Satuan Pendidikan : SMP AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG
Guru Mapel : Andi Prayogo,S.Pd
NIK : 198411162015071345
Kelas :9
Pertemuan : 3
Hari tanggal : selasa,6 Agustus 2024
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wa ssholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.
Nah sekarang simak materi berikut…
INDIKATOR MATERI
|
§ Menjelaskan berbagaivariasi dan kombinasigerak dasar
permainanbola voli.
§ Mengidentifikasikan berbagai variasi dan kombinasi
gerak dasar permainan bola voli.
§ Menganalisis variasi dan kombinasi
gerak spesifik dalam berbagai permainan bola voli § Mempraktikkan variasidankombinasi gerakdasar
permainan bolavoli.
|
Tujuan Pembelajaran
|
Menjelaskan berbagai
variasi dan kombinasi gerak dasar permainan bola voli.
Mengidentifikasikan
berbagai variasi dan kombinasi gerak dasar permainan bola voli.
Menganalisis variasi dan
kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola voli
Mempraktikkan variasi dan
kombinasi gerak dasar permainan bola
voli.
|
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.
Bagaimana kabarnya hari ini, jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa..
alhamdulillah..
Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin
Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiin
Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran IPS.
Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.
Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi
Aktivitas Permainan Bola Besar melalui Permainan Bola Voli
Prinsip dalam permainan bola voli dapat diartikan sebagai cara memainkan bola dengan efisien dan efektif sesuai dengan peraturan permainan yang berlaku untuk mencapai suatu hasil yang optimal. Gerak spesifik permainan bola voli yang baik selalu berdasarkan pada teori dalam ilmu dan pengetahuan yang menunjang pelaksanaan teknik tersebut, seperti: biomekanik, anatomi, fisiologi, kinesiologi, dan ilmu-ilmu penunjang lainnya, serta berdasarkan peraturan permainan yang berlaku. Prinsip dasar permainan bola voli yang harus ditingkatkan keterampilannya antara lain: passing bawah, passing atas, smash/spike, servis, dan bendungan.
Materi Pembelajaran
Aktivitas Pembelajaran 1 (Variasi dan Kombinasi Passing Atas dan Passing Bawah)
Untuk meningkatkan keterampilan gerak dalam permainan bola voli, latihan harus dilakukan secara berulang-ulang. Banyak pola latihan yang dapat dilakukan, di antaranya seperti pembelajaran berikut ini.
Aktivitas pembelajaran dilakukan secara perorangan.
Passing bola ke atas tegak lurus, setelah bola turun lakukan pula passing bawah, dan setelah bola naik/melambung ke atas, lakukan lagi passing atas, lakukan gerakan ini secara berulang-ulang.
Tahap awal latihan lakukan pola latihan ini di tempat, kemudian setelah jalannya bola sudah lancar lakukan sambil bergerak maju-mundur ke samping kiri dan kanan.
Gambar 1.9 Aktivitas pembelajaran 1 variasi dan kombinasi passing bawah dan atas
Untuk membelajarkan keterampilan gerak passing atas, dan passing bawah ini sebaiknya dilakukan secara parsial, maksudnya matangkan dulu keterampilan peserta didik dalam passing bawah, setelah itu baru dimatangkan keterampilan passing atas, setelah teramati ada
pergerakan bola setelah passing atas dan bawah terkontrol, maka baru lakukan jenis permainan di atas.
Kesalahan yang sering terjadi dalam passing bawah sebagai berikut.
Ketika menerima bola lengan terlalu tinggi, kemudian lanjutan lengan berada di atas bahu.
Tubuh terlalu rendah karena pinggang ditekuk sehingga operan terlalu rendah dan kencang. Seharusnya yang ditekuk adalah lutut.
Lengan terpisah sesaat, sebelum, pada saat, atau sesaat sesudah menerima bola.
Bola mendarat di lengan daerah siku atau pergelangan tangan.
Aktivitas Pembelajaran 2 (Variasi dan Kombinasi Passing Atas dan Bawah Bergerak Maju, Mundur, dan Menyamping)
Aktivitas pembelajaran untuk meningkatkan kemampuanmu dalam passing bola dapat dilakukan dengan pembelajaran 2 variasi dan kombinasi gerakan passing atas dan passing bawah bergerak maju, mundur, dan menyamping.
Aktivitas dilakukan secara berpasangan (peserta didik A dan B).
Berdiri berhadapan jarak 2-4 meter.
Peserta didik A melambungkan bola menggunakan dua tangan dari arah bawah ke peserta didik B.
Peserta didik B mengembalikan menggunakan passing atas, dan peserta didik A kembalikan dengan passing bawah, saat bola mati lakukan sebaliknya.
