Remedial dan Pengayaan kelas 9

Tugas latihan kelas 7