Atletik lompat jauh kelas 9
Satuan Pendidikan : SMP AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG
Guru Mapel : Andi Prayogo,S.Pd
NIK : 198411162015071345
kelas : 9
Pertemuan : 14
Hari tanggal : Rabu 30 Oktober 2024
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wa ssholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.
Nah sekarang simak materi berikut…
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.
Bagaimana kabarnya hari ini, jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa..
alhamdulillah..
Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin
Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiin
Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran PJOK.
Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.
Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi : Atletik (Lompat jauh)
KOMPETENSI
DASAR |
3.3
Memahami
konsep kombinasi gerak spesifik jalan, lari,lompat, dan lempar dalam
berbagai permainan sederhana dan atau tradisional 4.3 Mempraktikkan gerak spesifik jalan, lari, lompat,dan
lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau tradisional |
INDIKATOR MATERI |
§ Mengidentifikasikan berbagai kombinasi gerak
dasar lompat jauh § Menjelaskan
berbagai kombinasi gerak dasar lompat jauh. § Menjelaskan cara melakukan berbagai kombinasi gerak
dasar lompat jauh. § Melakukan berbagai kombinasi gerak dasar lompat
jauh. § Menggunakan berbagai kombinasi gerak dasar lompat
jauh dalam bentuk bermain sederhana dan dengan peraturan yang dimodifikasi. |
Tujuan Pembelajaran |
-
Mengidentifikasikan
berbagai kombinasi gerak dasar lompat
jauh -
Menjelaskan berbagai kombinasi gerak dasar lompat jauh. -
Menjelaskan cara melakukan berbagai kombinasi gerak
dasar lompat jauh. -
Melakukan berbagai
kombinasi gerak dasar lompat jauh. -
Menggunakan berbagai
kombinasi gerak dasar lompat jauh dalam bentuk bermain sederhana dan dengan
peraturan yang dimodifikasi. |
Presentasi
Ceramah
Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)
Strategi Pembelajaran Sendiri (Self-instructional Strategies)
Strategi Kognitif (Cognitive Strategies)
MATERI
1. Aktivitas Pembelajaran Gerak Kombinasi Lompat Jauh
Untuk memperoleh suatu hasil yang optimal dalam lompat jauh, selain pelompat tersebut harus memiliki kekuatan, daya ledak, kecepatan, ketepatan, kelentukan, dan koordinasi gerakan, juga harus memahami dan menguasai teknik untuk melakukan gerakan lompat jauh. Di samping pula, gerakan lompat jauh harus dilakukan dengan cepat, tepat, luwes, dan lancar.
Tahapan-tahapan dalam melakukan lompat jauh ada empat tahap, yaitu:
awalan/ancang-ancang, (2) tolakan/tumpuan, (3) sikap badan di udara, dan (4) sikap mendarat. Tahapan-tahapan lompat jauh tersebut akan diuraikan satu per satu sebagai berikut.
a) Aktivitas Pembelajaran Awalan dan Menolak Melalui Atas Boxs
Awalan atau ancang-ancang adalah gerakan permulaan dalam bentuk lari untuk mendapatkan kecepatan pada waktu akan melakukan tolakan (lompatan). Kecepatan yang diperoleh dari hasil awalan itu disebut dengan kecepatan horizontal berguna untuk membantu kekuatan pada waktu melakukan tolakan ke atas-depan.
Salah satu bentuk aktivitas pembelajaran awalan dan menolak dapat menggunakan peti lompat dalam lompat jauh sebagai berikut.
Permainan ini sebaiknya dilakukan bersama seluruh peserta didik.
Tempatkan sebuah peti lompat di lapangan permainan.
Berdiri di sisi peti lompat, ambil langkah mundur hitungan ganjil.
Tahap awal ambil ancang-ancang dengan cara berjalan, kemudian dengan tumpuan satu kaki melompat melewati peti lompat.
melakukan aktivitas pembelajaran gerakan melangkah dan menolak melewati tali dalam lompat jauh sebagai berikut.
Permainan ini sebaiknya dilakukan oleh seluruh peserta didik.
Tugaskan peserta didik untuk membentangkan seutas tali di lapangan permainan dengan ketinggian 50 cm.
Berdiri di sisi tali, ambil langkah mundur hitungan ganjil.
Tahap awal ambil ancang-ancang dengan cara berjalan, kemudian dengan tumpuan satu kaki melompat melewati tali.
Laukan latihan ini berulang kali, hingga peserta didik menemukan cara yang tepat.

