Aktifitaslari jarak pendek, Kelas 7

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG

Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd

NIK                             198411162015071345

Kelas                            : 8

Pertemuan                    : 15

Hari tanggal                 :  Kamis 6 November   2025


Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wa        ssholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.


Nah sekarang simak materi berikut…

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

 

Bagaimana kabarnya hari ini,  jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa..

alhamdulillah..

Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin   

Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiin

Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran PJOK.

Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.

Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi : Atletik (Lari jarak pendek)


Capaian pembelajaran

Keterampilan, Pengetahuan Gerak, Pengembangan Karakter dan Internalisasi Nilai-nilai dalam Atletik 

Pada akhir fase D, peserta didik dapat menunjukkan kemampuan berbagai aktivitas jasmani dan olahraga sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar, melakukan latihan aktivitas jasmani dan kebugaran untuk kesehatan sesuai dengan prinsip latihan, menunjukkan perilaku tanggung jawab personal dan sosial serta memonitornya secara mandiri, serta dapat menganalisis nilai-nilai aktivitas jasmani.


Alur Tujuan pembelajaran.

Elemen Keterampilan Gerak 

Pada akhir fase ini peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan hasil analisis aktivitas jasmani dan olahraga, aktivitas senam, aktivitas gerak berirama, aktivitas permainan dan aktivitas olahraga air (kondisional).

Elemen Pengetahuan Gerak.

Pada akhir fase ini peserta didik dapat msenganalisis fakta dan prosedur dalam melakukan berbagai gerak spesifik  aktivitas jasmani dan olahraga, aktivitas senam, aktivitas gerak berirama, dan aktivitas permainan dan aktivitas  lahraga air (kondisional).

Elemen Pengembangan Karakter dan Internalisasi Nilai-nilai Gerak.

Pada akhir fase D peserta didik proaktif melakukan dan mengajak untuk memelihara dan memonitor peningkatan derajat kebugaran jasmani dan kemampuan aktivitas jasmani lainnya, serta menunjukkan keterampilan bekerja sama dengan merujuk peraturan dan pedoman untuk menyelesaikan perbedaan dan konflik antar individu. Peserta didik juga dapat mempertahankan adanya interaksi sosial yang baik dalam aktivitas jasmani.



A.  TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

Alur Tujuan Pembelajaran :

1. Peserta didik mampu memahami aktivitas gerak spesifik start, gerakan lari, dan memasuki garis finish lari jarak pendek sesuai potensi peserta didik;

2.  Peserta didik mampu mengidentifikasi bentuk-bentuk aktivitas gerak spesifik start, gerakan lari, dan memasuki garis finish lari jarak pendek sesuai potensi peserta didik;

3.  Peserta didik mampu menganalisis prosedur aktivitas gerak spesifik start, gerakan lari jarak pendek, dan memasuki garis finish lari jarak pendek sesuai potensi peserta didik;

4.  Peserta didik mampu menyusun konsep aktivitas gerak spesifik start, gerakan lari, dan memasuki garis finish lari jarak pendek sesuai potensi peserta didik;

5.  Peserta didik dapat mempraktikkan aktivitas gerak spesifik start, gerakan lari, dan memasuki garis finish lari jarak pendek sesuai potensi peserta didik; serta

6. Peserta didik mampu menunjukkan sikap berahlak mulia, mandiri, kebinekaan global, gotong-royong, bernalar kritis, dan kreatif.

 

H.  METODE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN

  • Diskusi
  • Presentasi
  • Ceramah
  • Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)
  • Strategi Pembelajaran Sendiri (Self-instructional Strategies)
  • Strategi Kognitif (Cognitive Strategies)
  • Pengajaran Beregu (Team teaching)

Materi belajar

 Peserta didik dapat membaca buku Peserta didik mata pelajaran PJOK kelas VII, modul pembelajaran PJOK atau mengamati bacaan di atas.

1.   Pembelajaran macam-macam start jongkok

a.  Guru membariskan peserta didik dalam posisi 4 barisan.

b.  Guru menjelaskan 3 teknik start jongkok dan patokan melakukann­ya, yaitu: lutut kaki belakang dan telapak kaki depan. Kemudian guru memberikan alat kepada Peserta didik berupa sedotan atau sumpit (yang mudah didapat).

c.  Guru mengkondisikan antar baris berjarak 3 langkah.

d.  Peserta didik mengikuti instruksi guru melakukan Start pendek, menengah dan panjang.

e.  Guru memperbaiki gerakan peserta didik yang salah dan mengingatkan peserta didik untuk menemukan gerakan yang nyaman bagi dirinya.

f.  Guru membuat variasi pembelajaran start dengan berpindah arah, berganti-ganti macam start.



