aktivitas bela diri ( Penca silat )kelas 9

 IDENTITAS

Nama Penyusun

:

Andi Prayogo, S.Pd

Pertemuan 

:

1(4 X Pertemuan )

Satuan Pendidikan

:

SMP AL AZHAR

Hari / Tanggal

:

Selasa/ 14 Oktober 2025

Kelas / Semester

:

VII/Ganjil

Fase

:

D

Mata Pelajaran

:

PJOK

Elemen Mapel

:

Keterampilan&gerak 

            Materi                      :  PENCAK SILAT

            Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

Bagaimana kabarnya hari ini,  jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa..

alhamdulillah..

Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin   

semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiin

Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran PJOK.

Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.

Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi : 

      Metode Pembelajaran

1) Pembelajaran interaktif (interactive teaching)

2) Pembelajaran sesama teman (peer teaching)

3) Pembelajaran kooperatif (cooperative learning)

4) Pembelajaran beregu (Team teaching)


 Media ajar

·       Lapangan, sarana olah raga , Media LCD projector, Laptop, Bahan Tayang, Whiteboard, Spidol, 

Sumber Belajar

·       Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru & buku siswa Mata Pelajaran PJOK kelas VIII . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Internet Dll.

Dimensi kelulusan

1. keimanan dan Ketakwaan  ( √ )                                         5. Kolaborasi ( …. )

2. Kewargaan ( …. )                                                                    6. Memandirian ( √ )

3. Penalan Kritis ( …. )                                                              7. Kesehatan ( √ )

4. Kreativitas ( √ )                                                                      8. Komunikasi ( √)

CAPAIAN PEMBELAJARAN 

Pada akhir fase D ini peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan berbagai aktivitas jasmani dan olahraga sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar, melakukan latihan aktivitas jasmani dan kebugaran untuk kesehatan sesuai dengan prinsip latihan, menunjukkan perilaku tanggung jawab personal dan sosial serta memonitornya secara mandiri, selain itu juga dapat menganalisis nilai-nilai aktivitas jasmani.

Tujuan pembelajaran

Menjelaskan cara melakukan berbagai variasi dan kombinasi gerak dasar dalam pencak silat.

Melakukan berbagai variasi dan kombinasi gerak dasar dalam pencak silat. 

MATERI

MATERI PELAJARAN

Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik Pencak Silat

Orang yang hidup di dekat hutan-hutan mempunyai cara membela diri yang khusus untuk menghadapi binatang-binatang buas. Mereka

menciptakan bela diri dengan menirukan gerakan binatang yang ada di alam sekitarnya, seperti: gerakan kera, harimau, ular, burung garuda dan sebagainya. Begitu juga orang-orang yang tinggal di daerah pegunungan dan daerah pesisir mempunyai pembelaan diri yang sesuai dengan kondisi lingkungannya.

Cara-cara pembelaan diri terus berkembang dengan ciri-ciri khusus dengan mengolah ketrampilan menggunakan senjata seperti: tombak, keris, golok dan senjata-senjata tajam lainnya. Melalui para pendekar, yaitu orang-orang yang menguasai ilmu pembelaan diri, pembelaan diri bangsa Indonesia terus berkembang. Kemudian terciptalah aliran-aliran bela diri yang masing-masing mempunyai ciri-ciri khas.

Denganadanyahubunganantarpenduduk,terjalinpulalahpengetahuan pembelaan diri sehingga ilmu bela diri yang ada bertambah maju, yang kemudian menjadi kekuatan utama bagi berkembangnya kerajaan-kerajaan di Indonesia. Karena cipta budaya yang tinggi yang dimiliki oleh nenek moyang kita, maka bela diri yang berkembang pada saat itu mempunyai unsur kesenian serta pengolahan jiwa dan kerohanian.

