aktifitas permainan bola basket Kelas 8


Nama Penyusun

:

Andi Prayogo, S.Pd

Pertemuan 

:

2 (3 X Pertemuan )

Satuan Pendidikan

:

SMP AL AZHAR

Hari / Tanggal

:

Rabu / 23 Juli 2025

Kelas / Semester

:

VIII/Ganjil

Fase

:

D

Mata Pelajaran

:

PJOK

Elemen Mapel

:

Keterampilan 

            Materi                      :  Permainan Bola Basket

            Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wa        ssholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

Nah sekarang simak materi berikut…

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

Bagaimana kabarnya hari ini,  jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa..

alhamdulillah..

Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin   

semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiin

Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran PJOK.

Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.

Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi : 

      Metode Pembelajaran

1) Pembelajaran interaktif (interactive teaching)

2) Pembelajaran sesama teman (peer teaching)

3) Pembelajaran kooperatif (cooperative learning)

4) Pembelajaran beregu (Team teaching)


 Media ajar

·       Laapangan, sarana olah raga, Media LCD projector, Laptop, Bahan Tayang, Whiteboard, Spidol, Penggaris

Sumber Belajar

·       Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru & buku siswa Mata Pelajaran PJOK kelas VII . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Internet Dll.


CAPAIAN PEMBELAJARAN 

Pada akhir fase D ini peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan berbagai aktivitas jasmani dan olahraga sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar, melakukan latihan aktivitas jasmani dan kebugaran untuk kesehatan sesuai dengan prinsip latihan, menunjukkan perilaku tanggung jawab personal dan sosial serta memonitornya secara mandiri, selain itu juga dapat menganalisis nilai-nilai aktivitas jasmani.

Tujuan Pembelajaran

·      1.  Pada  akhir fase ini peserta didik mampu mempraktikkan dan menganalisis aktivitas  keterampilan  variasi  gerak  spesifik  dan  fungsional  permainan dan  olahraga  (mengoper,  menangkap,  menggiring,  dan  menembak  bola permainan bola basket) sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki. Secara rinci tujuan pembelajaran ini dapat dijabarkan sebagai berikut:

·      2. Mempraktikkan   aktivitas   keterampilan   variasi   gerak   spesifik   dan fungsional permainan dan olahraga (mengoper, menangkap, menggiring, dan   menembak   bola   permainan   bola   basket)   sesuai   potensi   dan kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik.

        Materi

  • Aktivitas  pembelajaran  1  :  Variasi  gerak  spesifik  mengoper  dan

·       menangkap bola berpasangan di tempat

·       Cara melakukannya:

  • Berdiri tegak, berpasang-pasangan, dan berhadapan.
  • Mengoper dan menangkap bola berpasangan di tempat.
  • Dilanjutkan   sambil   bergerak   maju,   mundur,   dan   menyamping (mengoper dari dada, pantul, dan dari atas kepala).
  • Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang selama 5 menit.

·

·    Gambar 2.1 Aktivitas pembelajaran variasi gerak spesifik mengoper dan menangkap

·       bola berpasangan di tempat

  • Aktivitas  pembelajaran  2  :  Variasi  gerak  spesifik  mengoper  dan

·       menangkap bola formasi segitiga

·       Cara melakukannya:

  • Berdiri tegak dan membentuk formasi segitiga.
  • Mengoper dan menangkap bola dalam formasi segi tiga, empat atau lingkaran (mengoper dari dada, pantul dan dari atas kepala).
  • Gerakan dilakukan di tempat dilanjutkan bergerak maju-mundur dan bergerak kanan-kiri.
  • Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang selama 5 menit.



·      

  • Aktivitas  pembelajaran  3  :  Variasi  gerak  spesifik  mengoper  dan

·       menangkap bola formasi berbanjar (passing run)

·       Cara melakukannya:

  • Berdiri tegak, berpasang-pasangan, dan saling berhadapan.
  • Mengoper dan menangkap bola dalam formasi berbanjar (passing run) atau setelah melakukan bergerak lari pindah tempat.
  • Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang selama 5 menit.

 


·      

  • Aktivitas  pembelajaran  4  :  Variasi  gerak  spesifik  mengoper  dan

·       menangkap bola dari atas kepala tanpa pantulan

·       Cara melakukannya:

  • Dilakukan secara berpasangan atau kelompok saling berhadapan.
  • Jika  dilakukan  secara  berpasangan,  dapat  dilakukan  di  tempat, bergerak maju, mundur dan menyamping.
  • Jika dilakukan dalam bentuk kelompok dan formasi berbanjar, maka yang telah melakukan gerakan berpindah tempat.
  • Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang selama 5 menit.

 


·      

  • Aktivitas  pembelajaran  5  :  Variasi  gerak  spesifik  mengoper  dan

·       menangkap bola dari atas kepala dengan pantulan

·       Cara melakukannya:

  • Dilakukan secara berpasangan atau kelompok saling berhadapan.
  • Jika  dilakukan  secara  berpasangan,  dapat  dilakukan  di  tempat, bergerak maju, mundur dan menyamping.
  • Jika dilakukan dalam bentuk kelompok dan formasi berbanjar, maka yang telah melakukan gerakan berpindah tempat.
  • Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang selama 5 menit.

 





·       


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN KELAS 7

Tugas latihan kelas 7

RANGKUMAN KELAS 8