Lari jarak pendek Sprint Kelas 8
IDENTITAS
Nama Penyusun | : | Andi Prayogo, S.Pd | Pertemuan | : | 1 (1 X Pertemuan ) |
Satuan Pendidikan | : | SMP AL AZHAR | Hari / Tanggal | : | Selasa, 11 November 2025 |
Kelas / Semester | : | VIII/Ganjil | Fase | : | D |
Mata Pelajaran | : | PJOK | Elemen Mapel | : | Keterampilan&gerak |
Materi : Lari Jarak Pendek (Sprint)
Assalamu'alaikum Wr.Wb. الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du. Bagaimana kabarnya hari ini, jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa.. alhamdulillah.. Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiin Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran PJOK. Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin. Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi : Lari Jarak Pendek |
Metode Pembelajaran
1) Pembelajaran interaktif (interactive teaching) 2) Pembelajaran sesama teman (peer teaching) 3) Pembelajaran kooperatif (cooperative learning) 4) Pembelajaran mandiri. |
Media ajar
· Lapangan, sarana olah raga matras, Media LCD projector, Laptop, Bahan Tayang, Whiteboard, Spidol,
Sumber Belajar
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru & buku siswa Mata Pelajaran PJOK kelas VIII . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Internet Dll.
Dimensi kelulusan
1. keimanan dan Ketakwaan ( √ ) 5. Kolaborasi ( …. )
2. Kewargaan ( √ ) 6. Memandirian ( √ )
3. Penalan Kritis ( …. ) 7. Kesehatan ( √ )
4. Kreativitas ( √ ) 8. Komunikasi ( √)
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Pada akhir fase D ini peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan berbagai aktivitas jasmani dan olahraga sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar, melakukan latihan aktivitas jasmani dan kebugaran untuk kesehatan sesuai dengan prinsip latihan, menunjukkan perilaku tanggung jawab personal dan sosial serta memonitornya secara mandiri, selain itu juga dapat menganalisis nilai-nilai aktivitas jasmani.
Tujuan pembelajaran
· • • Pada akhir fase ini peserta didik mampu mempraktikkan dan menganalisis aktivitas keterampilan variasi gerak spesifik dan fungsional permainan dan olahraga (Sikap Star, Posisi Lari, dan Finis) pada lari jarak pendek sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki.
1. Pembelajaran macam-macam start jongkok
a. Guru membariskan peserta didik dalam posisi 4 barisan.
b. Guru menjelaskan 3 teknik start jongkok dan patokan melakukannya, yaitu: lutut kaki belakang dan telapak kaki depan. Kemudian guru memberikan alat kepada Peserta didik berupa sedotan atau sumpit (yang mudah didapat).
c. Guru mengkondisikan antar baris berjarak 3 langkah.
d. Peserta didik mengikuti instruksi guru melakukan Start pendek, menengah dan panjang.
e. Guru memperbaiki gerakan peserta didik yang salah dan mengingatkan peserta didik untuk menemukan gerakan yang nyaman bagi dirinya.
f. Guru membuat variasi pembelajaran start dengan berpindah arah, berganti-ganti macam start.
2. Pembelajaran aktivitas lomba kecepatan reaksi start
a. Guru membariskan peserta didik dalam posisi 4 barisan.
b. Guru menjelaskan aturan lomba kecepatan reaksi perorangan dan kelompok dari posisi duduk.
1) Persiapan: peserta duduk kedua kaki lurus ke depan dan kedua telapak tangan menempel di tanah di samping pinggul.
2) Pelaksanaan: mendengar aba-aba “Ya” dengan cepat bangun dari duduk dan
berlari sesuai aturan lomba.
3) Guru memberi aba-aba secara bergantian, peserta didik berlomba melatih kecepatan reaksi start.
4) Guru memperbaiki kesalahan dan mengingatkan peserta didik untuk menemukan gerakan yang nyaman bagi dirinya.
5) Guru membuat variasi pembelajaran lomba kecepatan reaksi Start dengan beberapa macam jenis latihan reaksi, seperti:
a) posisi awal tidur terlentang;
b) posisi awal tidur telungkup; dan
c) posisi awal berjongkok.