Untuk menjadi peserta didik berprestasi tinggi tidaklah mudah. Kita harus belajar keras dan disiplin dengan bimbingan seorang guru atau pelatih yang dilakukan secara perorangan dan berkelanjutan. Selain itu, peserta didik harus didasari mental yang baik, disiplin, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki kepribadian, pola hidup teratur, dan sifat pembela dalam kebenaran. Selain itu, peserta didik harus mempelajari teknik dasar dan teknik pencak silat secara tekun sehingga dapat menerapkan sebagaimana mestinya.

Dalam bab ini, kita akan mempelajari variasi dan kombinasi gerak dasar pencak silat. Penyajian materi dipaparkan secara lengkap, baik gambar maupun penjelasannya. Diharapkan para peserta didik dapat lebih mudah memahami variasi dan kombinasi gerak dasar pencak silat.

b. Aktivitas Pembelajaran Gerak Variasi dan Kombinasi Gerak Pencak Silat

Gerak dasar pencak silat adalah suatu gerak terencana, terarah, terkoordinasi, dan terkendali yang mempunyai empat aspek sebagai satu kesatuan, yaitu aspek mental spiritual, aspek bela diri, aspek olahraga, dan aspek seni budaya. Dengan demikian, pencak silat merupakan cabang olahraga yang cukup lengkap untuk dipelajari

karena memiliki empat aspek yang merupakan satu kesatuan utuh dan tidak dapat dipisah-pisahkan.

Bentuk pembelajaran variasi dan kombinasi gerak dasar pencak silat antara lain sebagai berikut.

Aktivitas Pembelajaran Variasi dan Kombinasi Rangkaian Tunggal

Aktivitas pembelajaran ke-1 yang akan dipelajari adalah variasi dan kombinasi gerak rangkaian tunggal seni bela diri pencak silat, cara melakukannya sebagai berikut.

Aktivitas Pembelajaran Jurus Pertama

Pada Gambar 4.1, gambar ini memuat tentang jurus pertama yang akan dipelajari dalam bela diri pencak silat, cara melakukan gerakan aktivitas pembelajaran jurus pertama rangkaian tunggal dalam pencak silat sebagai berikut.

Lakukan posisi awal, yaitu berdiri tegak, kedua tangan mengepal di depan dada.

Tekuk kedua lutut ke samping bersamaan kedua lengan mengepal di pukulan ke depan.

Langkahkan kaki kanan ke samping kanan bersamaan memukulkan siku tangn kana ke kanan. Lakukan pula ke kiri dengan gerakan yang sama.

Kembali ke sikap awal.



Gambar 4.1 Aktivitas pembelajaran jurus 1rangkaian perorangan

Untuk memudahkan melakukan latihan ini, tugaskan peserta didik untuk berlatih di rumah di depan kaca, sehingga gerakan yang dilakukan dapat diamati secara langsung. Sebaiknya untuk latihan ini dilakukan secara berpasangan, satu orang mengamati dan satu orang yang melakukan, dan apabila ada kekurang, tepatan langsung dibetulkan.

Aktivitas Pembelajaran Jurus Kedua

Setelah jurus pertama dipelajari secara berulang-ulang dan terpantau sudah ada kemajuan, sekarang coba dilakukan jurus ke-2 yaitu jurus kedua rangkaian tunggal dalam pencak silat, untuk lebih jelas bentuk gerakannya dapat dicermati Gambar 4.2, pelaksanaannya sebagai sebagai berikut.

Posisi awal berdiri tegak kedua lutut agak ditekuk, dan kedua tangan mengepal di samping badan

Hitungan 1, kaki kanan melangkah ke samping kanan bersamaan kedua tangan dipukulkan ke depan lurus

Hitungan 2, tarik kedua lengan bersamaan seperti sikap awal sambi menarik kaki kanan seperti sikap awal

Hitungan 3, kaki kiri melangkah ke samping kiri bersamaan kedua tangan dipukulkan ke depan lurus

Hitungan 4, tarik kedua lengan bersamaan seperti sikap awal sambil menarik kaki kiri seperti sikap awal

Lakukan gerak ini berulang kali.