2.   Pembelajaran aktivitas lomba kecepatan reaksi start

a.  Guru membariskan peserta didik dalam posisi 4 barisan.

b.  Guru menjelaskan aturan lomba kecepatan reaksi perorangan dan kelompok dari posisi duduk.

1)  Persiapan: peserta duduk kedua kaki lurus ke depan dan kedua telapak tangan menempel di tanah di samping pinggul.

2)  Pelaksanaan: mendengar aba-aba “Ya” dengan cepat bangun dari duduk dan 

berlari sesuai aturan lomba.

3)  Guru memberi aba-aba secara bergantian, peserta didik berlomba melatih kecepatan reaksi start.

4)  Guru memperbaiki kesalahan dan mengingatkan peserta didik untuk menemukan gerakan yang nyaman bagi dirinya.

5)  Guru membuat variasi pembelajaran lomba kecepatan reaksi Start dengan beberapa macam jenis latihan reaksi, seperti:

a) posisi awal tidur terlentang;

b) posisi awal tidur telungkup; dan

c) posisi awal berjongkok.



1.   Pembelajaran gerak spesifik lari pendek

a.  Guru membariskan peserta didik dalam posisi 4 barisan.

b.  Guru menjelaskan gerak spesifik langkah kaki, ayunan tangan dan posisi badan lari jarak pendek secara berurutan.

c.  Peserta didik bersama guru mempelajari gerak spesifik langkah kaki, ayunan tangan dan posisi badan lari jarak pendek.

d.  Guru memperbaiki kesalahan dan mengingatkan peserta didik untuk menemukan gerakan yang nyaman bagi dirinya.

e.  Guru memvariasikan aktivitas pembelajaran lari jarak pendek, seperti contoh berikut.

1)  Latihan langkah dan ayunan tangan di tempat, dan semakin cepat, dilanjutkan berlari cepat.

2)  Latihan lari kijang



1.   Pembelajaran gerak spesifik memasuki garis finish

a.  Guru membariskan peserta didik dalam posisi 4 barisan.

b.  Guru menjelaskan gerak spesifik cara memasuki garis finish.

c.  Peserta didik dengan aba-aba guru melakukan gerak spesifik memasuki garis finish secara bergiliran.

d.  Guru memperbaiki kesalahan dan mengingatkan peserta didik untuk menemukan gerakan yang nyaman bagi dirinya.

2.   Pembelajaran aktivitas lomba lari jarak pendek

a.  Guru membariskan peserta didik dalam posisi 4 barisan.

b.  Guru menjelaskan aturan lomba lari jarak pendek perorangan dan kelompok.

1)  Lomba lari cepat perorangan, tiap baris melakukan lari cepat sejauh 25 meter. Pemenang 1 dan 2 maju ke babak selanjutnya. Setiap peserta didik melakukan lari cepat sejauh 25 meter dan diukur catatan waktunya. Waktu yang paling cepat menjadi pemenang.

2)  Lomba lari cepat kelompok, tiap kelompok beranggotakan 4 orang dan melakukan lari sambung dengan jarak masing-masing 25 meter. Kelompok yang lebih dahulu masuk garis finish menjadi pemenang.

3)  Lomba lari cepat memindahkan benda, tiap kelompok beranggotakan 4 orang, melakukan lomba lari bolak balik memindahkan 3 benda dengan jarak 25 meter. Kelompok yang lebih dahulu selesai menjadi pemenang.

c.  Guru memperbaiki kesalahan dan mengingatkan peserta didik untuk menemukan gerakan yang nyaman bagi dirinya dan mengembangkan kejujuran dan sportifitas saat mengikuti lomba lari jarak pendek.



3.   Pembelajaran aktivitas lomba lari jarak pendek

a.  Lomba lari cepat 20 meter berkelompok

1)  Peserta didik dibagi menjadi 4 kelompok dan berbaris berbanjar.

2)  Setelah mendengar aba-aba guru, lomba dimulai. Barisan yang terdepan berlari sejauh 25 meter, memutari cones kembali lagi ke barisan dan melakukan “TOS” dengan temannya. Kemudian rekannya yang telah melakukan “TOS” langsung berlari ke arah cones. Demikian seterusnya sampai seluruh anggota kelompok mendapat giliran.

3)  Kelompok yang berhasil lebih dulu dinyatakan menjadi pemenang.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN KELAS 7

Remedial dan Pengayaan kelas 9

Tugas latihan kelas 7