1. Pembelajaran gerak spesifik lari pendek
a. Guru membariskan peserta didik dalam posisi 4 barisan.
b. Guru menjelaskan gerak spesifik langkah kaki, ayunan tangan dan posisi badan lari jarak pendek secara berurutan.
c. Peserta didik bersama guru mempelajari gerak spesifik langkah kaki, ayunan tangan dan posisi badan lari jarak pendek.
d. Guru memperbaiki kesalahan dan mengingatkan peserta didik untuk menemukan gerakan yang nyaman bagi dirinya.
e. Guru memvariasikan aktivitas pembelajaran lari jarak pendek, seperti contoh berikut.
1) Latihan langkah dan ayunan tangan di tempat, dan semakin cepat, dilanjutkan berlari cepat.
2) Latihan lari kijang

1. Pembelajaran gerak spesifik memasuki garis finish
a. Guru membariskan peserta didik dalam posisi 4 barisan.
b. Guru menjelaskan gerak spesifik cara memasuki garis finish.
c. Peserta didik dengan aba-aba guru melakukan gerak spesifik memasuki garis finish secara bergiliran.
d. Guru memperbaiki kesalahan dan mengingatkan peserta didik untuk menemukan gerakan yang nyaman bagi dirinya.
2. Pembelajaran aktivitas lomba lari jarak pendek
a. Guru membariskan peserta didik dalam posisi 4 barisan.
b. Guru menjelaskan aturan lomba lari jarak pendek perorangan dan kelompok.
1) Lomba lari cepat perorangan, tiap baris melakukan lari cepat sejauh 25 meter. Pemenang 1 dan 2 maju ke babak selanjutnya. Setiap peserta didik melakukan lari cepat sejauh 25 meter dan diukur catatan waktunya. Waktu yang paling cepat menjadi pemenang.
2) Lomba lari cepat kelompok, tiap kelompok beranggotakan 4 orang dan melakukan lari sambung dengan jarak masing-masing 25 meter. Kelompok yang lebih dahulu masuk garis finish menjadi pemenang.
3) Lomba lari cepat memindahkan benda, tiap kelompok beranggotakan 4 orang, melakukan lomba lari bolak balik memindahkan 3 benda dengan jarak 25 meter. Kelompok yang lebih dahulu selesai menjadi pemenang.
c. Guru memperbaiki kesalahan dan mengingatkan peserta didik untuk menemukan gerakan yang nyaman bagi dirinya dan mengembangkan kejujuran dan sportifitas saat mengikuti lomba lari jarak pendek.

3. Pembelajaran aktivitas lomba lari jarak pendek
a. Lomba lari cepat 20 meter berkelompok
1) Peserta didik dibagi menjadi 4 kelompok dan berbaris berbanjar.
2) Setelah mendengar aba-aba guru, lomba dimulai. Barisan yang terdepan berlari sejauh 25 meter, memutari cones kembali lagi ke barisan dan melakukan “TOS” dengan temannya. Kemudian rekannya yang telah melakukan “TOS” langsung berlari ke arah cones. Demikian seterusnya sampai seluruh anggota kelompok mendapat giliran.
3) Kelompok yang berhasil lebih dulu dinyatakan menjadi pemenang.
Vidio Refrensi materi
Kesimpulan / Rangkuman
olahraga atletik lari dengan kecepatan maksimal dalam jarak 100, 200, atau 400 meter. Teknik dasarnya meliputi tiga fase: start jongkok yang membutuhkan reaksi cepat, lari cepat dengan ayunan lengan dan tolakan kaki yang kuat, serta finis dengan mendorong dada ke depan sesaat sebelum melewati garis. Lari ini mengandalkan energi anaerobik (cepat tetapi singkat) dan membutuhkan kombinasi kekuatan, kecepatan, dan koordinasi yang optimal.
Soal latihan
1. Jelaskan yang di maksud dengan lari Sprint !
2. Tuliskan 3 Teknik dasar Pada lari Sprin !
Demikian pertemuan kali ini
Semoga ilmu yang kita pelajari bermanfaat bagi kita se mua
bpk akhiri wasalamualaikum Wr Wb.
Komentar
Posting Komentar