Gambar 4.2 Aktivitas pembelajaran jurus 2 rangkaian perorangan

Aktivitas Pembelajaran Jurus Ketiga

Setelah jurus kedua dipelajari secara berulang-ulang dan terpantau sudah ada kemajuan, sekarang tugaskan peserta didik untuk lakukan jurus ke-3 yaitu jurus rangkaian tunggal dalam pencak silat, untuk lebih jelas bentuk gerakannya dapat dicermati Gambar 4.3, pelaksanaannya sebagai sebagai berikut.

Posisi awal berdiri dengan kedua kaki dirapatkan dan lutut agak ditekuk kedua tangan siaga di depan dada

Hitungan 1: langkahkan kaki kanan ke samping kanan bersamaan lutut agak direndahkan dan tangan kiri memukul lurus ke depan.

Hitungan 2: langkahkan kaki kiri ke samping kiri bersamaan lutut agak direndahkan dan tangan kanan memukul lurus ke depan.

Lakukan gerak tersebut sampai ada kemajuan



Gambar 4.3 Aktivitas pembelajaran jurus 3 rangkaian perorangan

Untuk lebih meningkatnya keterampilanmu, coba lakukan keterampilan memukul lurus ke depan bersama temanmu, temanmu yang mengamti gerakannya, hasil pengamatannya dikomunikasikan denganmu apa sudah kelihatan bagus gerakannya atau belum, jika belum bagus langsung diperbaiki berdasarkan saran dari terman. Tugaskan peserta didik berlatih secara berpasangan, satu sebagai pelaksana gerak dan satu orang sebagai pengamat, dan saling memberikan masukan selama latihan.

Aktivitas Pembelajaran Jurus Keempat

Setelah jurus ketiga dipelajari secara berulang-ulang dan terpantau sudah ada kemajuan, sekarang tugaskan peserta didik untuk lakukan jurus ke-4 yaitu jurus rangkaian tunggal dalam pencak silat, untuk lebih jelas bentuk gerakannya dapat dicermati Gambar 4.4, pelaksanaannya sebagai sebagai berikut.

Posisi awal berdiri dengan kedua kaki dirapatkan dan lutut agak ditekuk kedua tangan siaga di depan dada

Hitungan 1: langkahkan kaki kiri ke samping kiri bersamaan menyabetkan tangan kiri

Hitungan 2: sabetkan siku tangan kanan depan sebagai tangkisan sambil memutar posisi tubuh ke kiri

Hitungan 3: langkahkan kaki kanan ke samping kanan bersamaan menyabetkan tangan kanan

Hitungan 4: sabetkan siku tangan kiri depan sebagai tangkisan sambil memutar posisi tubuh ke kanan

Posisi akhir kembali pada sikap awal.



Gambar 4.4 Aktivitas pembelajaran jurus 4 rangkaian perorangan

Untuk lebih meningkatnya keterampilan peserta didik, tugas pada mereka untuk melakukan latihan secara berpasangan. Satu orang sebagai pelaksana gerak dan satu orang sebagai pengamat, dan saling memberikan saran perbaikan.

Sebagai refrensi silakan simak vidio pembelajaran di bawah ini:


https://www.youtube.com/watch?v=lg9HMho7CD8     Vidio pencak silat


Setelah menyimak vidio pembelajaran dan materi di atas selakan kerjakan latihan di bawah ini:


1. Sebutkan beberapa teknik dasar pencak silat!


2. Jelaskan yang dimaksut dengan serangan pukulan dan tendangan!




Demikian pertemuan kali ini,semoga bermanfaat,dan bisa di implementasikan dalam kehidupan sehari hari,,,aamiin.


bpk akhiri 


Wasalamualaikum Wr,Wb



Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN KELAS 7

Remedial dan Pengayaan kelas 9

Tugas latihan kelas 7