Apabila dengan cara ini bola kelihatan sudah meluncur dengan baik, lakukan dengan cara bergerak maju-mundur dan ke samping kiri-kanan
Lakukan aktivitas pembelajaran ini 5 – 10 menit
Gambar 1.10 Aktivitas pembelajaran 2 variasi dan kombinasi passing bawah dan atas sambil bergerak
Kesalahan yang sering dilakukan peserta didik dalam passing atas perkenaan bola tidak pada ujung-ujung jari tangan, posisi kedua tangan tidak berada di depan muka di atas kening, dan kaki tidak mengeper, hal ini harus diinformasikan pada peserta didik
Aktivitas Pembelajaran 3 (Variasi dan Kombinasi Passing Atas dan Bawah Menggunakan Dua Bola)
Berikut ini peragaan cara melakukan gerakan aktivitas pembelajaran 3 variasi dan kombinasi gerakan passing atas dan passing bawah menggunakan dua bola dalam permainan bola voli sebagai berikut.
Aktivitas ini dilakukan secara berpasangan (peserta didik A dan B).
Berdiri berhadapan pada jarak 2-4 meter.
Peserta didik A melambungkan bola oleh teman, saat bola di udara peserta didik B melambungkan bola ke A.
Kemudian bola dikembalikan menggunakan passing bawah.
Setelah terpantau bola yang dimainkan peserta didik sudah lancar, maka permainan dilanjutkan dengan passing atas.
Sesi terakhir permainan dapat dilakukan dengan melakukan passing atas dan bawah secara bergantian.
Setelah latihan di tempat sudah ada kemajuan, maka tugaskan peserta didik untuk bergerak maju-mundur dan ke samping kiri-kanan.
Gambar 1.11 Aktivitas pembelajaran 3 variasi dan kombinasi passing bawah dan atas dengan dua bola
Aktivitas Pembelajaran 4 (Variasi dan Kombinasi Passing Atas dan Bawah Secara Langsung dalam Formasi Lingkaran)
Pembelajaran 4 variasi dan kombinasi gerakan passing atas dan passing bawah secara langsung dalam formasi lingkaran permainan bola voli, pelaksanaannya adalah sebagai berikut.
Latihan ini dilakukan secara berkelompok 5 orang.
Buatlah barisan formasi lingkaran dengan diameter 2-4 meter.
Satu orang berdiri di tengah-tengah lingkaran (center).
Aktivitas pembelajaran diawali dengan melambungkan bola oleh peserta didik yang berada di tengah-tengah lingkaran ke arah satu orang peserta didik yang berada di pinggir lingkaran.
Bola dikembalikan ke center dengan passing bawah kemudian bola di-passing bawah lagi ke peserta didik yang lain, demikian seterusnya.
Apabila kalian merasa bola sudah mulai lancar dan terkontrol dengan baik, sekarang lakukanlah dengan passing atas.
Setelah passing atas terasa sudah agak lancar juga lakukanlah penggabungan antara passing atas dan passing bawah.
Untuk lebih meningkatkan lagi keterampilan kalian, maka lakukan latihan ini dengan cara bergerak maju-mundur dan ke samping kiri-kanan.
Lakukan tukar posisi sebagai center secara bergantian
Gambar 1.12 Aktivitas pembelajaran 4 variasi dan kombinasi passing bawah dan atas formasi lingkaran
Biasanya jika peserta didik bermain bersama dengan teman-teman dalam satu kelompok seperti ini, kadang-kadang mereka kurang memperlihatkan etika yang baik misalnya mengejek kemampuan teman, atau menyalahkan teman. Untuk itu selama pembelajaran peserta didik diingatkan agar jangan saling mengejek dan merendahkan keterampilan temannya, sebaiknya mereka selama bermain dan berlatih selalu saling bekerja sama dengan baik, saling memberi dan menerima saran.
Aktivitas Pembelajaran 5 (Variasi dan Kombinasi Passing Atas dan Bawah Secara Langsung dalam Formasi Berbanjar Melewati Atas Net/Tali)
Pada pembelajaran passing atas dan passing bawah sebelumnya, belum mengunakan net sebagai media pembelaran permainan bola voli, pada aktivitas pembelajaran ini sudah semakin mendekatkan peserta didik pada permainan bola voli, pada aktivitas pembelajaran 5 variasi dan kombinasi gerakan passing atas dan passing bawah secara langsung melewati atas net/tali dalam permainan bola voli, pelaksanaanya sebagai berikut.
Permainan ini dilakukan di lapangan bola voli.
Permainan ini dimainkan oleh dua tim (tim A dan B), satu tim terdiri dari 3 orang atau lebih.
Masing-masing tim berdiri di bidang permainannya sendiri.
Aktivitas pembelajaran diawali dengan satu orang anggota tim A melambungkan bola ke tim B melewati net/tali.
Tim B melakukan passing ke tim B melewati net/tali.
Setelah melakukan passing, kemudian bergerak lari berpindah ke barisan di hadapan ke bagian belakang.
Lakukan pembelajaran ini berulang-ulang selama 5 – 10 menit.
Gambar 1.13 Aktivitas pembelajaran 5 variasi dan kombinasi passing bawah dan atas formasi berbanjar
Demikian pertemuan kali ini,semoga bermanfaat,dan bisa di implementasikan dalam kehidupan sehari hari,,,aamiin
bpk akhiri
Wasalamualaikum Wr,Wb
Komentar
Posting Komentar