Aktivitas Pembelajaran Gerak Kombinasi Permainan Tenis Meja kelas 9 dan kisi kisi pts

Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG

Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd

NIK                             : 198411162015071345

Kelas                            : 9

Pertemuan                    : 11

Hari tanggal                 :  Selasa, 1 Oktober 2024

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wa        ssholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

Nah sekarang simak materi berikut…

KOMPETENSI DASAR

3.2.Memahami variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional

4.2.Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional

INDIKATOR    MATERI

Mengidentifikasikan berbagai kombinasi gerak permainan tenis meja.

Menjelaskan  berbagai kombinasi gerak permainan tenis meja.

Menjelaskan cara melakukan berbagai kombinasi gerak permainan tenis meja

Melakukan berbagai kombinasi gerak permainan tenis meja.

Tujuan Pembelajaran

Mengidentifikasikan berbagai kombinasi gerak permainan tenis meja.

Menjelaskan  berbagai kombinasi gerak permainan tenis meja.

Menjelaskan cara melakukan berbagai kombinasi gerak permainan tenis meja

Melakukan berbagai kombinasi gerak permainan tenis meja.

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

Bagaimana kabarnya hari ini,  jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa..alhamdulillah..Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin   Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiinAlhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran PJOK.Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.

Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi PERMAIAN BOLA KECIL (Tenis meja)

a. Aktivitas Pembelajaran Gerak Kombinasi Permainan Tenis Meja

Aktivitas Pembelajaran 1: Kombinasi Pukulan Forehand Tanpa Net

Pada pembelajaran 1 keterampilan yang akan dipelajari adalah gerakan pukulan kombinasi pukulan forehand tanpa net dalam permainan tenis meja sebagai berikut.

Permainan ini dilakukan menggunakan meja ping-pong tanpa menggunakan net secara berpasangan.

Masing-masing pemain berdiri posisi melangkah berhadapan di depan meja menghadap ke teman.

Pukul bola menggunakan pukulan forehand ke arah lawan dan pantulannya dikembalikan juga dengan pukulan forehand.



Gambar 2.24 Aktivitas pembelajaran 1 pukulan forehand tanpa net

Permainan ini pada dasarnya ditujukan untuk mengembangkan kemampuan dalam mengontrol kekuatan pukulan, melihat pergerakan bola setelah dipukul, arah pukulan. Tahap awal pelajaran memang agak sulit mungkin, karena bola yang dipukul terasa liar. Untuk itu dalam latihan ini perlu kesabaran.

Aktivitas Pembelajaran 2: Kombinasi Pukulan Forehand Meja Terpasang Net

Berikut ini akan mempelajari tentang gerakan pukulan kombinasi pukulan forehand meja terpasang net dalam permainan tenis meja sebagai berikut.

a) Permainan dilakukan secara berpasangan

Berdiri berhadapan di depan meja dengan posisi melangkah, kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang

Pukul bola menggunakan pukulan forehand pada lapangan, pantulannya akan melewati atas net dan dikembalikan oleh lawan dengan memukul bola di lapangan sendiri dan pantulannya akan melompat ke mejamu.

Lakukan permainan menggunakan pukulan forehand agak lama, kemudian bila sudah lancar, lakukan pukulan menggunakan pukulan backhand.



Gambar 2.25 Aktivitas pembelajaran 2 pukulan forehand menggunakan net

Aktivitas Pembelajaran 3: Kombinasi Pukulan Backhand Tanpa Net

Berikt ini gerakan pukulan backhand tanpa net dalam permainan tenis meja sebagai berikut.

Permainan dilakukan menggunakan meja ping-pong tanpa net, secara berpasangan.

Tugaskan peserta didik hanya menggunakan pukulan backhand selama permainan.

Pukul bola ke arah meja sendiri dan pantulannya dikembalikan menggunakan pukulan backhand oleh lawan.

Lakukan permainan ini beberapa lama, sampai teramati ada kemajuan keterampilan peserta didik.

Pada sesi terakhir permainan lakukan permainan bebas menggunakan pukulan apapun.



