Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik Jalan Cepat, kelas 7

IDENTITAS

Nama Penyusun

:

Andi Prayogo, S.Pd

Pertemuan 

:

1(1 X Pertemuan )

Satuan Pendidikan

:

SMP AL AZHAR

Hari / Tanggal

:

kamis / 6 November 2025

Kelas / Semester

:

VII/Ganjil

Fase

:

D

Mata Pelajaran

:

PJOK

Elemen Mapel

:

Keterampilan&gerak 

            Materi                         :  Aktifitas gerak Jalan Cepat


Assalamu'alaikum Wr.Wb.

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

Bagaimana kabarnya hari ini,  jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa..

alhamdulillah..

Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin   

semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiin

Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran PJOK.

Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.

Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi : Aktifitas Gerak Jalan cepat.

      Metode Pembelajaran

1) Pembelajaran interaktif (interactive teaching)

2) Pembelajaran sesama teman (peer teaching)

3) Pembelajaran kooperatif (cooperative learning)



 Media ajar

·       Lapangan, sarana olah raga , Media LCD projector, Laptop, Bahan Tayang, Whiteboard, Spidol, 

Sumber Belajar

·       Kementerian Pendidikan dan KebudayaanBuku Guru & buku siswa Mata Pelajaran PJOK kelas VIII . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Internet Dll.

Dimensi kelulusan

1. keimanan dan Ketakwaan  ( √ )                                         5. Kolaborasi ( …. )

2. Kewargaan ( …. )                                                                    6. Memandirian ( √ )

3. Penalan Kritis ( …. )                                                              7. Kesehatan ( √ )

4. Kreativitas ( √ )                                                                      8. Komunikasi ( √)

CAPAIAN PEMBELAJARAN 

Pada akhir fase D ini peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan berbagai aktivitas jasmani dan olahraga sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar, melakukan latihan aktivitas jasmani dan kebugaran untuk kesehatan sesuai dengan prinsip latihan, menunjukkan perilaku tanggung jawab personal dan sosial serta memonitornya secara mandiri, selain itu juga dapat menganalisis nilai-nilai aktivitas jasmani.

Tujuan pembelajaran

1.  Memahami dan mrmpraktika cara melakukan berbagai kombinasi gerak dasar jalan cepat.

Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik Jalan Cepat

Tugaskan peserta didik untuk membaca informasi tentang berbagai gerak atletik yang termuat di dalam buku siswa, kemudian diperkaya dengan bahan dari media cetak dan elektronik lainnya, dan hasilnya dijadikan sebagai bahan portofolio peserta didik.

Jalan cepat adalah gerak maju dengan melangkahkan kaki tanpa adanya hubungan terputus dengan tanah. Setiap kaki melangkah, kaki depan harus menyentuh tanah sebelum kaki belakang meninggalkan tanah. Olahraga jalan cepat meskipun dilakukan dengan cepat tapi bukan berarti berlari. Karakteristik dan peraturan melakukan gerakan dalam jalan cepat adalah dalam satu langkah, di mana satu kaki harus berada di tanah sebelum kaki yang satunya diangkat dari tanah.

Kaki diluruskan tidak bengkok pada lutut dan posisi kaki ketika menapak tanah harus dalam keadaan lurus atau vertikal. Perbedaan berjalan dengan lari adalah ketika kita berjalan tidak ada saat melayang di udara. Akan tetapi, ketika kita berlari ada saat kita melayang di udara.

Pembelajaran untuk jalan cepat terdiri atas pembelajaran teknik dan pembelajaran kekuatan, kecepatan, dan stamina. Jalan cepat menempuh jarak pendek dilakukan sambil memperhatikan secara terus-menerus kontak kaki dengan tanah, gerak lengan, dan kerja pinggang secara aktif.

b. Aktivitas Pembelajaran Gerak Kombinasi Jalan Cepat

Aktivitas Pembelajaran Lomba Jalan Cepat Permainan (Hitam-Hijau), dilakukan Berpasangan dan Berkelompok

Agar aktivitas gerak jalan ini menarik, maka gerak jalan ini dapat diterapkan dalam permainan (Hitam-Hijau), atau permainan lain tradisional lain yang ada di daerah setempat. Permainan ini dilakukan berpasangan dan berkelompok, cara pelaksanaannya sebagai berikut.

Pemain kelompok A diberi nama Hitam.

Pemain kelompok B diberi nama Hijau.

Setiap pemain berhadapan sikap melangkah.

Nama kelompok yang disebut lari berbalik ke belakang dan kelompok yang tidak disebut mengejar.

Cara penyebutan nama kelompok (Hi.......tam/jau).

Yang tidak dapat mengejar atau dapat dikejar menggendong.



Gambar 3.1 Aktivitas pembelajaran lomba jalan cepat permainan Hitam-Hijau

Satu hal yang perlu diperhatikan dalam permainan ini bahwa bermain tidak boleh saling mengejek, dan kerja sama tim perlu dijaga selama permainan berlangsung.

Aktivitas Pembelajaran Gerakan Jalan Cepat Menangkap Bola yang Dilambung

Aktivitas pembelajaran berikut ini diarahkan untuk mengembangkan keterampilan dalam berjalan dengan posisi yang benar, media bola

hanya untuk mengalihkan perhatian saja. Cara pelaksanaan kegiatan berjalan menggunakan bola dapat dilakukan sebagai berikut.

Aktivitas pembelajaran dilakukan secara berpasangan.

Berdiri dalam satu barisan.

Tugaskan satu peserta didik melambungkan bola ke depan, dan temannya berjalan ke depan untuk menangkap bola.

Setelah beberapa saat lakukan pergantian posisi.Ya



Gambar 3.2 Aktivitas pembelajaran jalan cepat menangkap bola yang dilambungkan

Aktivitas Pembelajaran Lomba Jalan Cepat Mengambil Bola dilakukan Berpasangan dan Berhadapan

Aktivitas pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan berjalan dalam bentuk lain adalah lomba jalan cepat mengambil bola/benda, cara pelaksanaannya sebagai berikut.

Buatlah dua buah garis yang saling berhadapan dengan jarak 15 meter.

Satu garis sebagai garis start dan satu garis finish.

Tempatkan bola/sepatu sejumlah peserta yang ikut di garis finish.

Peserta didik diberbariskan di belakang garis start.

Setelah aba-aba “ya” dari satu orang maka berlomba jalan cepat mengambil bola/sepatu.

Peserta didik yang lebih awal menyentuh bola dinyatakan sebagai pemenang.
\

Gambar 3.3 Aktivitas pembelajaran lomba jalan cepat mengambil bola

sebagai refrensi silakan simak vidio pembelajaran di bawah ini:

https://www.youtube.com/watch?v=vSQAUo69BOs

Setelah menyimak vidio pembelajaran dan materi di atas selakan kerjakan latihan di bawah ini:

1. Sebutkan perbedaan jalan dan lari!

2. Jalan cepat termasuk cabang olah raga........

Demikian pertemuan kali ini,semoga bermanfaat,dan bisa di implementasikan dalam kehidupan sehari hari,,,aamiin


bpk akhiri 


Wasalamualaikum Wr,Wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN KELAS 7

Remedial dan Pengayaan kelas 9

Tugas latihan kelas 7