AKTIVITAS DRIBLING DAN MENEMBAK DALAMPERMAINAN BOLA BASKET,KELAS 7

 

Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG

Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd

NIK                             198411162015071345

Kelas                            :7

Pertemuan                    : 2

Hari / Tanggal             : Jum'at, 2 Agustus 2024


Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.


Nah sekarang simak materi berikut…

 

TUJUAN PEMBELAJARAN  


5.  Peserta didik dapat mempraktikkan aktivitas gerak spesifik melempar, menangkap, menggiring, menembak bola, rebound, dan pivot permainan bola basket sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki peserta didik.
6. Peserta didik mampu menunjukkan sikap berakhlak mulia, mandiri, kebinekaan global, gotong-royong, bernalar kritis, dan kreatif.


Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

 

Bagaimana kabarnya hari ini,  jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa..

alhamdulillah..

Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin   

Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiin

Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran IPS.

Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.

Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi  

 MATERI PEMBELAJARAN


6. Pembelajaran dribling berbanjar ke arah cones
a.  Guru membariskan peserta didik membentuk barisan empat berbanjar (sesuai jumlah bola yang ada).
b.  Guru memberi aba-aba dengan meniup peluit, peserta didik pada barisan terdepan melakukan gerak dribling menuju cones (corong) lalu kembali lagi.
c.  Peserta didik yang telah selesai melakukan gerakan dribling memberikan bola kepada temannya dan langsung berbaris di barisan paling belakang.
d.  Setelah seluruh peserta didik mencoba melakukan gerak dribling, lanjutkan tanpa aba-aba dari guru.
e.  Lakukan sesuai dengan pengulangan yang disesuaikan, dan
f.  Lakukan untuk materi dribling tinggi dan dribling rendah.
 

7. Pembelajaran dribling zig-zag
a.  Guru membariskan Peserta didik membentuk barisan empat berbanjar (sesuai jumlah bola yang ada).
b.  Guru memberi aba-aba dengan meniup peluit, peserta didik pada barisan terdepan melakukan gerak dribling zig-zag diantara cones (corong) lalu kembali lagi.
c.  Peserta didik yang telah selesai melakukan gerakan dribling zig-zag memberikan bola kepada temannya dan langsung berbaris dibarisan paling belakang.
d.  Setelah seluruh peserta didik mencoba melakukan gerak dribling zig-zag, lanjutkan tanpa aba-aba dari guru.
e.  Lakukan sesuai dengan pengulangan yang disesuaikan.
 
8. Pembelajaran dribling dan pivot
a.  Guru membariskan peserta didik membentuk barisan empat berbanjar (sesuai jumlah bola yang ada.
b.  Guru memberi aba-aba dengan meniup peluit, peserta didik pada barisan terdepan melakukan gerak dribling menuju cones (corong) A lalu kembali lagi, tiba di cones (corong) B peserta didik melakukan gerakan pivot, memberikan bola kepada temannya dan langsung berbaris dibarisan paling belakang.
c.  Setelah seluruh peserta didik mencoba melakukan gerak, lanjutkan tanpa aba-aba dari guru.
e.  Lakukan sesuai dengan pengulangan yang disesuaikan.
 
9. Pembelajaran dribling melingkar
a.  Jika jumlah bola mencukupi setiap peserta didik memegang bola.
b.  Guru membariskan Peserta didik menjadi satu banjar.
c.  Peserta didik terdepan melakukan gerak dribling diikuti rekan lainnya.
d.  Jika jumlah bola tidak mencukupi setiap peserta didik memegang bola peserta didik yang tidak memegang bola mengikuti dibarisan belakang.
e.  Guru membariskan Peserta didik menjadi satu banjar.
f.  Peserta didik terdepan melakukan gerak dribling diikuti rekan lainnya.
g.  Peserta didik yang tidak memegang bola berlari ke barisan terdepan dan peserta terdepan memberikan bola kepada peserta didik yang datang untuk selanjutnya melakukan dribling di depan.
h.  Lakukan hingga seluruh peserta didik merasakan dribling di depan.
 
10.Pembelajaran bergerak bebas
a.  Jika jumlah bola mencukupi setiap peserta didik memegang bola.
b.  Guru meminta peserta didik secara bersama melakukan dribling secara bebas di dalam lapangan yang telah ditetapkan.
c.  Jika jumlah bola melebihi jumlah peserta didik, guru dapat meningkatkan tingkat kesulitan dengan satu peserta didik dribling dua bola.
d.  Jika jumlah bola kurang dari jumlah peserta didik, guru mengatur pergantian pelaksanaan gerak.
e.  Lakukan hingga seluruh peserta didik merasakan gerakan selama lima menit.
 
11.Pembelajaran lomba dribling zig-zag
a.  Guru membuat kelompok.
b.  Peserta didik pada barisan terdepan melakukan gerak dribling zig-zag diantara cones (corong) lalu kembali lagi.
c.  Peserta didik yang telah selesai melakukan gerakan dribling zig-zag memberikan bola kepada temannya dan langsung melakukan dribling zig-zag.
d.  Regu yang dapat menyelesaikan lebih awal adalah pemenangnya.
 