Gambar 2.26 Aktivitas pembelajaran 3 pukulan backhand tanpa net

Aktivitas Pembelajaran 4: Kombinasi Pukulan Backhand Meja Terpasang Net

Amati peragaan cara melakukan aktivitas pembelajaran 4 gerakan kombinasi pukulan backhand meja terpasang net dalam permainan tenis meja sebagai berikut.

Permainan dilakukan menggunakan meja ping-pong menggunakan net, secara berpasangan.

Tugaskan pada peserta didik bahwa mereka selam bermain hanya menggunakan pukulan backhand.

Pukul bola di atas meja sendiri dan pantulannya dikembalikan menggunakan pukulan backhand oleh lawan.

Lakukan permainan ini beberapa lama, sampai teramati ada kemajuan keterampilan peserta didik.

Pada sesi terakhir pemainan lakukan permainan bebas menggunakan pukulan apapun.



Gambar 2.27 Aktivitas pembelajaran 4 pukulan backhand menggunakan net

Demikian pertemuan kali ini,semoga bermanfaat,dan bisa di implementasikan dalam kehidupan sehari hari,,,aamiin

bpk akhiri 

Wasalamualaikum Wr,Wb

KISI KISI SOAL PTS GANJIL PJOK KELAS 9
TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Kompetensi Inti Kompetensi Dasar Indikator Jumlah 50 Soal Nomor soal
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 3.1 Memahami variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional 3.1.1 Mengidentifikasikanberbagai variasi dankombinasi gerak dasarpermainan sepak bola.
3.1.2 Menganalisis variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan sepak bola
3.1.3 Menjelaskan variasi dan kombinasi gerak spesifikdalam berbagai permainan sepak bola 4 1,2,3,4
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori. 4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasigerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional 4.1.1 Menerapkan Variasi dan Kombinasi dalam Sepak Bola
4.1.2 Mempraktikkan variasidan kombinasigerakdasar permainan sepakbola. 4 5,6,7,8
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 3.1 Memahami variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional 3.1.4 Menjelaskan berbagaivariasi dan kombinasigerak dasar permainanbola voli.
3.1.5 Mengidentifikasikan berbagai variasi dan kombinasi gerak dasar permainan bola voli.
3.1.6 Menganalisis variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola voli 4 9,10,11,12,
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori. 4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasigerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional 4.1.3 Mempraktikkan variasidankombinasi gerakdasar permainan bolavoli.
4 13,14,15,16
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 3.1 Memahami variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional 3.1.7 Mengidentifikasikan berbagai variasi dan kombinasi gerak dasar permainan bola basket.
3.1.8 Menganalisis variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola basket
3.1.9 Menjelaskan caramelakukan variasidan kombinasi gerakdasar permainan bolabasket. 4 17,18,19,20
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori. 4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasigerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional 4.1.4 Mempraktikkan variasidan kombinasi gerakdasar permainan bolabasket. 4 21,22,23,24
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 3.2 Memahami kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional. 3.2.1 Mengidentifikasikan berbagai kombinasi gerak melempar, menangkap, dan  memukul bola permainan ronders.
3.2.2 Menjelaskan  berbagai kombinasi gerak melempar,menangkap, dan memukul bola permainan ronders.
3.2.3 Menjelaskan cara melakukan berbagai kombinasi gerak melempar,menangkap, dan memukul bola permainan ronders 4 25,26,27,28
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori. 4.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional. 4.2.1 Melakukan  berbagai  kombinasi gerak melempar, menangkap, dan memukul bola permainan ronders. 4 29,30,31,32
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 3.2 Memahami kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional. 3.2.4 Mengidentifikasikan berbagai kombinasi gerak servis permainan bulu tangkis.
3.2.5 Menjelaskan  berbagai kombinasi gerak servis permainan bulu tangkis.
3.2.6 Menjelaskan cara melakukan berbagai kombinasi gerak servis permainan bulu tangkis 8 33,34,35,36,37,38,39,40,41,42
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori. 4.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional. 4.2.2 Melakukan berbagai kombinasi gerak permainan bulu tangkis. 8 43,44,45,46,47,48,49,50

Bandar Lampung,   Oktober 2024
Guru MaPel PJOK



Andi Prayogo, S.Pd



Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN KELAS 7

Remedial dan Pengayaan kelas 9

Tugas latihan kelas 7