Gambar 3.17 Aktivitas pembelajaran lompat jauh langkah dan menolak melewati tali
Aktivitas Pembelajaran Gerakan Langkah, Menolak, dan Posisi Badan di Udara
Berikut ini peserta didik akan mempelajari tentang gerakan melangkah, menolak, dan posisi badan di udara lompat jauh sebagai berikut.
Pembelajaran dilakukan secara perorangan atau berkelompok.
Sebelum melakukan latihan ini, gantungkan sebuah bola pada seutas tali, ketinggian bola diperkirakan sekitar 1,5 meter
Jika pada bak lompatan belum ada papan tolakan, maka buatlah dengan tanda dari taburan kapur.
Berdiri menghadap ke bak lompat, kemudian ambil langkah mundur hitungan ganjil, misalnya 7, 9, atau 11 langkah.
Titik langkah terakhir merupakan titik awal mengambil ancang-ancang.
Lakukan latihan ini berulang kali, hingga menemukan cara yang tepat buatmu.

Gambar 3.16 Aktivitas pembelajaran lompat jauh awalan dan menolak melewati boxs
Di dalam pembelajaran ini, satu hal yang yang harus disampaikan oleh guru adalah peserta didik dapat menemukan kaki yang terkuat yang miliki, tahap awal latihan tugaskan pada mereka untuk melakukan dengan tolakan kaki kiri, setelah itu amati hasilnya, kemudian setelah itu coba dengan tumpuan menggunakan kaki kanan. Setelah itu pada akhirnya peserta didik membandingkan hasil lompatannya, mana yang lebih jauh hasilnya apakah dengan tumpuan kaki kiri atau kanan. Maka yang digunakan untuk menumpu adalah kaki yang terkuat.
Harapannya dari kegiatan ini adalah peserta didik memahami bahwa antara kaki kiri dan kanan memiliki kekuatan yang berbeda dalam menumpu.
Aktivitas Pembelajaran Gerakan Langkah dan Menolak Melewati Tali
Apabila di sekolah tidak tersedia peti lompat, maka untuk latihan tolakan dalam melompat dapat dilakukan dengan seutas tali, cara
Pada titik ancang-ancang ini letakkan kaki yang terkuatmu di depan dengan posisi melangkah.
Mulai berlari pelan kemudian makin lama makin cepat, tumpukan kaki terkuatmu di papan lompatan dan melayang ke atas.
Saat melayang ke atas dorongkan dada ke depan hingga mengenai bola yang digantung.
Mendarat dengan kedua kaki mengeper.

Gambar 3.18 Aktivitas pembelajaran lompat jauh langkah, menolak, dan posisi badan di udara
Sebagai refrensi silakan simak vidio pembelajaran di bawah ini:
https://www.youtube.com/watch?v=qoPZe1w_i8M Vidio lompat jauh
Setelah menyimak vidio pembelajaran dan materi di atas selakan kerjakan latihan di bawah ini:
1. Sebutkan 4 teknik dasar yang harus dikuasai dalam lompat jauh.
2. sebutkan 3 gaya dalam lompat jauh
Demikian pertemuan kali ini,semoga bermanfaat,dan bisa di implementasikan dalam kehidupan sehari hari,,,aamiin.
assalamu'alaikum wr.wb
BalasHapusqueensha zhafirah mulia a.
9b
hadir
trmksh atas materinya pak