12.Pembelajaran shooting ke arah teman
a.  Guru membariskan Peserta didik membentuk barisan empat berbanjar (sesuai jumlah bola yang ada).
b.  Tiap banjar dibagi menjadi dua kelompok berdiri saling berhadapan dengan jarak tiga meter.
c.  Guru memberi aba-aba dengan meniup peluit, peserta didik pada barisan A shooting bola ke arah B lalu pindah ke barisan belakang dalam kelompok B, peserta didik pada berisan B menangkap bola.
d.  Guru memberi aba-aba dengan meniup peluit, peserta didik pada barisan B shooting bola ke arah A lalu pindah ke barisan belakang dalam kelompok A, peserta didik pada berisan B menangkap bola
e.  Setelah seluruh peserta didik mencoba melakukan gerak shooting, lanjutkan tanpa aba-aba dari guru.
f.  Guru memperhatikan gerakan tangan peserta didik saat shooting tidak melempar tapi mendorong.
g.  Lakukan pengulangan yang sesuai.
h.  Lakukan untuk materi shooting menggunakan satu tangan dan shooting menggunakan dua tangan.
 
13.Pembelajaran shooting ke arah teman berpindah tempat
a.  Guru membariskan Peserta didik membentuk barisan empat berbanjar (sesuai jumlah bola yang ada),
b.  Tiap banjar dibagi menjadi dua kelompok berdiri saling berhadapan dengan jarak tiga meter,
c.  Guru memberi aba-aba dengan meniup peluit, peserta didik pada barisan A shooting bola ke arah B lalu pindah ke barisan belakang dalam kelompok B, peserta didik pada berisan B menangkap bola.
d.  Guru memberi aba-aba dengan meniup peluit, peserta didik pada barisan B shooting bola ke arah A lalu pindah ke barisan belakang dalam kelompok A, peserta didik pada berisan B menangkap bola.
e.  Setelah seluruh peserta didik mencoba melakukan gerak shooting, lanjutkan tanpa aba-aba dari guru.
f.  Guru memperhatikan gerakan tangan peserta didik saat shooting tidak melempar tapi mendorong.
g.  Lakukan pengulangan yang sesuai.
h.  Lakukan untuk materi shooting menggunakan satu tangan dan shooting menggunakan dua tangan.
 
14.Pembelajaran shooting ke arah ring.
a.  Guru membariskan peserta didik membentuk barisan tiga berbanjar.
b.  Banjar pertama berbaris di sisi kanan lapangan menghadap ring, banjar kedua berbaris di tengah lapangan menghadap ring, dan banjar ketiga berbaris di sisi kiri lapangan menghadap ring.
c.  Banjar pertama melakukan shooting menggunakan tangan kanan, banjar kedua pertama melakukan shooting menggunakan dua tangan, banjar ketiga pertama melakukan shooting menggunakan tangan kiri.
d.  Banjar pertama selesai melakukan shooting berpindah ke barisan banjar kedua, banjar kedua selesai melakukan shooting berpindah ke barisan banjar ketiga, banjar ketiga selesai melakukan shooting berpindah ke barisan banjar pertama.
e.  Guru memantau peserta didik melakukan dengan benar.
f.  Guru memastikan peserta didik mendapat kesempatan yang sama.
 
15.Pembelajaran shooting dan rebound ke papan pantul.
a.  Guru membariskan peserta didik membentuk barisan tiga berbanjar.
b.  Banjar pertama berbaris di sisi kanan lapangan menghadap ring, banjar kedua berbaris di tengah lapangan menghadap ring, banjar ketiga berbaris di sisi kiri lapangan menghadap ring.
c.  Banjar pertama melakukan shooting menggunakan tangan kanan orang dibelakangnya melakukan rebound, banjar kedua pertama melakukan shooting menggunakan dua tangan orang di belakangnya melakukan rebound, banjar ketiga pertama melakukan shooting menggunakan tangan kiri orang dibelakangnya melakukan rebound.
d.  Banjar pertama selesai melakukan shooting dan rebound berpindah ke barisan banjar kedua, banjar kedua selesai melakukan shooting dan rebound berpindah ke barisan banjar ketiga, banjar ketiga selesai melakukan shooting dan rebound berpindah ke barisan banjar pertama.
e.  Saat perpindahan barisan peserta didik bertukar posisi.
f.  Guru memantau peserta didik melakukan dengan benar.
g.  Guru memastikan peserta didik mendapat kesempatan yang sama.
 
16.Pembelajaran Lomba Shooting
a.  Guru membariskan peserta didik membentuk barisan tiga berbanjar dengan jarak satu meter dari ring.
b.  Banjar pertama melakukan shooting bergantian dengan banjar kedua melakukan shooting, banjar ketiga melakukan shooting
c.  Setiap bola masuk regu mendapat satu poin.
d.  Pemenang adalah regu yang paling banyak memasukkan bola.
e.  Guru memantau peserta didik melakukan dengan benar dan tertib.
 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN KELAS 7

Tugas latihan kelas 7

RANGKUMAN KELAS 8