ktivitas Pembelajaran Bermain Bulu Tangkis Menggunakan Peraturan yang Dimodifikasi kelas 9

Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG

Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd

NIK                             198411162015071345

Kelas                            : 9

Pertemuan                    : 10

Hari tanggal                 :  Rabu,  25 Sebtember  2024


Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wa        ssholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.


Nah sekarang simak materi berikut…


KOMPETENSI DASAR

3.2.Memahami variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional

4.2.Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional

INDIKATOR    MATERI

Mengidentifikasikan berbagai kombinasi gerak servis permainan bulu tangkis.

Menjelaskan  berbagai kombinasi gerak servis permainan bulu tangkis.

Menjelaskan cara melakukan berbagai kombinasi gerak servis permainan bulu tangkis

Melakukan berbagai kombinasi gerak permainan bulu tangkis.

Tujuan Pembelajaran

Mengidentifikasikan berbagai kombinasi gerak servis permainan bulu tangkis.

Menjelaskan  berbagai kombinasi gerak servis permainan bulu tangkis.

Menjelaskan cara melakukan berbagai kombinasi gerak servis permainan bulu tangkis

Melakukan berbagai kombinasi gerak permainan bulu tangkis.


Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

 

Bagaimana kabarnya hari ini,  jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa..

alhamdulillah..

Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin   

Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiin

Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran PJOK.

Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.

Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi PERMAIAN BOLA KECIL (Bulu tangkis)


Aktivitas Pembelajaran Gerak Kombinasi Permainan Bulu Tangkis

  Aktivitas Pembelajaran 5 : Kombinasi Gerakan Pukulan Backhand Tanpa Net, Dilanjutkan Menggunakan Net, secara Berpasangan atau Kelompok

Pada pembelajaran 5 keterampilan gerak yang akan dipelajari adalah gerakan pukulan backhand tanpa net, dilanjutkan menggunakan net, secara berpasangan atau kelompok permainan bulu tangkis sebagai berikut.

Permainan dilakukan secara berpasangan.

Pemainan ini dapat dilakukan menggunakan lapangan bulu tangkis atau tidak

Lakukan servis panjang ke arah lawan main.

Kembalikan dengan pukulan backhand.

Selanjutnya lawan mengembalikannya lagi dengan pukulan backhand.

Apabila bola “mati” maka lakukan pergantian servis.



Gambar 2.21 Aktivitas pembelajaran kombinasi servis forehand dan backhand tanpa net dan melewati net

Aktivitas Pembelajaran Bermain Bulu Tangkis Menggunakan Peraturan yang Dimodifikasi

a) Aktivitas Pembelajaran 1: Bermain 3 lawan 3

Berikut ini akan diperlihatkan pola permainan yang menarik, bermain bulu tangkis 3 lawan 3. Pada intinya permainan ini dimanfaatkan untuk penerapan teknik dasar permainan bulu tangkis yang telah dipelajari sebelumnya.

Permainan dilakukan 3 lawan 3.

Satu lapangan ditempati oleh 3 orang peserta didik.

Tugaskan peserta didik untuk membuat aturan permainan yang sederhana, misalnya 5 menit pertama menggunakan pukulan forehand, pada 5 menit kedua menggunakan pukulan backhand, dan 5 meni terakhir gabungan pukulan forehand dan backhand.


Gambar 2.22 Aktivitas pembelajaran 1 bermain 3 lawan 3


b) Aktivitas Pembelajaran 2: Bermain 3 lawan 2

Bermain bulu tangkis dengan peraturan yang dimodifikasi, menggunakan teknik servis dan pukulan forehand, backhand, bermain 3 lawan 2, pihak yang bolanya banyak mati dianggap kalah (dilakukan

8 – 10 menit), cara pelaksanaannya sebagai berikut.

(1) Pemainan dilakukan di lapangan bulu tangkis.

Permainan ini dilakukan secara bertim, yaitu bermain 2 (A, B dan C) lawan 3 (pemain D, E dan F).

Peserta didik A melakukan servis panjang ke pemain C.

Pemain C memukul bola pukulan forehand ke pemain B.

Pemain D memukul bola ke peserta didik A, gerakan terakhir peserta didik A lakukan pukulan backhand ke pemain E,

Lakukan permaian ini terus menerus sampai batas waktu yang kalian sepakati.

Bila keterampilan sudah teramati sudah meningkat maka lanjutkan dengan pukulan backhand.

Sesi terakhir latihan lakukan dengan penggabungan pukulan jenis forehand dan backhand.


Gambar 2.23 Aktivitas pembelajaran 2 bermain 3 lawan 2

setelah membaca materi di atas sebagai revrensi silakan lihat vidio pembelajaran di bawah ini.dan kerjakan tugas yang ada vidio yaa.di tulis di buku latihan pjok

https://www.youtube.com/watch?v=oY9AH4JWaUo

Demikian pertemuan kali ini,semoga bermanfaat,dan bisa di implementasikan dalam kehidupan sehari hari,,,aamiin

bpk akhiri 

Wasalamualaikum Wr,Wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN KELAS 7

Tugas latihan kelas 7

RANGKUMAN KELAS 8